GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Mengenal 5 Manfaat Body Scrub, Tak Hanya Mengangkat Sel Kulit Mati lho!

Ditinjau oleh dr.Winda-17 Apr 2023

Eksfoliasi merupakan salah satu cara untuk mengangkat tuntas sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Sedangkan teknik eksfoliasi untuk kulit tubuh, ialah dengan menggunakan body scrub. Lantas apakah body scrub aman untuk semua jenis kulit? Yuk, kenali detail informasi tentang body scrub mulai dari manfaatnya hingga cara memakainya dengan tepat.


Apa itu body scrub?

Body scrub adalah lulur tubuh yang bermanfaat untuk pengelupasan fisik. Diformulasi bertekstur kental dengan partikel kecil yang membantu mengangkat kotoran, daki, dan sel kulit mati pada kulit. Kalau membuat sendiri di rumah, biasanya disarankan mencampurkan garam atau gula sebagai partikelnya. Sedangkan tekstur kental diperoleh dari minyak, gel, atau air.


Perlu kamu tahu, body scrub sudah dipakai orang Mesir kuno untuk menjaga kecantikan mereka secara alami. Mereka memakai perpaduan minyak wangi yang diberi gula untuk membuat body scrub. Kalau menurut dermatologis bersertifikat Suzanne Friedler, kalau kulit kering dan kusam, eksfoliasi dengan body scrub bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Nah, tetapi kamu perlu selektif dalam memilih formula apa yang terkandung dalam lulur untuk tubuh. Karena beberapa bahan kimia, mungkin memicu respons alergi atau enggak cocok dengan jenis kulit tertentu.


Manfaat body scrub

Partikel kecil dalam body scrub, umumnya diformulasi dari bahan aman untuk mengelupas kulit mati. Produsen tidak memakai bahan partikel yang tajam atau bergerigi yang membuat robekan kecil pada kulit. Ada pula produsen body scrub alami yang menggunakan tanah liat atau bubuk kopi untuk perawatan kulit. Ini kerap disebut body polish yang pada prinsipnya sama dengan body scrub. Lebih lengkap lagi, ini manfaat memakai body scrub untuk kulit tubuhmu.


1. Kulit lebih halus

Body scrub mengangkat lapisan kulit paling atas yang teksturnya tidak rata. Ini membantu membuat kulitmu lebih halus dan mengangkat debu serta kotoran dari pori-pori kulit. Selain itu, dengan eksfoliasi kulit terlihat lebih segar, cerah, dan tekstur merata. Untuk mendapatkan manfaat body scrub yang pertama ini, disarankan memilih scrub berbahan alami, seperti kopi, lidah buaya, dan gula atau bahan lain yang tinggi mengandung asam glikolat.


2. Melembapkan kulit

Skincare yang diaplikasikan pada kulit dan tidak bekerja secara efektif karena terhalang oleh tumpukan kulit mati di lapisan teratas kulit. Untuk itu, dengan eksfoliasi menggunakan body scrub yang mengangkat lapisan teratas kulit, dapat memaksimalkan penyerapan skincare yang kamu pakai. Contohnya ketika kamu memakai losion pelembap, ini akan terserap optimal oleh kulit sehingga kulit akan lebih lembap dan halus.


 3. Mencegah benjolan kulit

Saat kamu sering mencukur rambut area ketiak, maka tekstur kulitnya bisa jadi tidak rata. Barangkali karena sering mencukur rambut ketiak, muncul benjolan akibat rambut tumbuh ke dalam. Dengan menggunakan body scrub secara rutin setidaknya dua hingga tiga kali seminggu, mencegah benjolan pada kulit. Di samping itu, body scrub juga mengurangi produksi sebum ekstra yang menyebabkan jerawat atau bruntusan pada area kulit yang berminyak.


 4. Meremajakan kulit

Pengelupasan dengan body scrub, mengelupas lapisan epidermis kulit dan memberikan kesempatan kulit meregenerasi dengan sel kulit baru. Sehingga, setelah regenerasi sel, kulit akan terlihat segar, lembut, dan halus. Ditambah lagi, kulit akan terasa rileks dengan pijatan lembut partikel kecil dalam body scrub. Ini bermanfaat tidak hanya pada kulit tetapi merilekskan pikiranmu.


5. Meningkatkan suasana hati

Body scrub rata-rata memakai wewangian baik dari minyak esensial berbahan alami ataupun kimiawi. Untuk itu, pilih produk yang sesuai dengan kulitmu agar tak mengiritasi atau kamu bisa membuat sendiri body scrub dari wewangian serta bahan alami. Manfaatnya, rutin body scrub dapat membuatmu lebih segar dan meningkatkan suasana hati. Boleh nih dijadikan aktivitas untuk me time.


Kelima manfaat body scrub di atas, bisa kamu dapatkan kalau diaplikasikan secara tepat. Bagaimana cara tepat memakai body scrub? Yuk, pahami tahapan berikut ini.

Cara menggunakan body scrub

Hasil terbaik dari perawatan kulit, tentu diinginkan mayoritas orang. Oleh karena itu, dalam memakai body scrub pun, ada aturan-aturan tertentu yang mesti kamu ikuti. Tujuannya agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan dan tidak memicu risiko buruk pada kulitmu. Inilah cara menggunakan body scrub secara tepat.


   1. Gunakan tangan

Tidak seperti perawatan kulit lain yang membutuhkan alat khusus, memakai body scrub paling baik menggunakan tangan. Bahkan, kamu tak perlu menggunakan brush atau kuas. Tetapi kalau kamu enggan mencelupkan jari ke wadah scrub, kamu bisa memanfaatkan sendok kayu bersih untuk menyendok body scrub lalu oleskan ke tubuh dengan tangan.


  2. Perhatikan arah gosokan

Tahukah kamu kalau menurut terapis spa, arahkan gosokan body scrub secara tepat sejalan dengan sirkulasi darah. Maka, mulailah dari kaki dan pijat dengan gerakan melingkar ke bagian atas kaki hingga batang tubuh. Lakukan sesuai prinsip searah sirkulasi darah, yaitu mengarah ke jantung.


 3. Jangan memakai body scrub setiap hari

Karena banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit, jangan sampai kamu melakukan scrubbing setiap hari. Pasalnya, pengelupasan kulit secara berlebihan justru membuat kulit kasar. Jadi, lakukan hanya beberapa kali seminggu. Untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, pilih formula scrub yang lembut dan lakukan secara lembut pula.


 4. Aplikasikan pelembap setelah scrubbing

Partikel dari body scrub, akan mengangkat kelebihan sebum. Sementara waktu, kulit membutuhkan pelembap setelahnya. Maka, oleskan pelembap pada tahapan terakhir setelah memakai body scrub. Ini juga membantu mengunci kelembapan kulit. Kamu juga perlu membawa pelembap untuk berjaga-jaga kapanpun kulit membutuhkan pelembap.


 5. Pakai body scrub sebelum bercukur

Memakai body scrub sebelum bercukur, akan memudahkan memotong rambut hingga habis. Karena scrub membantu menghaluskan dan meratakan kulit, maka membuatmu lebih mudah bercukur. Bahkan, kalau dilakukan beberapa waktu setelah bercukur, akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan mendapatkan hasil pencukuran yang lebih bersih.


Sudah tahu ‘kan gimana cara menggunakan body scrub secara tepat? Nah, rekomendasi buat kamu, pilih formula produk eksfoliasi yang paling cocok buat kamu. Karena body scrub tergolong eksfoliasi mekanis dan rawan dipakai kamu yang berkulit sensitif atau memiliki kondisi tertentu, maka sebelum melakukannya baik untuk konsul ke dokter. Untuk konsul soal perawatan kulit, khususnya kulit wajah, cek di sini. Di klinik Diri, kamu akan mendapat rekomendasi terpercaya dari dokter berpengalaman dan produk yang diformulasikan secara aman oleh tim klinis profesional.

 

Sumber:

https://skinkraft.com/blogs/articles/body-scrubs

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-use-body-scrub

https://www.byrdie.com/the-right-way-to-apply-a-body-scrub-345699

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.