GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Sudah Tahu Cara Pakai Body Lotion yang Tepat? Yuk, Ikuti 5 Cara Ini agar Hasilnya Maksimal

Ditinjau oleh dr. Sarafina G.-24 Okt 2022
cara pakai body lotion

Sering kali orang-orang lupa merawat kulit tubuh dan hanya berfokus pada kulit wajah saja. Padahal perawatan kulit di area tubuh lainnya juga tak kalah penting. Salah satu cara ampuh memelihara kesehatan kulit tubuh adalah rutin memakai body lotion. Lalu manfaat apa sajakah yang bisa kulitmu dapatkan jika rajin mengaplikasikan body lotion? Untuk dapatkan informasinya, yuk, baca artikel ini sampai habis.


Apa Itu Body Lotion?

Body lotion merupakan sebuah produk kecantikan berbentuk lotion, di dalamnya ada berbagai formulasi khusus sehingga dapat melembabkan serta menutrisi kulit di seluruh tubuh. Produk ini sengaja dibuat untuk mengunci kadar air pada kulit. Ketika kadar air tetap bertahan di pori-pori, permukaan kulit pun terasa tetap lembab, lembut, dan halus sepanjang hari.

Jika memikirkan fungsinya yang untuk melembabkan kulit area tubuh, apakah body lotion sama dengan pelembab wajah? Jawabannya tidak. Sebab, formulasi pelembab wajah dengan body lotion berbeda.


Kandungan yang ada di dalam body lotion cenderung lebih kaya daripada pelembab wajah, karena fungsinya untuk mengatasi permasalahan kulit tubuh yang spesifik. Contohnya mengembalikan warna kulit yang hiperpigmentasi, memudarkan selulit, dan mengembalikan kelembaban.

Selain itu, tekstur body lotion juga jauh lebih kental dan padat, sebaliknya pelembab wajah biasanya bertekstur lebih ringan dan lembut.


Apa Saja Manfaat Memakai Body Lotion?

Kamu bisa dapatkan banyak sekali manfaat dalam sebotol body lotion asal memakainya secara teratur. Nah, apa sajakah manfaat yang kamu dapatkan?

Mengembalikan Kelembaban pada Kulit. Tidak hanya kulit wajah yang rentan dehidrasi dan kering, tetapi kulit tubuh juga tidak kalah rentan. Biasanya kulit tubuh berubah kering dan dehidrasi adalah akibat cuaca, suhu udara, paparan matahari, dan alergi.


Body lotion ampuh mengatasi masalah kulit tersebut. Di samping itu, formula pada body lotion juga bisa memperkuat skin barrier dan memastikan hidrasi terpenuhi, sehingga tidak ada lagi keluhan kulit kering, pecah-pecah, hingga ada sensasi ketarik.


Mengencangkan dan Melembutkan Kulit

Pemakaian body lotion yang teratur bisa memberikan nutrisi pada kulit. Tampilan kulit pun jadi segar, cerah, kenyal, dan terasa lembut saat disentuh.

Bila pemenuhan hidrasi kulit dapat dipenuhi oleh body lotion, kamu juga tidak akan merasakan kulit gatal-gatal, bersisik, dan kasar akibat terlalu kering.


Menjaga Kulit Tetap Sehat

Body lotion berfungsi memperbaiki dan memperkuat skin barrier di kulit tubuh. Ketika skin barrier sudah kuat, jaringan kulit dapat bekerja dengan baik dan sehat, sehingga tidak mudah mengalami iritasi.

Selain itu, kulit yang terjaga kesehatannya juga tidak mudah mengalami inflamasi akibat pertumbuhan mikroba alami pada kulit, seperti fungal.


Memperbaiki Kulit yang Mengelupas

Tahukah kamu? Pemakaian body lotion ternyata efektif mengobati kulit mengelupas dan relatif gampang kering. Terutama di bagian tubuh yang meliputi lutut, siku, telapak kaki, tumit, dan telapak tangan. Penggunaan body lotion setiap hari juga bisa membantu tanda kulit yang mengalami iritasi dengan menjaga kelembaban di area tersebut, sebab kulit yang sedang iritasi cenderung sangat kering.


Mengurangi Tanda Penuaan

Kulit yang terlalu sering terkena sinar matahari dan tidak dilapisi pelindung akan lebih cepat memunculkan tanda-tanda penuaan. Kulit tubuh jadi muncul keriput halus, pecah-pecah, flek hitam, dan mengalami hiperpigmentasi.


Langkah preventifnya adalah dengan memakai body lotion dan pijat ke seluruh tubuh, diutamakan di bagian yang sering terkena sinar matahari. Formula pada body lotion saat ini kebanyakan punya fungsi untuk melindungi kulit dari jahatnya sinar UV. Lalu, memiliki komposisi lainnya yang bisa menenangkan kulit dan menutrisi sehingga kulit terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari.


Bagaimana Cara Memakai Body Lotion yang Tepat?

Tidak ada aturan baku dalam cara pemakaian body lotion. Namun Diri akan memberikan tips memakai body lotion yang tepat supaya hasilnya bisa maksimal di kulitmu.

  1. Tuangkan krim body lotion dalam jumlah secukupnya di telapak tangan.
  2. Gosokkan kedua telapak tangan agar krim body lotion bisa lebih lumer karena terkena hangatnya suhu tubuh ketika kedua tangan digosokkan.
  3. Oleskan body lotion ke seluruh area tubuh secara merata dengan metode melingkar dan sedikit ditekan untuk memberikan sensasi pijatan.
  4. Ulangi tahapan di atas sampai seluruh tubuhmu sudah diolesi body lotion.
  5. Sebaiknya di bagian lutut dan siku diolesi body lotion hingga dua kali karena area tersebut mudah kering.  

Demikian informasi singkat tentang body lotion mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara tepat menggunakannya. Senantiasa rawat kesehatan kulitmu dengan memakai produk kecantikan yang tepat. Bila ada keluhan kulit yang tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan pada dokter berpengalaman di Diricare. Setelah melakukan sesi konsultasi gratis, dokter akan merekomendasikan produk yang tepat sesuai kondisi kulit agar permasalahan kulit segera pergi.


Sumber:

https://skinkraft.com/blogs/articles/body-lotion

https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/7-body-lotion-benefits/


Tag:
tips
kulit kering
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.