GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

7 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Bisa Memudarkan Bekas Jerawat?

Ditinjau oleh dr. Nila M-02 Jan 2023
manfaat baby oil

Tidak hanya bermanfaat untuk anak bayi, ternyata baby oil juga bisa berguna bagi orang dewasa. Beberapa orang yang punya kulit sensitif memakai baby oil untuk wajah mereka. Sebab, baby oil tidak mengandung bahan-bahan iritan dan masih cenderung alami. Lalu, apa saja manfaat baby oil untuk perawatan wajah? Bisakah baby oil dipakai di kulit berjerawat? Temukan jawabannya di artikel berikut ini.



Apakah Baby Oil Aman untuk Wajah?

Berdasarkan salah satu perusahaan produk bayi asal Amerika Serikat, Johnson & Johnson, baby oil berfungsi untuk memberikan kelembaban di kulit bayi. Mereka merekomendasikan pemakaian ketika bayi selesai mandi atau sebelum bayi melakukan pijat.


Cara kerja baby oil dengan membuat semacam pelindung di kulit bayi yang sensitif. Pelindung ini berguna untuk mengunci kelembaban di pori-pori, sehingga kulit tidak mengelupas yang bisa mengakibatkan gatal-gatal atau rasa perih.


Karena kegunaannya ini, tidak sedikit orang dewasa juga ikut memakai baby oil agar kelembaban di kulit mereka tetap terjaga. Masih banyak yang senang memakai baby oil dan berefek bagus di kulit. Sehabis memakai baby oil, permukaan kulit jadi lebih bersinar dan lembut.


Baby oil memang mengandung bahan-bahan alami seperti mineral oil, vitamin A, vitamin E, ekstrak lidah buaya, madu, dan parfum dalam jumlah kecil. Produk ini memang diperuntukkan untuk bayi yang kulitnya masih sensitif, maka baby oil tidak memasukkan bahan iritan seperti paraben, phthalates, pewarna, alkohol, dan sebagainya. Membuat produk satu ini aman dipakai di kulit siapa saja, bahkan di kulit sensitif sekalipun tanpa perlu takut muncul reaksi alergi. Kemudian apakah baby oil aman dipakai di wajah? Melansir dari Healthline, baby oil sangat aman dipakai di wajah. Sebab, bahannya bersifat non-komedo sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.


Keunggulan Baby Oil Sebagai Pelembab

Para peneliti mengadakan sebuah studi di tahun 1993 untuk melihat bahan pelembab terbaik di antara ethanol, gliserin, air, dan mineral oil. Hasil penelitian itu menunjukkan kalau mineral oil jadi komposisi pelembab paling bagus di kulit. Berita bagusnya, mineral oil jadi salah satu komposisi penyusun baby oil. Mineral oil terbukti bisa membantu menjaga kadar air pada kulit dan membuat kulit lebih kenyal, halus, dan sehat.


Kemudian baby oil disebut-sebut memiliki keunggulan lain, yaitu memudarkan bekas luka dan stretch mark. Walaupun belum ada penelitian yang membuktikannya, tetapi para peneliti membenarkan bahwa baby oil bisa saja memudarkan bekas luka.


Luka dan stretch mark berada di bawah lapisan kulit. Dengan mengoleskan baby oil di area tersebut, bisa memadatkan sel-sel kulit sehingga tampilan luka dan stretch mark bisa memudar. Di samping itu, baby oil juga dapat membantu menyamankan kulit dari psoriasis. Baby oil memiliki kemampuan menenangkan dan mengurangi sensasi gatal pada kulit. Efek lembab dari baby oil juga terbilang juara, sebab bisa bertahan hingga 48 jam. Namun tentu saja perlu pengaplikasian ulang agar kelembaban kulit tetap terjaga.


Baby Oil Bisa Menyembuhkan Jerawat?

Banyak kabar yang beredar juga tentang baby oil yang dapat menyembuhkan jerawat. Lantas bagaimana penggunaan baby oil di wajah yang rentan tumbuh jerawat? Masih belum ada penelitian yang dapat membuktikan kalau baby oil bisa menyembuhkan jerawat. Meski baby oil memang tidak akan menyumbat pori, tetapi lapisan pelindung dari baby oil bisa saja memerangkap sebum di pori-pori, sehingga jerawat akan semakin parah. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan aplikasikan baby oil jika kamu punya jenis kulit yang mudah berjerawat.


Deretan Manfaat Baby Oil

Setelah mengetahui kandungan dan kegunaan baby oil, berikut ini daftar manfaat baby oil untuk kulit yang bisa kamu rasakan tepat setelah pemakaian.


1.      Pelembab Wajah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, baby oil memang punya keunggulan dalam melembabkan kulit. Kamu bisa mengoleskan baby oil di bagian kulit manapun termasuk wajah. Para ahli menyarankan bagi pemilik kulit kering dan dehidrasi untuk menggunakan baby oil sebagai pelembab.


2.      Menghapus Riasan

Walaupun belum ada bukti secara saintifik, tetapi baby oil dapat menjadi produk alternatif untuk menghapus riasan. Cukup banyak orang memakai baby oil karena dinilai ampuh melunturkan make-up dan kotoran di permukaan kulit.


3.      Memudarkan Bekas Luka, Bekas Jerawat, dan Stretch Mark

Baby oil bisa membuat kulit jadi lebih kenyal dan padat. Kondisi kulit yang seperti itu memberikan efek pada bekas luka, bekas jerawat, dan stretch mark sehingga tampak memudar. Untuk hasil yang maksimal, pemakaian baby oil harus setiap hari.


4.      Perawatan Kaki

Tidak hanya wajah, kaki juga tetap harus dirawat. Terutama kulit bagian tumit yang rawan kering dan pecah-pecah. Vitamin E dan A pada baby oil membantu merawat kulit pecah-pecah untuk kembali ke kulit yang sehat.


5.      Pengganti Krim Pencukur

Jika kamu punya alergi pada produk krim cukur, kamu bisa memakai baby oil sebagai penggantinya. Baby oil yang punya tekstur cair dan lengket bisa mempermudah pisau cukur memangkas rambut halus yang ingin dihilangkan. Selain itu, baby oil juga bersifat menenangkan sehingga bisa mengurangi iritasi kulit.


6.      Menenangkan Kulit

Baby oil punya fungsi untuk menenangkan kulit. Bermanfaat sebagai penolong ketika kulit sedang kering atau terkena psoriasis yang menyebabkan kulit gatal dan merah-merah. Supaya hasilnya bisa maksimal, selalu aplikasikan baby oil setiap 15 menit.


7.      Melembabkan Bawah Mata

Area bawah mata seringkali terdapat keriput halus karena kondisinya yang cenderung lebih kering. Kamu tidak perlu membeli produk eye cream mahal, cukup manfaatkan baby oil. Caranya dengan oleskan sedikit baby oil di area bawah mata dan lakukan pijatan ringan selama 1-2 menit. Lakukan setiap malam hari sebelum tidur untuk merasakan hasilnya.


Cara Memakai Baby Oil untuk Kulit Kering dan Dehidrasi


Supaya kamu bisa merasakan manfaat maksimal dari baby oil, coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Cuci muka menggunakan sabun yang sering kamu gunakan.
  2. Bilas dan keringkan wajah, tapi tidak perlu sampai benar-benar kering.
  3. Tuangkan sedikit baby oil di tangan, lalu usapkan terlebih dulu di telapak tangan, barulah usapkan ke area yang kering.
  4. Pijat ringan wajahmu selama 2-3 menit agar baby oil bisa terserap.


Itu dia ulasan lengkap mengenai fakta serta manfaat baby oil untuk wajah. Bila kamu punya tipe kulit sensitif, tidak ada salahnya memasukkan baby oil ke dalam daftar produk skincare-mu. Tapi jika kamu punya keluhan kulit yang tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter berpengalaman di Diri Care. Tanpa biaya sepeserpun, kamu bisa mulai konsultasi dan dapat rekomendasi produk langsung dari dokter.  


Sumber:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-on-face#baby-oil-on-face-side-effects 

https://skinkraft.com/blogs/articles/baby-oil-on-face-skin

banner-artikel
Tag:
psoriasis
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.