GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Apakah Ibu Hamil Tetap Boleh Pakai Skincare? Yuk, Cari Tahu Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Devi H-28 Feb 2023
kandungan skincare dilarang untuk ibu hamil

Wanita yang sedang dalam periode kehamilan dan menyusui wajib memperhatikan komposisi skincare yang mereka pakai. Sebab, tidak semua bahan-bahan yang ada di dalam skincare aman dipakai oleh ibu hamil dan menyusui. Lalu, apa sajakah kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil? Yuk, simak artikel ini sampai akhir. 



Periode Kehamilan Mengubah Tampilan Kulit

Masa-masa kehamilan dan menyusui tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi para wanita meskipun harus merasakan sakit dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Akan tetapi, rasa sakit tersebut seketika bisa sirna karena kehadiran bayi yang sehat. Berdasarkan data dari sebuah lembaga kesehatan khusus ibu hamil dan menyusui dari Australia yang bernama NSW, menyebutkan bahwa dalam setiap kehamilan ada 3-5% kemungkinan kelahiran cacat. 


Oleh karena itu, para calon ibu harus memperhatikan semua hal yang bisa berimbas pada kesehatan dirinya dan janin. Mulai dari nutrisi makanan, pola hidup, pakaian, hingga formula skincare yang sering dipakai.  Para wanita hamil dan menyusui banyak yang tetap ingin memakai skincare karena tak jarang di masa kehamilan, tiba-tiba di wajah mereka tumbuh banyak jerawat, kulit jadi lebih berminyak, dan tampilan kulit wajah juga lebih kusam. 


Perubahan pada kulit wajah tersebut terjadi akibat fluktuasi hormon di masa kehamilan dan menyusui. Melansir dari situs VeryWell, kondisi tersebut sangatlah normal. Sebab, ketika sudah masuk masa kehamilan, wanita akan mengalami beberapa perubahan di tubuhnya, tak terkecuali penampilan kulitnya. 


Di kulit ibu hamil dan menyusui umumnya akan mengalami perubahan seperti muncul stretch mark, tampilan nadi jadi lebih jelas, tumbuh jerawat dan bekas jerawat, serta kulit yang menggelap atau melasma. Untungnya kondisi tersebut tidak permanen dan berangsur-angsur akan hilang dengan sendirinya. 


Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Memakai Skincare? 

Walaupun perubahan kulit saat hamil dan menyusui tergolong normal dan bisa hilang seiring berjalannya waktu, tetapi tak sedikit wanita merasa kurang percaya diri dengan tampilan baru kulit mereka. Lantas apakah ibu hamil dan menyusui masih boleh memakai skincare dan melakukan perawatan kulit? 


Mengutip dari VeryWell, seorang konsultan laktasi bernama Hali Shields memaparkan bahwa sebagian besar kandungan skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui karena produk skincare tidak mudah terserap ke dalam aliran darah, sehingga tidak mengganggu kehamilan dan proses menyusui. 


Jadi, produk skincare yang tergolong aman adalah produk yang formulanya tidak terserap sampai ke lapisan kulit terdalam untuk meminimalisir risiko pada janin.  Selain itu, Hali Shield juga mengingatkan para ibu agar berhati-hati mengaplikasikan skincare mereka terutama di area yang terjangkau bayi seperti bagian leher dan dada. Jangan sampai kandungan skincare yang diaplikasikan di area tersebut terkena kulit atau mulut bayi pada saat para ibu sedang menggendong dan menyusui bayinya.


Apa Saja Jenis Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Sebetulnya tidak ada larangan pemakaian skincare pada ibu hamil dan menyusui, tetapi ada beberapa komposisi skincare yang wajib dihindari oleh ibu hamil dan menyusui karena dapat menimbulkan risiko kelahiran cacat.


Meskipun belum terlalu banyak penelitian lebih lanjut tentang pengaruh formula skincare dengan kesehatan janin, tetapi banyak para ahli tidak merekomendasikan beberapa senyawa kimia yang kerap ditambahkan di produk-produk kosmetik. Berikut ini daftar kandungan skincare yang tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui berdasarkan data dari Texas Tech University.


Retinol 

Retinol merupakan senyawa turunan vitamin A. Saat ini sudah banyak skincare yang memasukkan bahan retinol ke dalam produk mereka, karena manfaatnya untuk mencerahkan kulit, mempercepat regenerasi kulit, mengontrol pertumbuhan jerawat, merangsang pertumbuhan kolagen, dan menunda tanda-tanda penuaan. 


Namun, para wanita yang masih dalam masa-masa kehamilan serta menyusui sebaiknya hentikan dulu penggunaan retinol. Sebab, retinol bekerja hingga ke jaringan kulit terdalam demi mengurangi risiko gangguan kesehatan pada bayi. 


Salicylic Acid

Senyawa kimia satu ini sudah terkenal akan kegunaannya yang dapat menekan produksi sebum, mengurangi jerawat, merontokkan komedo, menghaluskan kulit, dan mencerahkan wajah.  Banyaknya manfaat pada salicylic acid membuat senyawa satu ini jadi primadona dan banyak digunakan di berbagai produk skincare, biasanya dalam bentuk serum, toner, atau sabun muka. 

Sayangnya, lagi-lagi formula primadona satu ini tidak dianjurkan para ahli untuk ibu hamil dan menyusui. 


Hydroquinone

Ada lagi bahan skincare yang wajib dihindari ibu hamil dan menyusui, yaitu hydroquinone. Biasanya hydroquinone digunakan untuk mengatasi kulit yang mengalami hiperpigmentasi, sehingga kulit akan cerah seketika. 


Meski manfaatnya terlihat menggiurkan, tetapi hydroquinone tidak boleh sembarangan dipakai apalagi oleh ibu hamil dan menyusui.  Hydroquinone dapat terserap sampai jaringan kulit terdalam karena cara kerjanya dengan menekan produksi enzim yang dapat menggelapkan kulit (melanin). 


Selain ketiga bahan di atas, ibu hamil dan menyusui juga wajib menghindari pemakaian minoxidil yang biasanya ada di serum pertumbuhan rambut serta tretinoin yang kerap digunakan untuk mengobati jerawat. 


Itu dia deretan kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil dan menyusui. Tidak ada larangan pemakaian skincare pada ibu hamil dan menyusui. Meski begitu, para wanita yang sedang hamil dan menyusui juga wajib membatasi beberapa produk skincare karena dapat meningkatkan risiko cacat pada janin. 


Maka dari itu, para ibu yang ingin tetap menggunakan skincare di masa kehamilan, sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter ahli agar mendapat treatment terbaik dan terhindar dari risiko berbahaya bagi ibu dan janin. Yuk, konsultasi gratis di sini bersama dokter berpengalaman dari Diricare. 


Sumber:

https://www.seslhd.health.nsw.gov.au/sites/default/files/groups/Royal_Hospital_for_Women/Mothersafe/documents/CosmeticsinPregnancyandBreastfeeding.pdf 

https://www.verywellfamily.com/a-complete-guide-to-breastfeeding-safe-skincare-5271942 

https://www.allure.com/gallery/pregnancy-nursing-skin-care-products

banner-artikel
Tag:
skincare
tips
solusi
hamil
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.