GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Ketahui 10 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi dan Malam Hari!

Tim Penulis Diri-27 Mei 2024

Di Indonesia, air hangat jadi andalan banyak orang untuk mengatasi rasa tidak enak badan. Misalnya, pusing, batuk, pilek, kedinginan, atau sakit perut. Meskipun terdengar sederhana, minum air hangat bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Mulai dari mengatasi kedinginan, sampai melancarkan pencernaan. 


Suhu air hangat yang baik untuk diminum adalah 54 sampai 71 derajat Celcius, ya. Air hangat di atas suhu tersebut bisa menyebabkan luka bakar atau melepuh. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi air hangat dengan suhu yang tepat agar tubuh tetap nyaman dan mendapat manfaatnya. Yuk, simak beragam manfaat minum air putih di pagi hari dan malam hari!


Mengatasi hidung tersumbat 

Saat mengalami flu atau alergi, seringkali hidung menjadi tersumbat karena terhalang oleh lendir yang tebal. Kondisi ini bisa menghambat pernapasan dan mengganggu tidur saat malam hari. 


Minum air hangat bisa membantu melembutkan lendir tebal tersebut sehingga lebih mudah dikeluarkan dari hidung. Selain itu, air hangat juga bisa membantu melebarkan saluran hidung dan mempercepat aliran udara, sehingga minum air hangat bisa membuat proses pernapasan menjadi lebih baik.


Mengatasi kedinginan 

Saat cuaca sedang dingin, badan kita berisiko mengalami penurunan suhu yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa menjadi masalah kesehatan seperti hipotermia. 


Selain menghangatkan tubuh dari luar dengan menggunakan pakaian tebal, jaket, kaos kaki dan selimut, minum air hangat juga bisa mengatasi kedinginan. Air hangat akan membantu meningkatkan suhu tubuh dari dalam dan menjaga tubuh tetap hangat.


Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Cairan sangat penting bagi tubuh untuk menjaga fungsi-fungsi penting seperti keseimbangan elektrolit, menjaga suhu tubuh, dan memastikan organ tubuh bekerja dengan baik. 


Minum air hangat di pagi hari saat perut kosong dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berjam-jam tidak minum air. Air hangat juga lebih cepat diserap tubuh, sehingga bisa mencegah dehidrasi.


Membantu mengatasi sembelit 

Susah buang air besar atau sembelit terjadi ketika gerakan usus terhambat dan membuat feses menjadi keras dan kering. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut dan juga rasa sakit saat buang air besar. 


Air hangat dapat merangsang gerakan usus yang membantu melancarkan pencernaan dan memudahkan feses dikeluarkan. Selain itu, air hangat juga bisa melunakkan feses yang keras sehingga memudahkan proses buang air besar. Agar manfaatnya lebih terasa, coba minum air hangat di pagi hari saat perut kosong, ya. 


Meredakan batuk berdahak 

Batuk berdahak biasanya disertai rasa tidak nyaman di tenggorokan dan sulit mengeluarkan dahak. Air hangat bisa membantu melunakkan dahak, membuatnya lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan melalui batuk. Uap dari air hangat juga bisa mengurangi iritasi tenggorokan yang membantu meredakan rasa tidak nyaman saat batuk.


Membuat tubuh rileks

Manfaat minum air hangat sebelum tidur adalah bisa membuat tubuh lebih rileks. Air hangat dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meredakan stres. Hal ini membuat tubuh lebih rileks dan mempersiapkan kondisi yang baik untuk tidur yang berkualitas.


Melancarkan sirkulasi darah 

Air hangat membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ketika pembuluh darah melebar, darah bisa mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh, membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel. Sirkulasi darah yang lancar juga penting untuk menjaga kesehatan jantung dan organ-organ tubuh lainnya.


Meredakan nyeri menstruasi 

Nyeri saat menstruasi biasanya disebabkan kontraksi otot rahim yang kuat. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas. Minum air hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot dan melonggarkan kontraksi, sehingga meredakan rasa nyeri. Selain itu, air hangat juga dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri.


Meredakan iritasi radang tenggorokan 

Air hangat bisa meredakan iritasi radang tenggorokan dengan melonggarkan dan melembutkan jaringan di sekitar tenggorokan. Ketika tenggorokan terkena air hangat, ini bisa membantu meredakan sensasi gatal atau sakit yang biasa terjadi saat radang tenggorokan.


Selain itu, uap air hangat juga membantu membersihkan lendir dan kotoran yang mungkin menempel di tenggorokan sehingga membantu proses penyembuhan. 


Mengurangi racun dalam tubuh 

Air hangat dapat membantu meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan produksi keringat dan mempercepat proses pembuangan racun lewat urin. Minum air hangat secara teratur juga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang penting untuk menghilangkan racun dan limbah dari tubuh. 

Minum air hangat secara rutin di pagi hari atau sebelum tidur ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, ya. Yuk, coba rutin minum air hangat. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa konsultasi dengan dokter terbaik dari Diricare. Coba konsultasi sekarang!


Sumber: 

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-minum-air-hangat-untuk-kesehatan 

https://www.sehataqua.co.id/manfaat-minum-air-hangat/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319673

Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.