GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Mulai dari Kulit Iritasi Sampai Radang Tenggorokan, Berikut Deretan Manfaat Air Mawar

Ditinjau oleh dr. Intan-14 Feb 2023
manfaat air mawar

Mengatasi keluhan kulit wajah yang kusam dan kering terbilang susah-susah gampang. Apalagi jika punya kulit sensitif, tentu harus hati-hati dalam memilih produk agar masalah kulit tak semakin bertambah. Air mawar bisa jadi alternatif bahan alami yang dapat kamu pilih untuk mengatasi wajah kusam dan kering. Bukan sembarang air, banyak yang percaya kalau air mawar menyimpan banyak manfaat untuk kulit terutama area wajah. Lantas apa saja manfaat air mawar untuk wajah? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Pengertian Air Mawar

Air mawar merupakan salah satu bahan campuran skincare yang sifatnya masih alami. Pembuatannya dengan cara menyuling kelopak bunga mawar menggunakan steam. Biasanya untuk mendapatkan satu liter air mawar, memerlukan sekitar 600-700 bunga.

Baunya yang harum khas bunga mawar, membuat air mawar sering ditambahkan sebagai bahan fragrance dalam sebuah produk skincare. Meski banyak ahli menganjurkan agar konsumen menghindari bahan parfum pada skincare, tetapi air mawar tergolong fragrance yang aman karena tergolong natural daripada bahan parfum lainnya yang berbahan kimia.


Jika menilik dari sejarah peradaban kuno, ternyata penggunaan air mawar sudah ada sejak ribuan tahun silam. Bangsa Persia dipercaya menjadi yang pertama memanfaatkan air mawar untuk perawatan kulit. Konon Bangsa Persia tidak hanya memanfaatkan air mawar untuk perawatan kulit saja, tetapi mereka juga mencampurkan air mawar ke dalam makanan dan minuman.


Mengapa Air Mawar Baik untuk Kulit?

Tentunya bukan tanpa alasan air mawar telah dipercaya selama ribuan tahun untuk menjaga dan mempercantik tampilan kulit. Memang apa alasan air mawar baik untuk kulit? Secara alami air mawar memiliki kemampuan menghilangkan kotoran dan memperhalus permukaan kulit. Tampilan kulit pun jadi lebih halus, lembab, dan sehat. Kemudian, air mawar juga mengandung sederet manfaat yang bisa menunda tanda-tanda penuaan. Tidak sampai di situ aja, air mawar juga disebut mengandung antioksidan yang dapat menjaga kulit dari bahaya radikal bebas. Lalu, berikut ini rangkuman manfaat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan kulit.


1.      Menyejukkan Kulit Iritasi

Air mawar bersifat anti-inflamasi sehingga banyak orang menggunakan air mawar untuk menenangkan kulit mereka yang sedang iritasi baik akibat alergi atau jerawat yang sedang aktif-aktifnya.

Di samping itu, kalau kamu punya kulit yang mudah memerah atau sedang bengkak, bisa kamu atasi menggunakan air mawar. Menariknya lagi air mawar juga dapat mengurangi gatal-gatal dari penyakit kulit seperti eczema dan rosacea.


2.      Meredakan Radang Tenggorokan

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, sejak ribuan tahun silam Bangsa Persia sudah mencampurkan air mawar ke dalam makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Meski terkesan kurang lazim, ternyata air mawar memang berkhasiat meredakan radang tenggorokan.


Berdasarkan penelitian di tahun 2011 oleh National Center for Biotechnology Information, berhasil membuktikan secara ilmiah bahwa air mawar mengandung antibiotik yang cukup efektif untuk mengobati radang tenggorokan.  


3.      Menangani Infeksi

Tidak hanya ada kandungan antibiotik saja, dalam air mawar juga terkandung bahan-bahan bersifat antiseptik yang tergolong ampuh. Oleh karena itu, air mawar cukup sering ditemui dalam berbagai obat herbal untuk penanganan terhadap infeksi.


Bahkan National Center for Biotechnology Information juga pernah melakukan penelitian dan menyatakan jika air mawar mengandung bahan analgesik karena pernah digunakan sebagai campuran obat tetes mata untuk mengatasi penyakit konjungtivitis.


4.      Terdapat Antioksidan

Kelopak bunga mawar yang telah melalui berbagai proses bisa menghasilkan air dan minyak. Dalam kedua produk tersebut terkandung antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi. Dari hasil penelitian oleh National Center for Biotechnology Information di tahun 2011, kandungan antioksidan pada air mawar terbilang ampuh untuk menjaga sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas.


5.      Mengobati Luka

Segala bahan yang bersifat antiseptik dan antibakteri bisa digunakan sebagai obat luar untuk penanganan luka. Tidak terkecuali air mawar, bahan alami satu ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar atau luka gores.


Air mawar bisa membersihkan dan menenangkan area kulit yang cedera sehingga kulit tidak mengalami infeksi. Selain itu, air mawar juga berpotensi membantu pemulihan luka jadi lebih cepat.


6.      Meningkatkan Suasana Hati

Siapa sangka jika air mawar punya kemampuan meningkatkan suasana hati? Sebuah penelitian di tahun 2011 oleh National Center for Biotechnology Information menyebutkan jika air mawar bersifat antidepresan.


Jadi aroma harum dan lembut dari hasil ekstraksi kelopak bunga mawar ini akan memberikan reaksi ketenangan di area ujung hidung. Kemudian tubuh nantinya akan lebih merasa rileks dan stress berkurang.


7.      Mengurangi Sakit Kepala

Stres bisa berdampak buruk pada tubuh. Kondisi tubuh yang semula sehat bisa tiba-tiba sakit akibat pengelolaan stres yang kurang baik. Salah satu dampak buruk yang cukup umum dirasakan saat stres adalah sakit kepala.


Aroma harum pada air mawar bisa bekerja sebagai aromaterapi untuk menenangkan tubuh dari stres dan mengurangi sakit kepala. Para ahli menyarankan terapi yang cukup efektif dengan cara mengompres dahi selama 45 menit menggunakan waslap yang sudah direndam di air mawar.


8.      Menunda Tanda-Tanda Penuaan

Air mawar ternyata jadi salah satu bahan favorit yang kerap dicantumkan dalam produk-produk anti-aging karena air mawar mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan tersebut bekerja untuk menetralkan dan melindungi sel kulit dari jahatnya radikal bebas.


Radikal bebas ini berimbas pada menurunnya vitalitas kulit karena mengakibatkan kulit kering, muncul keriput, dan warna kulit jadi kusam. Tidak sampai situ saja, air mawar juga mampu memberikan kelembaban maksimal pada kulit, sehingga kerutan dan keriput menjadi berkurang.


Apakah Air Mawar Memiliki Efek Samping?

Air mawar cenderung aman digunakan oleh siapa saja termasuk orang berkulit sensitif tanpa efek samping apapun karena berasal dari bahan alami. Namun, efek samping bisa jadi muncul pada orang yang memiliki alergi terhadap ekstrak bunga mawar. Kalau kamu termasuk orang yang punya alergi pada serbuk bunga, sebaiknya berhati-hati jika ingin mencoba memakai air mawar untuk perawatan kulit.


Itu dia ulasan singkat tentang manfaat air mawar untuk wajah. Tidak ada salahnya mencoba memasukkan air mawar ke dalam rangkaian skincare-mu karena tergolong aman dan lembut untuk kulit. Akan tetapi, kalau keluhan kulit kusam dan kering masih belum dapat teratasi, sebaiknya segera lakukan konsultasi di Diricare secara online bersama dokter berpengalaman. Yuk, mulai konsultasi sekarang juga!


Sumber:

https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits#forms-and-doses

https://fleurandbee.com/blogs/news/rose-water-for-skin

https://www.herbaldynamicsbeauty.com/blogs/herbal-dynamics-beauty/10-benefits-of-rose-water-and-surprising-new-ways-to-use-it


banner-artikel
Tag:
tips
peremajaan kulit
anti aging
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.