GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

6 Manfaat Buah Tin yang Baik untuk Kesehatan Kulit dan Reproduksi

Tim Penulis Diri-03 Jan 2023
manfaat buah tin

Untuk mendapatkan kecantikan kulit, kamu tidak hanya perlu merawat permukaan kulit tetapi juga perlu memberikan nutrisi lewat makanan yang dikonsumsi. Kalau kamu penasaran, ada buah yang bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari untuk kulit hingga kesehatan reproduksi baik pada pria dan perempuan. Buah tersebut adalah buah tin. Penasaran dengan manfaat buah tin dan bagaimana agar optimal dalam menyerap khasiatnya? Yuk, ikuti penjelasan lengkapnya.



Manfaat Buah Tin

Buah tin dikenal juga dengan buah Ara, yang memiliki bentuk seperti tetesan air mata. Ukuran buahnya tak besar, hanya seukuran ibu jari tetapi di dalamnya terdapat ratusan biji kecil. Biar enggak salah, warna kulitnya berwarna ungu atau hijau. Kalau daging buahnya berwarna menarik, yaitu merah muda. Jangan khawatir soal rasanya, manis yang samar akan dirasakan ketika mencecap buah dengan nama ilmiah Ficus carica ini.


Tidak hanya buah tin yang bermanfaat untuk kesehatan, tetapi daunnya juga menawarkan banyak nutrisi. Dalam satu buah tin yg beratnya sekitar 40 gram , mengandung kalori 30Kcal , karbohidrat 8 gram, serat 1 gram, dan memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium, kalium, riboflavin, tiamin, vitamin B6, dan vitamin K. Dengan kandungan yang kaya tersebut, manfaat buah tin tidak dapat disepelekan.


Jenis buah tin yang umum dikonsumsi, dapat dalam bentuk buah segar ataupun dikeringkan. Tetapi seperti yang kita tahu, buah yang dikeringkan bisa diolah atau diawetkan dengan gula. Nah, ini yang perlu kamu hindari karena meskipun buah ini rendah kalori, usahakan batasi asupan gula setiap harinya. Manfaat buah tin atau buah ara, antara lain sebagai berikut.


     1.  Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat buah ara telah teruji sejak lampau. Buah ini dipakai untuk pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan ringan, seperti sembelit. Karena mengandung serat, buah tin bermanfaat dalam melembutkan feses dan berfungsi sebagai prebiotik yang merupakan sumber makanan bakteri sehat dalam usus.


Dalam penelitian pada hewan, ekstrak buah ara membantu mempercepat pergerakan makanan pada saluran pencernaan, mengurangi sembelit, dan mengatasi gangguan pencernaan yang disebut dengan kolitis ulcerativa. Penelitian pada 150 orang partisipan, menemukan bahwa buah tin bisa meringankan sindrom iritasi usus dengan sembelit. Partisipan dalam penelitian tersebut diminta untuk mengonsumsi 4 buah tin kering dua kali sehari. Selama penelitian kondisi kesehatan partisipan betul-betul dipantau. Usai masa percobaan, sembelit, kembung, dan nyeri berkurang secara signifikan.


     2.  Meningkatkan kesehatan jantung

Selain melancarkan sistem pencernaan, manfaat buah tin yang kedua ialah memperbaiki kadar lemak darah dan tekanan darah. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai kaitan antara buah tin dan perbaikan pada kondisi jantung serta kadar kolesterol dalam darah. Tetapi ketika mengonsumsi buah tin secara rutin perlu diikuti  juga dengan pola hidup sehat untuk mendapatkan manfaat optimal.


     3.  Mengelola kadar gula darah

Di samping buah dari pohon tin, daun tin juga cukup populer manfaatnya pada masyarakat luas. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa minum teh daun tin sebelum sarapan berpotensi menurunkan kebutuhan insulin dari 10 partisipan yang mengikuti penelitian ini. Partisipan dengan diabetes tipe 1 dan setelah minum teh daun ara, dosis insulin mereka menurun hingga 12 persen.

Penelitian yang terbaru juga memaparkan manfaat daun tin, yaitu minuman yang ditambahkan ekstrak buah ara memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah.


     4.  Berpotensi mencegah kanker

Daun pohon tin dan getah alami dari tanaman ini terbukti menunjukkan aktivitas pencegahan terhadap kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati. Dalam studi awal, hasil penelitian ini menawarkan potensi menjanjikan dari daun tin. Tetapi karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda atau faktor lain yang kompleks, pengujian manfaat buah tin dan daunnya perlu dilakukan lebih lanjut.


     5.  Mempercantik kulit

Buah tin berpotensi memiliki beberapa efek baik pada kulit, terutama bagi orang dengan dermatitis, alergi, kulit kering, dan gatal akibat alergi. Manfaat buah tin yang kelima ini, dibuktikan dalam penelitian yang diikuti 45 partisipan anak dengan dermatitis. Penelitian ini menemukan bahwa krim yang terbuat dari ekstrak buah tin kering dan dioleskan dua kali sehari selama 2 minggu, efektif mengobati gejala dermatitis daripada krim hidrokortison.


     6.  Mengobati masalah reproduksi

Sejak zaman kuno, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah seksual. Seperti menambah tingkat kesuburan, penambah stamina, dan mengobati disfungsi ereksi. Dalam buah tin, mengandung vitamin B6, vitamin A, dan mineral yang bermanfaat meningkatkan produksi air mani. Kalau buah tin yang kering, kaya akan asam amino yang bermanfaat sebagai afrodisiak ( zat pembangun gairah seksual )  yang baik untuk meningkatkan energi dan libido. Selain itu, buah tin juga ampuh mengurangi gejala PMS dan mengatur siklus menstruasi lebih teratur.

Setelah mengetahui manfaat buah tin yang ampuh mengatasi keluhan pada kesehatan, perlu kiranya kamu mengenali bagaimana sih cara makan buah tin yang tepat agar manfaat terserap optimal.


Cara Makan Buah Tin

Cara makan buah tin, mungkin membuatmu bingung. Karena ukurannya tidak terlalu besar dengan biji kecil yang jumlahnya banyak, maka kamu bisa memakan kulitnya. Dengan tanpa mengupas buah tin, kamu bisa menambahkan buah berwarna cantik ini ke dalam campuran salad. Atau kamu suka membuat sandwich sebagai menu sarapan pagi? Nah, kamu bisa menyelipkan beberapa potong buah tin di dalam isian sandwich.


Di samping bisa dimakan segar dan dicampurkan dalam menu harian, manfaat buah tin juga bisa diserap lewat kue panggang dengan toping buah tin. Tetapi mana yang lebih tinggi kandungan nutrisi, buah tin kering atau segar?


Tanaman tin atau ara, merupakan keluarga tanaman murbei yang bisa tumbuh secara alami sebagian besar di negara-negara sekitar kawasan Mediterania. Tin ini sebenarnya bukan buah, tetapi adalah bunga dengan sekumpulan biji kecil di dalamnya. Nah, kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Rekomendasinya, pilih buah tin yang segar alih-alih buah kering yang diawetkan dengan banyak gula. Buah tin segar juga lebih banyak nutrisinya.


Itulah penjelasan tentang manfaat buah tin dan cara makan buah tin. Pada dasarnya, buah tin bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, kesehatan kulit, dan masalah reproduksi. Mengenai kesehatan kulit dan performa pria, jika kamu punya keluhan tentang keduanya, kamu dapat konsultasi secara online. Di klinik Diri, kamu bisa jalani treatment plan oleh dokter berpengalaman dan produk treatment yang diformulasikan oleh tim klinis profesional.

 

 

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/figs-benefits#benefits

https://healthymaster.in/blogs/blog/six-health-benefits-of-fig

https://www.livehealthily.com/nutrition/what-are-the-health-benefits-of-figs


banner-artikel
Tag:
tips
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.