GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Simak Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Rambut Cepat Berminyak

Ditinjau oleh: dr. Nila M.-21 Jun 2023
Kebiasaan Bikin Rambut Cepat Berminyak Diricare

Salah satu permasalahan rambut yang membuat frustasi adalah rambut berminyak. Bagaimana tidak, rambut yang lepek membuat penampilan jadi tidak segar seperti belum keramas. Belum lagi, rambut juga jadi tampak tipis dan kusam akibat banyaknya minyak di kulit kepala dan batang rambut. Kalau kamu kesusahan menghilangkan rambut berminyak, mari simak artikel berikut untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasi rambut berminyak secara permanen.



Penyebab Rambut Jadi Cepat Sekali Berminyak

Kelenjar sebum di kulit kepala secara alami memang memproduksi minyak / sebum untuk memberikan perlindungan dan kelembaban pada kulit kepala. Akan tetapi, kelenjar sebum milik beberapa orang terlalu aktif sehingga rambut mereka cepat sekali berminyak. Bahkan ketika baru saja keramas, rambut mereka bisa langsung berminyak dan menyebabkan rambut jadi lepek.


Faktor-faktor apa sajakah yang memicu kelenjar sebum terlalu aktif sehingga mengeluarkan minyak berlebih? Yuk, lihat daftarnya di bawah ini.


1. Sering Keramas

Keramas memang baik untuk kesehatan rambut karena dapat membersihkan keringat, sebum, kotoran, debu, dan polusi yang menempel di kulit dan batang rambut. Namun, keramas yang terlalu sering ternyata memberikan dampak buruk pada rambut, yakni rambut jadi cepat berminyak.


Sesaat setelah keramas, kondisi kulit kepala yang sudah bersih dan kering memberikan sinyal pada kelenjar sebum untuk memproduksi sebum yang lebih banyak karena kulit kepala telah kehilangan kelembaban alaminya. Akibatnya, rambut dan kulit kepala jadi berminyak karena produksi sebum yang berlebih.


2. Memiliki Jenis Rambut Berminyak

Pada beberapa kasus, rambut jadi cepat berminyak karena orang tersebut memang memiliki jenis rambut berminyak. Biasanya rambut berminyak dimiliki oleh orang berambut lurus.


Rambut berbentuk lurus tidak memiliki tekstur maupun gelombang, menyebabkan sebum akan langsung turun ke batang rambut yang dapat terlihat jelas di puncak kepala terutama bila rambut dalam keadaan terurai.


3. Salah Memilih Produk Rambut

Rambut jadi berminyak juga bisa disebabkan karena kamu memilih produk rambut yang salah. Jenis shampo yang mengandung banyak formula untuk melembabkan wajib dihindari.


Sebagai gantinya pakailah shampo yang lembut dan di dalamnya tidak mengandung bahan kimia terlalu keras karena dapat membuat kulit kepala terlalu kering dan malah memicu produksi sebum.


4. Memakai Kondisioner Terlalu Banyak

Kalau rambutmu tergolong mudah berminyak, perhatikan jumlah pemakaian kondisioner saat keramas. Sebab, kondisioner mengandung formula yang pekat dan berfokus untuk melembabkan rambut.


Oleh karena itu, cara paling baik saat memakai kondisioner, aplikasikan hanya pada batang rambut sampai ujung rambut.


5. Pemakaian Serum Berlebihan

Sama seperti kondisioner, memakai serum yang terlalu banyak juga meningkatkan kemungkinan rambut cepat berminyak akibat serum yang berbahan dasar minyak.


Untuk menghindarinya, pakailah serum rambut secukupnya. Kemudian diusapkannya mulai dari ujung rambut dan perlahan-lahan mengarah ke batang rambut. Tetapi jangan mengoleskan serum sampai ke akar rambut karena akan menyebabkan rambut cepat lepek.


6. Tidak Mencuci Sisir

Ternyata tanpa disadari kebiasaan jarang mencuci sisir juga bisa membuat rambut jadi berminyak. Mengapa bisa begitu? Gerigi sisir yang kamu pakai sehari-hari mungkin saja terdapat bekas sebum, debu, dan sel kulit mati yang masih menempel saat kamu menyisir rambut pada keadaan kulit kepala yang kurang bersih.


Solusinya, jangan lupa bersihkan sisir secara rutin dua kali dalam sebulan. Bersihkan kotoran pada sisir dengan bantuan sikat lembut atau cotton bud. Jangan lupa tuangkan sedikit alkohol atau bisa juga baby oil agar bersih maksimal.


Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

Mulai dari mengetahui penyebabnya, sekarang kamu harus tahu juga langkah-langkah mengatasi rambut berminyak supaya kamu bisa tampil fresh setiap hari.


1. Pakai Shampo Khusus untuk Rambut Berminyak

Shampo yang dibuat khusus untuk rambut berminyak memiliki formula untuk membersihkan kelebihan sebum tanpa memicu produksi sebum lebih banyak lagi. Setelah memakai shampo ini, biasanya akan meninggalkan sensasi segar, dingin, dan ringan di batang rambut dan kulit kepala.


Umumnya formula shampo khusus rambut berminyak ini mengandung tea tree oil, salycilic acid, eucalyptus, dan citrus.


2. Usapkan Minyak Esensial

Supaya rambut lebih sehat, biasanya para ahli menyarankan untuk mengusapkan tonik rambut setelah keramas. Akan tetapi, untuk jenis rambut yang mudah berminyak, akan lebih baik jika mengganti tonik rambut dengan minyak esensial.


Meskipun rambut mudah berminyak, tetapi kalau memakai minyak esensial yang tepat, minyak esensial tersebut akan membantu mengurangi produksi sebum dan bantu menjaga pori-pori tetap bersih. Jenis minyak esensial yang disarankan adalah peppermint dan tea tree.


3. Mengaplikasikan Aloe Vera Gel

Selain bagus untuk menjaga kelembaban kulit, aloe vera gel juga bagus untuk mencegah kelebihan sebum dan merawat kulit kepala. Terlebih aloe vera gel adalah bahan alami yang hampir tidak menimbulkan iritasi, sehingga kulit sensitif sekalipun bisa mencobanya.


Cara pakainya dengan mengoleskan aloe vera gel sedikit demi sedikit ke kulit kepala dan batang rambut sebelum keramas. Kemudian diamkan sekitar sepuluh menit, lalu bilas rambut sampai bersih dan lanjutkan keramas seperti biasa. Kalau melakukannya dengan rutin, rambut akan tumbuh sehat, halus, lebat, dan berkilau.


Demikian rangkuman soal merawat rambut berminyak agar senantiasa segar dan bersih. Kalau ingin punya rambut yang indah nan berkilau, kamu memang harus merawatnya dengan telaten. Jangan biarkan keluhan rambut sampai menghentikan cantikmu. Kalau memiliki keluhan pada rambut, segera konsultasikan bersama dokter ahli di Diricare tanpa pungutan biaya sepeser pun. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai sekarang!


Referensi:

https://www.getthegloss.com/beauty/hair/how-to-get-rid-of-greasy-hair

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/why-is-my-hair-so-oily#quick-fixes

https://www.southernliving.com/fashion-beauty/hairstyles/why-does-my-hair-get-greasy-so-fast

banner-artikel
Tag:
rambut berminyak
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.