GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Bisa Atasi Arthritis, Berikut 7 Manfaat Terapi Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Ditinjau oleh dr. Sarafina G-30 Jan 2023
manfaat berjemur di bawah sinar matahari

Merasa tubuh kurang bugar meski sudah menjaga pola makan dan berolahraga? Bisa jadi tubuhmu kurang terkena sinar matahari pagi. Para ahli menganjurkan berjemur di pagi hari setidaknya 15 menit untuk membiarkan tubuh menerima asupan vitamin D alami dari sinar matahari untuk memperbaiki imunitas dan menjaga badan tetap bugar. Ternyata memang ada segudang manfaat berjemur di pagi hari. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.


Mengapa Harus Berjemur di Pagi Hari?

Sudah jadi rahasia umum jika paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit kulit yang serius, yakni kanker kulit atau melanoma. Oleh karena itu, ketika melakukan aktivitas di luar ruangan, wajib memakai sunscreen guna melindungi kulit dari jahatnya sinar ultraviolet.


Meski begitu, tubuh manusia tetap memerlukan paparan sinar matahari supaya tubuh tetap bugar dan sehat. Paparan sinar matahari yang terhitung aman di kulit manusia adalah sinar matahari pagi. Sebab, saat pagi hari, intensitas radiasi ultraviolet belum tinggi sehingga tidak berbahaya bagi kulit.


Malah sinar matahari pagi memberikan manfaat untuk kesehatan. Berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa terhitung ke dalam salah satu terapi kesehatan yang masih alami. Sinar matahari dapat membantu regulasi produksi hormon melatonin di tubuh. Hormon inilah yang mengkoordinasi ritme sirkadian tubuh atau body clock.


Ritme sirkadian ini punya peran penting untuk mengatur kesehatan mental dan fisik manusia. Oleh sebab itu, berjemur di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan hormon, meningkatkan kebugaran fisik, dan mempercepat kesembuhan penyakit yang menyerang psikis. Lantas, apakah berjemur di pagi hari aman? Apakah harus memakai tabir surya? Jawabannya aman, tapi kamu tetap perlu memakai tabir surya ya!


Apa Saja Manfaat Berjemur di Pagi Hari?

Di masa kini banyak orang yang mudah sakit akibat gaya hidup yang tidak sehat. Selain karena jarang berolahraga, orang-orang jadi gampang sakit juga disebabkan karena jarang terekspos cahaya matahari. Jika kamu bertanya-tanya seberapa penting cahaya matahari bagi kesehatan, yuk lihat deretan manfaat berjemur di pagi hari berikut ini.


1.      Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Hipertensi merupakan penyakit yang cukup mematikan karena bisa menjadi sumber komplikasi penyakit lainnya. Berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa jadi terapi yang efektif bagi penderita hipertensi.


Sinar mentari pagi dapat mengaktifkan senyawa nitric oxide yang terletak di permukaan kulit. Saat senyawa tersebut aktif, pembuluh darah otomatis akan melebar, sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan tekanan darah pun tetap di ambang normal.


2.      Menjaga Tidur Berkualitas

Penderita insomnia atau kesulitan tidur bisa mencoba terapi berjemur di sinar matahari setidaknya selama 5-15 menit setiap pagi. Sinar matahari yang menerpa tubuh, secara alami akan mengaktifkan hormon melatonin.


Hormon melatonin ini bertugas mengatur ritme sirkadian tetap normal. Jadi, ketika melatonin sudah terproduksi dalam jumlah yang cukup, akan memancing rasa kantuk di malam hari dan kualitas tidur ikut meningkat.


3.      Menyembuhkan Penyakit Kulit

Apakah kamu sering punya keluhan di kulit? Tidak ada salahnya mencoba obat alami yang didapat dari sinar matahari pagi. Berdasarkan penelitian dari Climatotherapy of Psoriasis, berjemur di pagi hari bisa membantu penyembuhan berbagai penyakit kulit bahkan yang ekstrim sekalipun. Jadi, jika kamu punya penyakit kulit yang susah sembuh, cobalah berjemur di antara jam 7-9 pagi selama 15 menit.


4.      Mengurangi Depresi

Siapa sangka cuaca bisa sangat mempengaruhi gejala depresi. Berjemur di sinar matahari yang cukup merupakan salah satu terapi tanpa obat yang lumrah dilakukan para penyintas depresi. Sinar matahari akan membuat otak bereaksi supaya memproduksi hormon serotonin.


Serotonin bertanggung jawab untuk memperbaiki suasana hati dan membuat pikiran lebih tenang. Meski begitu, terapi sinar matahari agar lebih bahagia tidak hanya terbatas bagi penyintas depresi saja. Siapapun boleh terapi berjemur demi mendapatkan mood yang bagus sepanjang hari.


5.      Memperkuat Tulang

Sinar matahari pagi secara alami mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan kulit. Ketika kamu berjemur di pagi hari, tubuhmu akan menyerap sumber kalsium langsung dari sinar matahari.


Mendapatkan asupan kalsium yang cukup di masa muda akan memperkecil potensi terkena penyakit osteoporosis dan arthritis di masa tua nanti.


6.      Meningkatkan Sistem Imunitas

Ketika tubuh mulai terasa sering kelelahan, tidak bugar, dan gampang sakit, ada pengobatan alami yang bisa kamu terapkan, yaitu berjemur di pagi hari secara rutin. Vitamin D yang ada di sinar matahari bisa memulihkan imunitas yang drop. Sinar matahari dipercaya juga mampu melawan berbagai penyakit ringan sampai berat. Contohnya seperti flu, sakit jantung, hipertensi, sclerosis, kanker, diabetes, autoimun, dan sebagainya.


7.      Memperkecil Potensi Alzheimer

American Medical Association telah menerbitkan jurnal penelitian tentang manfaat sinar matahari bagi kesehatan manusia. Berdasarkan penelitian tersebut, sinar matahari punya kemampuan untuk mempercepat pemulihan pada pasien Alzheimer. Para ahli pun menyimpulkan jika sinar matahari dapat memperkecil kemungkinan terkena Alzheimer, kepikunan, dan depresi.


Demikian ulasan lengkap tentang manfaat berjemur di pagi hari. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari memang penting supaya tidak terkena melanoma. Namun sinar matahari tak selalu buruk, karena ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Kamu wajib menjaga dan merawat kulit. Pakailah produk berkualitas agar kulit selalu cerah dan berseri. Skincare custom dari Diricare bisa mengabulkan keinginanmu untuk dapatkan kulit bersih dan glowing. Mulai konsultasi gratis dan konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter berpengalaman sekarang juga!


Sumber:

https://www.healthshots.com/preventive-care/self-care/10-surprising-benefits-of-sunbathing-daily-for-15-minutes/

https://www.healthline.com/health/sunbathing#benefits

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/home-remedies/all-you-need-to-know-about-sunbath-therapy/articleshow/70644446.cms


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.