GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Manfaat Garam untuk Wajah, Jerawat dan Komedo bisa Teratasi?

Ditinjau oleh dr. Winda-03 Jul 2023
Manfaat Air Garam untuk Komedo

Pernahkah kamu terpikirkan menggunakan garam untuk perawatan wajah? Selama ini, banyak dari kita menggunakan garam sebagai penambah rasa pada makanan, ya. Atau, bisa juga dilarutkan untuk dijadikan obat diare dan masalah mulut lainnya. Padahal, sebenarnya garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit wajah, loh!


Manfaat garam untuk wajah diperoleh dari kandungan mineralnya, seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, dan sulfur yang mampu menjaga kesehatan kulit. Nah, biasanya, jenis garam yang sering digunakan untuk merawat wajah, antara lain garam laut, garam himalaya, garam epsom, dan garam meja.


Lalu, apa saja sih manfaat garam untuk kulit wajah yang bisa kita peroleh? Berikut ulasannya:


1. Mengatasi Jerawat

Percaya nggak, kalau garam bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat? Nyatanya, garam mengandung antibakteri yang dapat digunakan untuk membasmi bakteri dan mikroorganisme lainnya penyebab jerawat. Selain itu, kandungan magnesium pada garam, juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. 


Untuk menggunakannya, kamu bisa mencoba melarutkan garam dengan air hangat, lalu basuhkan perlahan ke wajah. Kamu juga bisa membuat masker alami dari campuran garam laut yang dihaluskan dengan madu (perbandingan 1:2). Gunakan masker garam selama 10-15 menit, lalu bilas.    


2. Mengurangi Komedo

Komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit), sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Untuk mengurangi komedo, kita harus rajin mencuci muka atau melakukan scrub wajah, setidaknya seminggu sekali. Nah, kamu bisa memanfaatkan garam sebagai scrub, nih. 


Garam memiliki tekstur yang kasar. Oleh karena itu, scrub garam akan membantu melepaskan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Kamu bisa mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 1 sendok teh gel aloe vera. Kemudian, pijat perlahan dengan gerakan memutar di area wajah yang rawan timbul komedo. Setelah itu, basuh menggunakan air hangat.


Penggunaan scrub garam secara rutin ini dapat mengurangi pembentukan komedo, kulit pun terasa lebih lembut dan cerah.  


3. Mengurangi Minyak Berlebih

Selanjutnya, garam juga punya manfaat potensial untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Garam memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit. Caranya, kamu bisa melarutkan sekitar 1 sendok teh garam dengan 2 gelas air hangat, untuk dijadikan toner atau pembersih wajah.


Namun, perlu kamu ketahui ya, penggunaan air garam pada wajah harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Terlalu sering atau terlalu kuat menggunakan air garam dapat mengiritasi dan menyebabkan kulit kering. Disarankan untuk menggunakan air garam dengan konsentrasi yang tepat dan frekuensi yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Penting juga untuk menggunakan air garam yang bersih dan steril untuk menghindari iritasi atau infeksi.


4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, garam memiliki tekstur yang kasar, sehingga saat digunakan sebagai scrub, dapat membantu secara mekanis untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit.


Kamu bisa membuat scrub garam sendiri di rumah menggunakan beberapa bahan sederhana dan ekonomis. Contohnya, parutan kulit jeruk, gel aloe vera, minyak atsiri, minyak kelapa, minyak grapeseed, atau minyak zaitun. 


Penggunaannya juga cukup mudah. Oleskan scrub ke wajah, diamkan 10-15 menit, kemudian gosok dengan pijatan memutar dan perlahan, sehingga sel-sel kulit mati dapat terkelupas dengan maksimal. Ingat ya, agar tidak terjadi iritasi di kulit, gosoklah dengan perlahan dan gunakan maksimal seminggu 2 kali saja. 


5. Mengurangi Bengkak dan Kantung Mata

Nah, tidak hanya ampuh mengatasi jerawat dan komedo saja, garam juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan bengkak dan masalah kantung mata. Garam memiliki sifat dehidrasi yang dapat menarik kelebihan cairan dari jaringan tubuh. Sehingga, ketika diterapkan pada kulit di sekitar mata, garam dapat membantu mengurangi retensi cairan dan bengkak yang ada.


Selain itu, kandungan mineral dalam garam, seperti magnesium dan kalium, memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada kantung mata. 


Untuk penggunaannya, kamu bisa melarutkan ½ sendok teh garam dengan air hangat. Ketika garam sudah larut, celupkan kapas ke dalam cairan, lalu peras untuk mengurangi kelebihan air. Kompres area mata yang bengkak dengan kapas selama 10-15 menit. Setelah itu, kamu bisa bilas dengan air bersih.


6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Fungsi larutan garam untuk wajah bisa digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Garam mengandung zat elektrolit penting bagi tubuh, yaitu natrium dan kalium. Elektrolit ini akan membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan berperan dalam kontraksi otot, termasuk otot dinding pembuluh darah. Dengan kata lain, larutan garam dapat membantu memastikan kontraksi dan relaksasi pembuluh darah yang efisien, yang nantinya akan meningkatkan sirkulasi darah.


Dalam beberapa kasus, garam dapat memiliki efek vasodilator, yaitu memperluas pembuluh darah. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan membasuh muka menggunakan air garam hangat atau mandi garam. Paparan kulit terhadap air garam yang hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot halus di sekitar pembuluh darah, sehingga memperluas pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.


7. Meredakan Gejala Eksim dan Psoriasis

Masalah kulit berikutnya yang bisa diatasi menggunakan garam adalah eksim dan psoriasis. Garam dapat memberikan beberapa manfaat dalam meredakan gejala eksim dan psoriasis. Meskipun tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan sepenuhnya kondisi-kondisi ini, garam dapat memberikan bantuan sementara dengan mengurangi peradangan, menghilangkan sisik kulit, dan memberikan kelegaan pada gatal.


Kamu bisa menggunakan garam Epsom (garam magnesium sulfat) untuk mandi agar membantu mengurangi peradangan kulit, serta meredakan gejala eksim dan psoriasis. Tekstur garam yang kasar juga dapat membantu pengelupasan lapisan kulit yang terkena eksim atau psoriasis. Hal ini akan mengurangi sisik kulit dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit yang mungkin digunakan untuk mengobati kondisi tersebut.


8. Membantu Penyembuhan Luka

Sifat anti inflamasi dan antiseptik pada garam, membantu membunuh bakteri dan mencegah infeksi pada luka. Caranya, kamu bisa menggunakan larutan garam untuk membersihkan luka. Selain itu, garam juga dapat membantu mengeringkan luka dengan mengatur kelembaban di sekitar luka. Sehingga, mencegah pembentukan lingkungan yang lembab yang dapat memperlambat penyembuhan.

 

Itulah beberapa manfaat garam untuk kulit wajah. Perlu diingat bahwa manfaat garam dapat bervariasi untuk setiap orang. Garam juga bisa menimbulkan efek samping jika digunakan secara berlebihan, ya. Misalnya saja kulit kering, bahkan iritasi. Jadi, kamu bisa konsultasikan lebih lanjut mengenai tips dan trik ini dengan dokter yang lebih ahli. Jika butuh rekomendasi, kamu bisa langsung klik link berikut ini untuk mulai konsul!


Referensi:

5 Manfaat Air Garam untuk Wajah [Daring]. Tautan: https://www.alodokter.com/temukan-manfaat-air-garam-untuk-wajah-di-sini 

6 Manfaat Air Garam untuk Wajah dan Efek Sampingnya [Daring]. Tautan: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/berbagai-manfaat-garam-untuk-wajah/ 

15 Manfaat Air Garam untuk Wajah, Kurangi Produksi Minyak dan Peradangan Kulit [Daring]. Tautan: https://www.liputan6.com/hot/read/5216286/15-manfaat-air-garam-untuk-wajah-kurangi-produksi-minyak-dan-peradangan-kulit

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
bekas jerawat
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.