GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Concealer Bantu Sembunyikan Noda pada Kulit Wajah, Kenali Cara Pakainya, Yuk!

Ditinjau oleh dr. Esqy-25 Des 2022

Menghilangkan bekas jerawat atau luka kecil pada kulit wajah, membutuhkan waktu dan strategi. Kalau kamu pernah dan sedang mengalaminya, baiknya menemukan cara untuk memaksimalkan penampilan agar tetap percaya diri. Concealer adalah salah satu jenis produk makeup yang bisa membantumu menyelesaikan masalah di atas. Apa saja fungsi concealer dan bagaimana cara memakainya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.



Apa Itu Concealer dan Fungsinya?

Concealer dibuat untuk menutupi area tertentu pada kulit wajah. Terutama untuk meratakan warna kulit area bawah mata, yang biasanya dikenal sering mengalami mata panda. Nah, dari fungsi klasik tersebut, concealer bisa dikatakan sebagai perangkat koreksi untuk membuat warna kulit lebih merata. Tetapi, banyak makeup artist memakai concealer untuk berbagai fungsi. Jadi, kamu bisa mencontek fungsi concealer untuk berikut ini.


Menyembunyikan noda pada kulit wajah

Concealer merupakan pilihan pasti untuk menyembunyikan jerawat, perubahan warna, dan bekas jerawat. Cara pemakaian concealer untuk fungsi menutupi noda pada kulit, adalah dengan mengaplikasikan gerakan blotting atau colek.


Seorang makeup artist Bob Scott, merekomendasikan untuk menghindari menyeret concealer dari satu sisi ke sisi lain atau dari atas ke bawah. Cara mengaplikasikan dengan menyeret, sama seperti menghapus concealer yang baru saja diaplikasikan. Cobalah mencolek concealer untuk mengaplikasikannya. Hindari memakai gerakan buffing atau blending, cukup tutup dengan mengoleskan concealer pada spot yang bernoda.


Penting kamu ketahui, bekas jerawat dan dark circle bisa diatasi dengan menggunakan skincare yang terpercaya. Kalau kamu membutuhkan rekomendasi dan treatment planning untuk mengatasinya. Selain mendapatkan rekomendasi paket perawatan diri dari dokter berpengalaman di klinik Diri, kamu bisa memilih treatment sesuai budget. Belum lagi keuntungan lainnya, selama treatment, dokter dan tim klinis akan standby secara daring untuk menjawab semua pertanyaanmu.


Menyembunyikan dark circle

Kalau saran dari Scott, untuk meratakan warna pada mata panda atau dark circle di bawah mata, perlu memakai korektor warna terlebih dahulu. Ini tergantung seberapa gelap lingkaran bawah mata. Kalau terlampau gelap, maka kamu perlu memakai korektor warna terlebih dahulu, kemudian agar menciptakan sentuhan halus, pakai concealer setelahnya.


Kamu bisa mengaplikasikan concealer dengan brush berbentuk menyerupai jari. Atau mengenakan jari juga tak apa, asalkan aplikasikan dengan lembut. Terakhir, bisa menyempurnakan penampilan kulit dengan bedak tabur favoritmu.


Menutup pori-pori

Kalau foundation atau alas bedak tidak dapat menutup pori-pori sepenuhnya, kamu bisa mengandalkan concealer. Concealer bisa diaplikasikan ke bagian atas tulang pipi, pangkal hidung, dagu, dan area Cupid Bow atau bagian atas bibir. Setelah mengaplikasikan, ratakan dengan lembut di alas bedak. Ini bertujuan menampilkan kulit lebih bersih dan pori-pori tak mengganggu penampilan kulit wajahmu.


Sebagai kontur

Menciptakan kontur merupakan teknik dalam membentuk wajah lebih berkarakter. Misalnya untuk ‘mengangkat’ tulang pipi, membuat pipi terlihat lebih chubby, hingga membuat wajah terlihat lebih tirus. Untuk contouring, memerlukan lebih dari satu warna concealer, yaitu terang dan sedikit lebih gelap. Pesan Scott, hati-hati dalam cara menggunakan concealer dua warna. Jangan menggunakan concealer menyerupai bronzer. Ini akan membuat wajah tampak aneh.


Untuk tampilan alami, lapisi bedak saat finishing. Tujuannya agar perpaduan lebih mulus dan membiarkan concealer membantu kamu tampil sempurna.


Untuk melembapkan kulit

Fungsi concealer selanjutnya, jika dicampurkan dengan pelembap dalam mengaplikasikannya pada kulit wajah, maka akan mendapatkan hasil akhir ganda. Selain untuk mengoreksi warna kulit, cara memakai yang kelima ini juga dapat menjaga kelembapan kulit. Artinya, concealer bisa berfungsi sebagai pelembap berwarna atau alas bedak dengan cakupan sedang.


Sudah tahu ‘kan apa saja fungsi concealer. Karena concealer enggak bisa dipakai sendirian dan harus dipadukan dengan makeup serta skincare lainnya, artinya ikuti panduan tentang urut-urutan dalam memakai concealer.


Cara Pemakaian Concealer

Untuk membuat penampilanmu terlihat dramatis, kamu perlu memakai concealer secara tepat. Kalau digunakan secara tepat, kamu bisa menutupi keluhan pada kulit. Mulai dari mencerahkan wajah lelah, menutupi noda, dan menyamarkan lingkaran bawah mata. Caranya? Yuk ikuti langkah-langkah umum yang biasa diaplikasikan oleh makeup artist.


Persiapkan kulit wajah

Sebelum memakai riasan, perlu kiranya mempersiapkan kulit wajah dahulu. Pertama cuci wajah sebelum mengaplikasikan pelembap. Kemudian, kamu bisa mengikuti langkah berikutnya. Perlu kamu ketahui, bahwa melembapkan kulit, terutama kulit sensitif, tidak hanya akan membantu menghilangkan garis-garis halus tetapi juga akan membuat concealer lebih bekerja secara efektif.


Menerapkan makeup primer

Tentu dalam merias wajah disesuaikan dengan berapa lama kamu akan memakai makeup tersebut. Untuk hari-hari yang padat aktivitas, kamu perlu mengaplikasikan primer sebelum menambahkan riasan lainnya. Makeup primer, ialah pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu. Bagi kamu yang berkulit sensitif, konsultasikan pada dokter berpengalaman di klinik Diri sehingga mendapatkan rekomendasi pelembap yang enggak berisiko mengiritasi.


Gunakan basis

Kamu pasti memahami kalau setelah memakai primer, harus memakai alas bedak, CC (Color Corrector) Cream, atau BB (Beauty Balm) Cream. Pilih salah satu jenis dari cushion, foundation klasik, CC, atau BB yang paling cocok dengan karakter wajahmu. Jika pilihan basis adalah alas bedak, untuk menutupi dark circle, aplikasikan concealer baru memakai alas bedak. Untuk menutupi noda dan jerawat, aplikasikan alas bedak terlebih dahulu baru concealer.


Pilih formula concealer yang sesuai

Selain cara pemakaian yang tepat, tips memilih concealer juga penting kamu ketahui. Pilihan formula berkaitan erat dengan hasil akhir yang sempurna. Untuk fungsi concealer menyamarkan dark circle, pakai concealer dengan tekstur cair dan krim. Hindari tekstur yang kental karena dapat membuat kulit bawah mata berkerut dan cakey.


Tips selanjutnya, kamu perlu menemukan warna concealer yang tepat sesuai tone dan undertone kulitmu. Bagi kamu yang berkulit putih, pilih warna merah muda. Sedangkan kamu yang berkulit kuning dan sawo matang, pilih warna salmon. Nah, buat kulit berwarna lebih gelap, bisa memakai concealer dengan warna buah persik dan jeruk. Tips dari Suzy Gerstein, seorang penata rias yang berbasis di kota New York, gunakan satu atau dua shade warna lebih terang dari warna alami kulit.


Berbeda jika kamu akan menggunakan concealer untuk menyamarkan dark circle. Pakai warna concealer yang cocok dengan warna kulit. Hindari warna yang lebih terang karena hanya akan mencuri fokus pada apa yang ingin kamu samarkan. Selain warna, pilih under-eye concealer untuk tujuan menyamarkan mata panda atau menutupi bintik hitam pada kulit wajah.


Jangan berlebihan menerapkan concealer

Dalam menerapkan concealer, aplikasikan secukupnya saja supaya penampilanmu tetap terlihat alami. Saran dari penata rias Min Min Ma, aplikasikan selapis demi selapis dan pastikan membaurkan setiap lapisan dengan lembut. Untuk mengaplikasikan di sudut-sudut yang sulit, kamu bisa memakai beauty blender. Nah, kalau pakai jari dalam menerapkan concealer, gunakan batalan jari tengah agar membaur dengan baik.


Setelah menerapkan concealer, untuk tahap finishing, kamu perlu tutup riasan wajah dengan bedak transparan dengan cakupan ringan. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa concealer membaur sempurna.


Sebagai penutup, perlu kamu pahami bahwa concealer bisa membantu menyamarkan masalah noda pada kulit dan meratakan warna kulit. Tetapi lebih penting lagi, kamu harus merawat kulit secara benar agar masalah tidak bertambah. Atau setidaknya bisa memudarkan spot hitam dan mata panda. Nah, untuk mengatasi ini, kamu bisa mempercayakan rekomendasi dokter berpengalaman dari tim klinis profesional di klinik Diri.

 

 

Sumber:

https://www.byrdie.com/how-to-use-concealer-as-a-foundation

https://www.byrdie.com/how-to-properly-apply-concealer-345940


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.