GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Punya Sejuta Khasiat, Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Intan-15 Jun 2023
manfaat daun kelor

Sudah sejak dulu daun kelor dipercaya memiliki sejuta manfaat untuk memberantas berbagai masalah kesehatan. Makanya daun kelor masuk ke dalam jajaran tumbuhan apotik hidup atau obat herbal yang khasiatnya tidak main-main. Selain menjadi bahan obat, ternyata ada manfaat daun kelor lainnya, yakni bisa memaksimalkan kesehatan dan tampilan kulit. Benarkah demikian? Mari cari tahu jawaban lengkapnya melalui artikel berikut.



Apa Itu Daun Kelor?

Moringa oleifera atau yang awam disebut daun kelor adalah tumbuhan yang aslinya hidup di India bagian utara. Namun, saat ini daun kelor telah tersebar di berbagai negara. Untungnya daun kelor bisa hidup dengan baik di daerah beriklim hangat ataupun di daerah empat musim, sehingga mudah dibudidayakan di mana saja.


Pada zaman dulu orang-orang mengonsumsi tanaman kelor sebagai obat yang cukup mujarab. Menariknya, orang-orang zaman dulu memanfaatkan hampir semua bagian dari tanaman kelor. Tidak hanya daunnya saja, tetapi biji, bunga, bahkan sampai akarnya pun ikut dimanfaatkan. Sebab, daun kelor cukup ampuh mengobati segala jenis penyakit.


Memang apa saja penyakit yang bisa sembuh dengan terapi daun kelor? Sebut saja diabetes, inflamasi kecil di kulit, infeksi akibat pertumbuhan mikroorganisme, luka, sakit otot, dan masih banyak lagi.


Mengapa Daun Kelor Punya Banyak Manfaat?

Bukan hanya mitos dari nenek moyang saja, nyatanya daun kelor sudah terbukti secara saintifik memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit berkat kandungan nutrisi yang tinggi.


Disebut-sebut dalam tanaman kelor terdapat berbagai macam vitamin dan mineral penting. Beberapa di antaranya: vitamin C, potassium, kalsium, protein, zat besi, asam amino, magnesium, vitamin B6, vitamin A, antioksidan, vitamin B3, vitamin B1, folat, vitamin B2, zinc, dan phosphorus.


Fakta yang lebih mengejutkan lagi, kandungan vitamin C pada daun kelor disebut 7 kali lebih banyak dari buah jeruk. Selain itu, kandungan potasiumnya pun 15 kali lebih banyak dari buah pisang.

Tingginya kandungan nutrisi tersebut berhasil menjadikan daun kelor sebagai tumbuhan penuh gizi yang ampuh mengatasi macam-macam masalah kesehatan. Kira-kira apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Berikut daftarnya.


1. Menguatkan Imun

Imunitas yang lemah tentu membuat tubuh mudah terserang penyakit. Pada zaman dulu ketika sudah tidak enak badan, biasanya akan disarankan mengonsumsi daun kelor. Daun kelor memang sering jadi solusi untuk mengatasi tubuh yang drop berkat kandungan vitamin C yang tak kalah tinggi dengan buah jeruk. Dalam setiap 100 gram daun kelor, mengandung vitamin C tinggi yang bisa memenuhi 157% kebutuhan harianmu.


2. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan yang ada di dalam daun kelor juga terhitung sangat tinggi. Zat antioksidan seperti quercetin dan chlorogenic acid ini berguna memerangi radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel tubuh.


Kamu harus waspada pada radikal bebas, karena bisa membawa penyakit berat di kemudian hari. Antioksidan berperan mengatasi penyakit-penyakit berat seperti diabetes tipe 2, hipertensi, kolestrol, dan jantung kronis.


3. Menjaga Gula Darah

Menjaga gula darah agar tetap berada di batas normal tentu sangat penting. Jika tidak, kamu akan terkena penyakit diabetes dan jantung. Untungnya daun kelor mengandung banyak sekali antioksidan yang akan bekerja menurunkan dan menjaga gula darah. Antioksidan tersebut juga akan mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga aliran darah akan semakin lancar. Penyakit seperti hipertensi dan stroke pun akan terhindar.


4. Mengurangi Inflamasi

Ketika tubuh mengalami inflamasi artinya tubuh sedang merespon benda asing yang berbahaya. Meskipun inflamasi merupakan respon alami dari tubuh, tetapi tak bisa dipungkiri kehadiran inflamasi ini menimbulkan rasa kurang nyaman. Belum lagi jika ternyata inflamasi berlangsung cukup lama.


Kalau kamu mengalami hal seperti ini, kamu bisa mencoba mengkonsumsi daun kelor. Mengandung antioksidan dan macam-macam vitamin membuat daun kelor bisa mengurangi inflamasi dan mempercepat proses pemulihannya.


5. Melindungi Tubuh dari Racun

Selain air kelapa, daun kelor juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi tubuh dari racun, contohnya arsenik. Zat kimia satu ini cukup beracun dan bertebaran dengan bebas di sekitar kita, seperti asap knalpot, asap rokok, beras, atau makanan laut yang terkontaminasi.


Apabila tubuh menyerap jumlah arsenik terlalu banyak, tubuh akan keracunan dan kelak mengundang penyakit kanker serta jantung. Antioksidan yang ada di daun kelor, akan membantu tubuhmu menyaring racun-racun di lingkungan sehingga tubuh tetap sehat.


6. Bagus untuk Perawatan Rambut dan Kulit

Tidak hanya manjur untuk mengatasi masalah organ dalam, daun kelor juga bisa membantu merawat kesehatan rambut dan kulit. Kandungan protein, vitamin, antioksidan, dan mineral dalam daun kelor bisa menyuplai kebutuhan nutrisi kulit dan rambut.


Ketika semua nutrisi bisa tercukupi, pertumbuhan rambut dan tampilan kulit pun akan lebih bagus. Rambut akan semakin tebal, tidak mudah rontok, dan berkilau. Kemudian, kulit juga akan terasa lebih lembut, lembab, keriput halus memudar, dan semakin cerah.


Apakah Daun Kelor Punya Efek Samping?

Daun kelor sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja karena memang berasal dari tumbuhan alami. Namun, tetap harus berhati-hati jika kamu mungkin sensitif atau alergi dengan kandungan yang ada di daun kelor.


Kamu juga tidak boleh mengonsumsi bagian kulit pohonnya. Sebab di kulit pohon tersebut mengandung zat kimia yang dapat memicu kontraksi uterus. Kontraksi ini akan sangat berbahaya dialami oleh ibu hamil karena bisa berujung keguguran.


Demikian ulasan singkat tentang fakta dan manfaat daun kelor yang kamu harus tahu. Daun kelor terbukti menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak mengherankan jika tumbuhan satu ini jadi bahan obat herbal sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai masalah kesehatan serta merawat kulit.


Namun kalau keluhan kulit masih belum kunjung membaik, kamu bisa coba konsultasi gratis di Diricare. Cuma tiga langkah mudah, kamu akan langsung terhubung dengan dokter berpengalaman. Lalu kamu akan mendapat rekomendasi produk dari dokter sesuai dengan kondisi kulitmu. Yuk, mulai konsultasi di sini!


Sumber:

https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/health-benefits-moringa

https://pharmeasy.in/blog/16-health-benefits-of-moringa-leaves/

https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera#TOC_TITLE_HDR_8

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.