GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

10 Manfaat Buah Manggis Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

TIm Penulis Diri-16 Okt 2023
manfaat buah manggis

Buah manggis merupakan salah satu buah tropis yang terkenal karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik. Buah yang memiliki nama latin (Garcinia mangostana) ini banyak dijumpai di Kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina. Buah manggis juga dapat dijumpai wilayah lain seperti di Hawai dan Puerto Rico meskipun tidak sebanyak di Asia Tenggara. Tidak hanya rasanya yang enak, buah berwarna putih ini sangat kaya akan manfaat untuk kesehatan yang masih jarang diketahui, lho. Yuk, ketahui 10 manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan sebagai berikut:


Menghambat sel kanker

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah manggis dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Xanthone dalam buah manggis telah diteliti karena sifat anti-kanker mereka. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menyebabkan apoptosis, yaitu kematian sel kanker. Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa sel kanker di jaringan perut dan paru-paru serta payudara dapat dihambat dengan xanthone. Namun, perlu diingat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek buah manggis pada pencegahan dan pengobatan kanker.


Mencegah penyakit jantung

Manfaat lain dari buah manggis adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam buah manggis terkandung senyawa-senyawa bioaktif yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan melindungi jaringan arteri dari kerusakan. Studi menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.


Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah manggis kaya akan serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat dalam buah manggis membantu mencegah sembelit dan menjaga pergerakan usus yang sehat. Selain itu, manfaat buah manggis lainnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit peradangan usus, seperti sindrom usus iritabel. 


Para peneliti dalam The Journal of Nutrition meneliti tentang manfaat buah manggis yang dapat dicerna dengan baik setelah makan makanan berlemak tinggi. Hasil penelitian berjudul “Xanthones in Mangosteen Juice Are Absorbed and Partially Conjugated by Healthy Adults” ini menunjukkan bahwa Xanthone dalam jus manggis dapat diserap dengan baik saat mengonsumsi makanan tinggi lemak meskipun terbatas. Sehingga, mengonsumsi buah manggis secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan yang optimal.


Menurunkan risiko diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah manggis dapat membantu mengendalikan gula darah dan menurunkan risiko diabetes. Senyawa xanthone dalam buah manggis diketahui memiliki efek hipoglikemik, yaitu dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 26 minggu terhadap wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari memiliki resistensi insulin yang jauh lebih besar terhadap faktor risiko diabetes. Tapi, perlu diingat bahwa buah manggis tidak boleh dijadikan pengganti pengobatan diabetes yang ditentukan oleh dokter, dan konsultasikan dengan dokter kamu sebelum mengonsumsinya secara teratur.


Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mineral dalam buah manggis, termasuk kalsium, magnesium, dan mangan, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang yang kuat, sedangkan magnesium dan mangan berperan dalam penyerapan kalsium dan pembentukan jaringan tulang yang sehat. Manfaat buah manggis dapat dirasakan apabila kamu rajin mengonsumsinya. Buah ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang yang baik.


Menjaga kesehatan kulit

Buah manggis telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah manggis membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Buah manggis dapat menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Kamu juga dapat menggunakan ekstrak buah manggis sebagai bahan alami untuk produk perawatan kulit, seperti masker wajah untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.


Sumber antioksidan yang kuat

Buah manggis kaya akan senyawa antioksidan yang kuat, terutama xanthone. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel-sel dan DNA kita. Xanthone dalam buah manggis telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi, anti-kanker, dan anti-penuaan. 


Selain itu, kulit manggis juga digunakan dalam pengobatan tradisional Thailand untuk mengobati peradangan, infeksi, luka, dan diare. Manfaat buah manggis ini dapat dirasakan apabila mengkonsumsi buah manggis secara teratur. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dikutip dari sebuah artikel di jurnal ilmiah The Journal of Nutrition buah manggis menjadi primadona di Amerika Serikat pada tahun 2008. Jus dan makanan berbahan dasar manggis telah menjadi suplemen nutrisi herbal terlaris, dengan penjualan minuman saja melebihi 200 juta dollar. Hal ini lantaran manfaat buah manggis yang sangat luar biasa bagi kesehatan.


Buah manggis mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C dan vitamin B6, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan infeksi dan mempercepat pemulihan, sementara vitamin B6 diperlukan untuk produksi sel darah putih yang bertanggung jawab atas sistem kekebalan tubuh kita.


Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat buah manggis tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Buah manggis telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan pengurangan gejala depresi dan kecemasan. Senyawa-senyawa tertentu dalam buah manggis dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmiter yang berperan penting dalam regulasi suasana hati.


Meningkatkan kualitas tidur

Terakhir, manfaat buah manggis lainnya adalah dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Beberapa senyawa dalam buah ini memiliki sifat penenang dan membantu meredakan kecemasan dan stres. Mengonsumsi buah manggis atau minum teh manggis sebelum tidur dapat membantu kamu rileks dan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Itulah sepuluh manfaat buah manggis yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Nggak heran kan kenapa manggis disebut sebagai ratu buah? Kamu bisa memasukkan manggis ke dalam list pola makan sehat untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas.



Referensi: 

https://academic.oup.com/jn/article/142/4/675/4630885

https://www.healthline.com/nutrition/mangosteen#TOC_TITLE_HDR_10

https://www.healthifyme.com/blog/mangosteen-benefits/

https://www.redbookmag.com/body/healthy-eating/g42814904/12-surprising-health-benefits-of-mangosteen/


Tag:
peremajaan kulit
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.