GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Jenis Kulit Wajah Berubah, Bisakah? Kenali Ciri-Ciri dan Tes Sederhana untuk Mengetahuinya

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-21 Feb 2023
Jenis Kulit Wajah Berubah Diricare

Mengetahui jenis kulit wajah penting karena berkaitan erat dengan bagaimana cara tepat dalam merawat dan memilih skincare. Secara umum, kulit wajah dibedakan menjadi lima jenis. Diantaranya kulit berminyak, kering, normal, kombinasi, dan kulit sensitif. Lantas apakah jenis kulit bisa berubah seiring bertambahnya usia? Sebelum mengetahuinya, kenali dahulu ciri-ciri dan cara mengetahui jenis kulit wajah dalam penjelasan di bawah ini ya.


Apakah jenis kulit wajah bisa berubah?

Banyak orang tak menduga, ternyata jenis kulit wajah berubah seiring dengan bertambahnya usia dan perubahan pada tubuh. Sebagian besar anak-anak di bawah usia 11 tahun memiliki jenis kulit wajah normal. Ketika mengalami masa puber, tubuh mengalami perubahan. Pada masa ini, produksi sebum oleh kelenjar sebaceous dipengaruhi oleh kerja hormon. Fakta menunjukkan bahwa rata-rata orang pada usia 11-30 tahun memiliki jerawat dan berkemungkinan memiliki jenis kulit wajah berminyak. 


Karena jenis kulit wajah bisa berubah, kamu perlu mengenali setiap perubahannya dan menyesuaikan apa-apa saja yang dibutuhkan kulit.

  

Jenis kulit wajah dan ciri-cirinya

Kulit wajah diketahui tipe atau jenisnya berdasarkan seberapa banyak sebum yang dihasilkan. Sebum atau minyak alami merupakan zat kunci dalam menjaga kelembapan kulit. Nah, dari prinsip tersebut akan dikenali ciri-ciri pada setiap jenis kulit. Berdasarkan American Academy of Dermatology (AAD), berikut kelima jenis kulit wajah.


1. Kulit berminyak

Kulit wajah berminyak akan terlihat mengkilat terutama di sekitar hidung dan dahi. Kalau kamu punya jenis kulit ini, cenderung rentan mengalami jerawat atau komedo. Memiliki pori-pori kulit yang besar merupakan ciri-ciri jenis kulit berminyak. Banyaknya minyak pada kulit ini enggak hanya dipengaruhi satu faktor saja, lho! Tetapi cuaca, usia, dan cara perawatan kulit yang keliru juga bisa membuat kulitmu jadi berminyak.


2. Kulit kering

Berbeda dengan jenis kulit berminyak, kulit kering menghasilkan lebih sedikit sebum sehingga tekstur kulit wajah kasar, kusam, kencang, dan kadang terasa gatal. Bahkan pori-pori pada kulit wajah yang kering hampir tak terlihat. Buat kamu yang punya jenis kulit wajah kering, perlu menghindari mandi air hangat dan perlu memakai pelembap secara rutin biar enggak flaky.


3. Kulit Normal

Kulit normal kerap dikenali ketika kulit tidak berminyak tetapi juga tidak kering. Jenis kulit wajah normal juga tidak sensitif, bahkan produksi sebum cukup melembapkan kulit sehingga tekstur kulit tidak kasar seperti ciri-ciri yang dialami kulit kering.  


4. Kulit kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan ciri-ciri antara kulit berminyak dan kulit kering. Pada area ‘T’, atau bagian dahi, hidung, dan dagu, produksi sebum lebih banyak. Berbeda dengan bagian pipi yang cenderung kering atau normal.


5. Kulit sensitif

Karena sensitif, jenis kulit ini mudah sekali mengalami iritasi maupun meradang. Seseorang dengan tipe kulit ini, penting untuk mengenali rasa perih atau gatal serta mengidentifikasi penyebabnya. Umumnya, rasa tak nyaman pada kulit sensitif disebabkan reaksi terhadap zat tertentu. Gejalanya antara lain muncul benjolan, gatal-gatal, atau mengelupas.


Kulit sensitif, diidentifikasi bukan berdasarkan produksi sebum seperti keempat jenis kulit wajah sebelumnya di atas. Orang dengan kulit kering atau berminyak, bisa juga kulitnya sensitif. Meskipun kulit sensitif lebih kerap dikaitkan dengan kekeringan pada kulit, seperti pada eksim atau rosacea.


Itulah kelima jenis kulit wajah beserta ciri-cirinya. Untuk mengetahui apa jenis kulit wajahmu, coba cek dengan langkah-langkah sederhana seperti berikut di bawah ini.


Cara mengetahui jenis kulit wajah

Seperti yang diutarakan pada paragraf pembuka, bahwa mengetahui jenis kulit erat kaitannya dengan bagaimana dan apa yang cocok untuk setiap kulit. Agar kamu tepat dalam memilih skincare, misalnya, maka kamu wajib mengetahui tipe kulitmu dengan cara berikut di bawah ini.


1. Cek tekstur kulit di sore hari

Mengutip pernyataan Melanie Palm, MD., dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik, mengatakan tentang cara termudah untuk menentukan jenis kulit wajah. Dengan melihat bagaimana kulit bekerja pada sore hari di hari-hari biasa. Ketika sore hari kulitmu terasa berminyak dan berkilau, maka kamu memiliki jenis kulit wajah berminyak. Ciri-ciri jenis kulit wajah kombinasi, dikenali ketika zona T berkilauan tetapi bagian wajah yang lain normal. Nah, kalau kulit sensitif akan mudah gatal, merah, atau meradang apabila terpapar iritan maupun alergen.


Begitupun dengan kulit kering, akan tampak lebih jelas ciri-cirinya pada sore hari yang ditandai dengan adanya sisik dan terasa kencang. Tetapi perlu diperhatikan, kulit dehidrasi enggak termasuk jenis kulit wajah. Kulit yang kering karena dehidrasi bisa dialami oleh jenis kulit normal, kombinasi, sensitif, bahkan jenis kulit berminyak.


2. Perhatikan kondisi kulit setelah membersihkan wajah

Cara mengetahui jenis kulit yang kedua, kamu bisa melakukan pengecekan setelah mencuci wajah. Pengecekan kondisi kulit ketika dalam kondisi tenang atau 30 menit setelah mencuci wajah dengan pembersih yang ringan dan tidak menggunakan riasan apapun. Sesudah mencuci wajah, kamu bisa mengidentifikasi kondisi kulit berpegang pada ciri-ciri jenis kulit wajah seperti yang dijelaskan di atas.


3. Menggunakan kertas minyak

Cara mengetahui jenis kulit wajah dengan kertas minyak, bisa dilakukan di rumah. Kamu cukup menyediakan kertas minyak yang khusus didesain untuk menyeka minyak pada kulit wajah. Sebelum memakai kertas minyak, jangan menggunakan produk apapun untuk kulit wajah. Kemudian tempelkan kertas minyak pada kulit wajah.


Apabila ditemukan minyak, artinya kamu memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan bila kertas minyak tidak menempel sama sekali pada kulit, menandai bahwa kulitmu bertipe kering. Kalau kulit normal, kertas minyak sedikit menempel tetapi tidak ditemukan minyak. Nah, apabila lebih banyak minyak pada dahi, hidung, dan dagu, berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Kamu perlu melakukan pengecekan lebih lanjut karena cara ini tidak dapat mengidentifikasi jenis kulit wajah sensitif.


Selain memanfaatkan kertas minyak, kamu juga bisa menggunakan tisu untuk mengetahui jenis kulit wajahmu. Langkah-langkahnya sama, hanya saja kamu perlu mencuci wajah dahulu sebelum melakukan pengecekan.


4. Konsultasi ke dokter kulit berpengalaman

Kalau kamu enggak yakin dengan tes sederhana yang kamu lakukan, kamu bisa ambil langkah terpercaya dengan konsultasi di klinik Diri bersama dokter berpengalaman. Dokter akan memberikan anjuran dan rekomendasi produk skincare dengan kandungan yang diformulasikan sesuai pada jenis kulit wajahmu.


Setelah mengetahui jenis kulit wajah dengan cara di atas, kamu perlu menyesuaikan seluruh perawatan yang kamu ambil. Seperti apabila memiliki kulit berminyak, maka kamu perlu menghindari pelembap yang yang berbasis minyak.


  

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-type-of-skin-do-i-have

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-type-test

https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type

banner-artikel
Tag:
jenis kulit
skincare
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.