GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Kecanduan Game Online? Ini Dampak & Cara Ampuh Mengatasinya!

Tim Penulis Diri-12 Okt 2023

Kamu suka bermain game online? Tidak jarang orang menjadikan game online sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang, melepas penat sehabis belajar atau bekerja, hingga hobi yang dilakukan sehari-hari. Jika bermain game online masih dilakukan dalam batasan yang wajar, dalam artian tidak mengganggu produktivitas sehari-hari atau mengganggu kesehatan, kebiasaan ini tidak menjadi masalah, ya.


Namun, jika kamu sudah merasa kecanduan bermain game online yang menimbulkan dampak negatif dalam aktivitas sehari-hari, kamu perlu waspada! Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa kecanduan game online itu sama seperti kecanduan judi. 


Orang yang mengalami adiksi game online dan berjudi, sama-sama berhasrat untuk menang, dan ini menjadi alasan mereka juga untuk bermain. Apalagi, saat ini, ada beberapa jenis game online yang sifatnya bertaruh (gambling) dan menghabiskan banyak uang.  


Lalu, bagaimana sih cara yang ampuh untuk mengatasi kecanduan game online? Kamu bisa ikuti tips-tips berikut ini!


Penyebab Kecanduan Game Online

Sebelum itu, mari kita ketahui dulu penyebab seseorang bisa mengalami kecanduan game online, ya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan game online. Berikut beberapa penyebab umumnya:


1. Perasaan asyik dan seru 

Game online seringkali dirancang untuk menghasilkan keasyikan dan keseruan yang kuat bagi seseorang. Pengalaman bermain yang menyenangkan dapat membuat seseorang terjebak dalam dunia virtual dan ingin terus bermain.


2. Stimulasi otak dan pelepasan dopamin

Umumnya, game online akan menyebabkan stimulasi otak yang intens dan dapat merangsang pelepasan zat dopamin. Dopamin adalah neurotransmitter yang berhubungan dengan sensasi kenikmatan dan kepuasan. Bermain game dapat membuat seseorang merasa bahagia dan bersemangat.


3. Interaksi sosial

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, game online sudah banyak yang menyediakan fitur untuk berinteraksi dengan pemain lain melalui chat, komunikasi suara, atau mode multipemain. Bagi seseorang yang kurang berinteraksi sosial di dunia nyata (introvert), bermain game online dapat menjadi wadah untuk mencari teman baru atau merasa lebih terhubung dengan komunitas.


4. Kompetisi dan pencapaian

Game online seringkali menekankan kompetisi dan pencapaian. Dorongan untuk mencapai level keterampilan (skills) yang lebih tinggi, memenangkan permainan, atau naik peringkat, dapat memotivasi seseorang untuk terus bermain dan mencapai tujuan dalam game.


5. Melarikan diri dari kenyataan yang sulit

Bagi beberapa orang, game online dapat menjadi cara untuk melarikan diri dari masalah, stres, atau kenyataan yang sulit di kehidupan nyata. Bermain game juga memberikan pengalaman yang berbeda dan perasaan dalam mendapatkan keberhasilan yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.


6. Faktor psikologis dan personal

Beberapa orang mungkin memiliki faktor psikologis atau personal tertentu yang membuat mereka lebih rentan terhadap kecanduan game online. Ini bisa termasuk masalah kesehatan mental, kurangnya keterampilan dalam mengontrol diri, atau kurangnya kepuasan di kehidupan nyata.


Sebenarnya, kecanduan game online adalah kondisi yang kompleks. Dan faktor-faktor di atas dapat berinteraksi satu sama lain untuk masing-masing individu. Oleh sebab itu, perlu penanganan yang tepat agar masalah kecanduan bisa teratasi dengan baik.


Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Berikut beberapa cara yang dapat membantu mengatasi kecanduan game online:


1. Introspeksi diri

Langkah pertama yang penting dilakukan adalah introspeksi diri. Kamu harus menyadari bahwa kamu telah mengalami kecanduan game online, dan mengakui kalau hal ini mempengaruhi kehidupan kamu secara negatif. Kesadaran diri merupakan langkah awal yang penting dalam proses pemulihan.


2. Tetapkan batasan waktu

Kemudian, kamu bisa menentukan batasan waktu yang jelas untuk bermain game online. Buatlah jadwal yang seimbang antara bermain game dan kegiatan lain yang wajib diselesaikan, seperti bekerja, belajar, mandi, tidur, atau makan. Berusahalah untuk mematuhi aturan yang kamu buat.


3. Hindari faktor pemicu

Identifikasi faktor-faktor pemicu yang mendorong kamu untuk bermain game online secara berlebihan. Mungkin dari sisi lingkungan, teman-teman, atau perangkat yang terhubung dengan game online. Hindari interaksi terhadap faktor-faktor pemicu tersebut untuk mengurangi godaan bermain game.


4. Cari kegiatan lain yang sehat

Selanjutnya, kamu bisa mencari kegiatan alternatif yang lebih bermanfaat dan sehat. Gunakan kegiatan itu untuk menggantikan waktu yang biasanya dihabiskan untuk bermain game. Contohnya seperti berolahraga, belajar keterampilan baru, berkebun, atau terlibat dalam kegiatan sosial dan komunitas.


5. Konsultasi dengan keluarga atau psikolog

Berbicara dengan teman atau keluarga dapat memberikan dukungan dan pemahaman mengenai masalah kecanduan game yang kamu alami. Jika diperlukan, kamu juga bisa berkonsultasi dengan profesional, seperti konselor atau terapis yang dapat memberikan wadah untuk berbagi pengalaman, serta mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.


6. Tingkatkan fokus dan kontrol diri

Latih dan tingkatkan keterampilan pengendalian diri kamu agar tidak selalu terbuai nafsu untuk bermain game online. Kamu bisa fokus pada kemampuan untuk mengendalikan keinginan tersebut dan mengelola waktu secara efektif. Gunakan teknik manajemen waktu, seperti membuat jadwal harian.


Dampak Kecanduan Game Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kecanduan game online dapat menyebabkan berbagai dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari seseorang, di antaranya:


1. Kesehatan fisik yang buruk

Kecanduan game online dapat menyebabkan pola tidur yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang buruk. Tentunya, hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, gangguan tidur, kelelahan, dan postur tubuh akibat posisi duduk yang tidak baik.


2. Gangguan kehidupan sosial

Menghabiskan banyak waktu dalam permainan online dapat mengisolasi seseorang dari kehidupan nyata. Kecanduan game online akan mengganggu hubungan interpersonal, persahabatan, dan interaksi dengan keluarga. Seseorang yang kecanduan game online, cenderung mengabaikan hubungan sosial mereka di dunia nyata.


3. Penurunan kinerja akademik atau pekerjaan

Dampak kecanduan game online selanjutnya, dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan kinerja akademik atau pekerjaan. Seseorang yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain game cenderung mengalami kesulitan dalam memenuhi tanggung jawab mereka. Misalnya saja, seperti terlambat mengumpulkan tugas, sulit fokus, dan malas.


4. Masalah keuangan

Ada beberapa jenis game online yang harus mengeluarkan uang untuk membeli aksesoris, upgrade skills, dan lain sebagainya. Orang yang sudah kecanduan bermain game, tentu saja akan melakukan segala cara agar naik level dan memenangkan kompetisi. Namun, tanpa disadari, hal ini dapat menyebabkan masalah keuangan. Mereka mungkin mengabaikan kebutuhan dasar mereka atau mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan secara umum.


5. Gangguan emosional dan kesehatan mental

Kecanduan game online dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional seseorang. Mereka dapat mengalami gejala depresi, kecemasan, isolasi sosial, frustrasi, atau marah, jika mereka tidak dapat bermain game. Kecanduan game online juga dapat menjadi pelarian dari masalah psikologis yang mendasarinya.


6. Penurunan kualitas hidup

Hal-hal di atas yang menjadi dampak kecanduan game online, dapat mengganggu kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Mereka akan terjebak dalam dunia virtual, mengalami kekosongan emosional, dan kehilangan minat pada aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan menyehatkan.


Oke, itulah penjelasan ringkas mengenai penyebab kecanduan game online, dampak negatif, serta cara ampuh untuk mengatasinya. Jika kamu atau seseorang di sekitarmu dirasa mengalami dampak negatif yang signifikan akibat kecanduan game online, penting untuk mencari bantuan profesional dan dukungan untuk mengatasi masalah tersebut, ya. 


Referensi:

https://www.alodokter.com/ini-ciri-ciri-kecanduan-game-online-dan-cara-mengatasinya 

https://telemed.ihc.id/artikel-detail-649-Tips-Mencegah-Anak-Kecanduan-Game-Online.html

https://id.theasianparent.com/kecanduan-game-online 


Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.