GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Empat Langkah Alami Hilangkan Flek Hitam Akibat Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-25 Jun 2023
Hilangkan Flek Hitam Akibat Pil KB Diricare

Beberapa wanita merasa kurang percaya diri karena muncul flek hitam di wajahnya setelah meminum obat kontrasepsi. Pil KB termasuk ke dalam obat hormon yang memiliki efek samping pada tubuh, salah satu yang cukup terlihat adalah flek hitam. Dinilai mengganggu penampilan, banyak wanita mencari cara alami menghilangkan flek hitam akibat pil KB. Artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang flek hitam mulai dari pengertian, penyebab, dan cara menghilangkannya secara alami. Simak ulasan berikut sampai selesai


Pengertian Flek Hitam

Flek hitam atau melasma adalah timbulnya penggelapan pada permukaan kulit akibat dari produksi pigmen berlebih pada kulit. Semakin banyak tubuh memproduksi melanin, tampilan melasma pun jadi semakin gelap. Melasma kerap tumbuh di kulit bagian wajah. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan tumbuh juga di area tubuh lainnya. Wanita dan orang berkulit gelap memang memiliki kecenderungan lebih tinggi terkena melasma. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak wanita yang mengeluhkan banyak flek hitam yang tumbuh di wajah mereka.


Penyebab Munculnya Flek Hitam

Ahli dermatologis belum mengetahui faktor pasti yang menyebabkan timbulnya flek hitam di permukaan kulit. Namun para ahli menyimpulkan kemunculan melasma berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi melanin. Apa sajakah itu?


1. Terlalu Lama Terekspos Sinar Matahari

Kulit yang terkena sinar matahari berlebih lama-kelamaan akan menggelap secara alami. Proses penggelapan yang terjadi terus-menerus bisa menimbulkan melasma atau flek hitam. Dermis yang menggelap tersebut merupakan respon tubuh dengan cara memproduksi pigmen agar menjaga jaringan kulit dari radiasi gelombang UV.


2. Kehamilan

Sewaktu menjalani kehamilan, terjadi banyak perubahan pada tubuh wanita. Selain perut yang membesar, wanita juga kerap mengalami kram perut, meningkatnya aliran darah, mual, dan perubahan hormon. Hormon estrogen dan progesterone yang tidak stabil di masa kehamilan juga membuat dermis menggelap. Fenomena ini kerap disebut sebagai chloasma atau mask of pregnancy. Untungnya indikasi ini tidak membahayakan janin serta ibu hamil, dan biasanya kulit akan kembali normal setelah bayi lahir.


3. Penyakit Hipotiroid

Ternyata flek hitam juga bisa berasal dari penyakit tiroid. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid, atau hormon yang bisa mengatur kecepatan regenerasi sel, detak jantung, dan tekanan darah. Jika merasa gampang lelah, naik berat badan secara drastis, dan muncul flek hitam secara tiba-tiba, sebaiknya periksakan diri ke dokter, karena ketiganya merupakan indikasi penyakit hipotiroid dan memerlukan penanganan medis segera


4. Pil KB

Untuk menunda atau mencegah kehamilan, banyak wanita menggunakan kontrasepsi berjenis obat minum atau pil KB. Pil kontrasepsi ini menggabungkan hormon estrogen dan progesteron untuk menyulitkan proses pembuahan. Lalu mengapa pil KB menyebabkan flek hitam? Kulit perempuan sensitif dengan hormon estrogen. Jadi, ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak estrogen termasuk dengan bantuan pil KB, kulit akan menghasilkan melasma.


Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Walau sebenarnya flek hitam tidak berbahaya, tetapi cukup banyak yang merasa terganggu jika flek hitam muncul di bagian dermis kulit. Bagaimana cara menghilangkan flek hitam secara alami dan aman? Berikut cara-caranya.


1. Hentikan Konsumsi Pil KB

Jika flek hitam yang ada di permukaan kulit timbul setelah minum pil KB, salah satu cara paling mudah dan alami adalah berhenti meminum pil kontrasepsi. Kemudian menggantinya dengan alternatif lain berupa kontrasepsi yang tidak mempengaruhi hormon seperti kondom, IUD, dan tubektomi.


2. Rutin Mengaplikasikan Sunscreen

Penyebab kemunculan melasma memang kerap berkaitan dengan produksi hormon estrogen dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, sinar matahari bisa memperburuk tampilan melasma sehingga jadi tambah menggelap. Untuk mengatasinya, aplikasikanlah sunscreen setiap hari pada wajah dan bagian tubuh lain yang sering terpapar matahari. Selain itu, pakailah pelindung tambahan seperti topi dan pakaian lengan panjang supaya perlindungan maksimal.


3. Minum Vitamin

Demi menjaga kesehatan, kelembaban, dan kulit yang cerah, mulailah dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin. Terutama vitamin C dan E yang terdapat pada kacang-kacangan, buah jeruk, buah kiwi, buah naga, dan sebagainya. Bila konsisten mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E setiap hari, kulit akan terasa lembab, sehat, dan kenyal. Selain itu, flek hitam pun lama-lama bisa memudar karena kulit bertambah cerah.


4. Melakukan Treatment

Kalau mempunyai flek hitam yang cukup membandel dan susah hilang, cobalah datang ke dokter kulit dan melakukan treatment untuk menghilangkannya. Dokter akan melakukan treatment tergantung tingkat keparahan flek hitam. Pada flek hitam di tingkat yang masih ringan, dokter akan meresepkan obat oles yang mengandung bahan aktif pencerah kulit. Bahan pencerah yang kerap digunakan adalah azelaic acid, vitamin C, hydrocortisone, cysteamine, dan hydroquinone. Namun, untuk tingkat keparahan tinggi dokter akan merekomendasikan tindakan laser.


Itu dia ulasan singkat tentang definisi hingga cara menghilangkan flek hitam secara alami akibat pil KB ataupun penyebab lainnya. Jagalah kesehatan kulit dan jauhkan dari bercak-bercak hitam yang mengganggu penampilan bersama Diricare. Dapatkan segera produk perawatan yang sudah terformulasi oleh dokter berpengalaman di sini.


Referensi:

https://www.healthline.com/health/womens-health/melasma-birth-control#birth-control-that-doesnt-cause-it

https://www.forhers.com/blog/birth-control-pills-and-melasma-what-you-need-to-know

https://www.hollywooddermatology.com/2019/08/21/what-causes-melasma/

https://www.healthline.com/health/hypothyroidism/symptoms-treatments-more#facts-and-statistics


banner-artikel
Tag:
flek hitam
melasma
skincare
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.