GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Jenis Alkohol dalam Skincare yang Nggak Berbahaya untuk Kulit Wajah, Yuk Dicermati!

Ditinjau oleh dr. Flora -13 Feb 2023
manfaat alkohol pada skincare

Dalam banyak produk kecantikan, alkohol diformulasikan bukan tanpa alasan. Tetapi apakah tetap aman dipakai secara rutin bahkan setiap hari? Inilah kenapa penting buatmu mengenali jenis alkohol dalam skincare dan bagaimana tim klinis memformulasikan produk tanpa mempengaruhi kulit para konsumen. Nah, untuk lebih tahu apa jenis alkohol, manfaatnya, dan bagaimana produsen menakarnya agar aman, cermati penjelasan berikut yuk.



Manfaat alkohol untuk kulit wajah

Untuk kebutuhan sehari-hari, alkohol kerap dipakai untuk antibakteri. Bagaimana dengan jenis alkohol dalam skincare, apakah membuat kelembaban kulit berkurang dan bikin kulit rentan iritasi? Tunggu, simak dulu manfaat dan alasan kenapa skincare memakai alkohol di bawah ini.


Manfaat alkohol untuk kulit wajah berminyak ialah untuk membersihkan kotoran dan penumpukan minyak di wajah, menurut ahli dermatologi bersertifikat Gretchen Frieling, MD.. Selain itu, alkohol yang membantu mengurangi pori-pori tersumbat dan menghaluskan kulit.


Bukan tanpa alasan produsen skincare memakai alkohol sebagai salah satu formula. Ini didasari manfaat alkohol yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur dalam produk. Selain juga memperpanjang masa simpan dan memastikan produk tetap steril serta aman digunakan.


Meskipun bermanfaat bagi tipe kulit berminyak, tetapi yang memiliki kulit kering, kulit sensitif, dan eksim atau alergi, toner yang berbasis alkohol yang sama dapat mengeringkan kulit. Oleh karena itu, setiap skincare perlu dipersonalisasikan sesuai tipe kulit masing-masing agar manfaat alkohol untuk kulit wajah bekerja optimal.


Jenis alkohol dalam skincare yang aman untuk kulit sensitif, baiknya cek dulu labelnya apabila membeli produk perawatan kulit di toko tanpa konsultasi dokter kulit. Sebaiknya, hindari yang mengandung etanol, metanol, etil alkohol, alkohol terdenaturasi, alkohol isopropyl, alkohol SD, dan alkohol benzyl. Nah, paling mudah kamu harus mendiskusikan kondisi kulitmu dan meminta rekomendasi dari ahlinya. Lantas bagaimana dengan jenis alkohol dalam skincare yang aman untuk kulitmu?


Di klinik Diri, semua produk skincare sudah diuji oleh tim klinis sehingga efektif, baik, dan aman untuk kulitmu. Terlebih lagi, setiap rekomendasi skincare diracik dan dipersonalisasikan sesuai dengan kondisi kulitmu. Kalau menurut FDA (Food and Drug Administration), apabila kamu memakai produk dengan label ‘bebas alkohol’ maka tidak mengandung etil alkohol. Produk tersebut mungkin akan menggunakan alkohol berlemak, seperti setil, stearil, cetearyl, atau alkohol lain yang kategorinya jauh berbeda.


Alkohol berlemak sering ditemukan dalam losion pembersih dan pelembap sebagai pengental atau pengemulsi. Kata Frieling, jenis alkohol dalam skincare ini bisa bermanfaat. Tambahnya lagi, alkohol berlemak mampu mengunci kelembapan kulit. Skincare dengan bahan ini, merupakan formula paling baik untuk kulit dehidrasi. Lebih lanjut lagi, cek jenis alkohol untuk kulit wajah yang aman menurut FDA berikut di bawah.


Jenis alkohol untuk kulit wajah

Di samping alkohol berlemak, jenis alkohol dalam skincare yang enggak berbahaya, di antaranya adalah alkohol lanolin yang berasal dari wol. Meskipun tidak menutup kemungkinan memicu dermatitis kontak kambuh, tetapi jika diformulasikan secara khusus dapat bekerja secara lembut bahkan pada kulit yang terluka. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology pada 2019, penderita alergi kontak tidak mengalami efek buruk setelah menggunakan salep mengandung alkohol lanolin yang diformulasikan khusus. Penelitian ini melibatkan hampir 500 peserta dan tetap aman memakai salep yang diformulasi oleh tim klinis dalam penelitian tersebut. Untuk mencermati jenis alkohol dalam skincare yang perlu dihindari dan mana yang aman, berikut ini daftar sekaligus penjelasannya.


Etil alkohol

Etil alkohol dikenal sebagai etanol atau alkohol gandum. Menurut FDA, alkohol jenis ini yang memungkinkan digunakan dalam alkohol dan diproses dengan denaturasi. Etil alkohol dipakai sejumlah produk perawatan kulit seperti pembersih, pengawet, dan produk kosmetik.


Alkohol denaturasi

Dalam memakai alkohol, produsen kosmetik menggunakan alkohol denaturasi untuk menghindari pembayaran pajak alkohol. Secara rasa, alkohol jenis ini cukup pahit yang kerap ditemukan dalam makeup, losion, wewangian, beberapa skincare, dan rambut. Ia juga memiliki beberapa nama lain termasuk metil alkohol dan alkohol spesial denaturasi. Terdapat jenis alkohol ini yang diperbolehkan untuk digunakan dalam berbagai produk kosmetik, yaitu SD Alkohol-23A, SD Alkohol 40, dan SD Alkohol 40-B.


Alkohol isopropil

Alkohol isopropil dipakai untuk keperluan rumah tangga sehingga disebut alkohol gosok. Biasanya, kamu bisa menemukan pula dalam label formula pada perawatan kuku, rambut, dan kulit. Kalau dalam produk perawatan, alkohol isopropyl dipakai juga sebagai bahan anti busa dan pelarut.


Benzil alkohol

Jenis alkohol dalam skincare, termasuk pembersih, sabun, kosmetik, dan produk rambut ini, secara alami ditemukan dalam buah-buahan dan teh. Kalau dalam takaran yang dianjurkan oleh FDA, skincare dengan formula ini sangat mungkin aman.


Alkohol berlemak

Jenis alkohol dalam skincare, terdapat berbagai macam. Untuk yang aman menurut FDA, di antaranya cetyl, stearyl, cetearyl, atau alkohol lanolin. Berbeda dengan jenis alkohol lainnya, yang ini bermanfaat membantu melembabkan kulit yang kerap diformulasikan dalam produk kondisioner rambut, alas bedak, riasan mata, pelembab, dan pembersih kulit

.

Itulah penjelasan mengenai jenis alkohol dalam skincare serta manfaatnya untuk wajah. Penting untuk diketahui, skincare yang aman menggunakan formula bahan yang disetujui FDA. Begitu pula dengan skincare di Klinik Diri yang telah diuji oleh tim ahli. Selain diformulasikan dengan bahan aman, efektif, dan membuatmu selalu nyaman dalam merawat kulit wajah, juga direkomendasikan oleh dokter ahli berpengalaman sesuai dengan kondisi masing-masing kulit.

 

Sumber:

https://aido.id/health-articles/mengenal-lebih-jauh-jenis-alkohol-dalam-skincare-untuk-kulit-wajah-sehat/detail

https://www.everydayhealth.com/smart-skin/alcohol-in-skin-care-is-it-ever-okay/

https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetics-labeling-claims/alcohol-free


banner-artikel
Tag:
tips
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.