GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

9 Manfaat Totok Wajah untuk Dapatkan Kulit Glowing Tanpa Pori-Pori!

Ditinjau oleh: dr. Intan-20 Jan 2023
manfaat totok wajah untuk kulit

Totok wajah sudah ada sejak bertahun-tahun silam dan sudah terkenal sebagai salah satu pengobatan tradisional asal Tiongkok. Selain dapat merilekskan badan, totok wajah juga dipercaya bisa menjaga kebugaran tubuh serta menjaga kecantikan kulit wajah. Apakah benar begitu? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya melalui artikel berikut ini.



Apakah Totok Wajah Itu?

Totok wajah adalah salah satu terapi dengan metode akupuntur tradisional dan sering dijadikan pengobatan alternatif karena sifatnya yang masih sangat alami. Salah satu variasi pijat ini dipercaya mampu membuat tubuh kembali bugar serta menyembuhkan berbagai penyakit tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Menurut pandangan budaya kuno Tiongkok di bidang kesehatan, tubuh manusia memiliki beberapa titik khusus yang disebut dengan chi, tak terkecuali di area wajah. Titik tersebut memiliki ribuan syaraf yang dipercaya mampu memancarkan energi. Beberapa titik chi pada wajah inilah yang menjadi target pijat totok wajah.


Para fisioterapis totok wajah menyebut jika titik chi sedang terblokade atau pancaran energinya sedang tidak seimbang, tubuh jadi tidak bugar sehingga bisa jatuh sakit. Oleh karena itulah totok diperlukan untuk kembali menyeimbangkan energi chi supaya tubuh sehat dan kecantikan wajah kembali terpancar.


Bagaimana Cara Kerja Totok Wajah?

Di bawah titik chi terdapat banyak susunan otot, syaraf, tendon, dan tulang. Oleh karena itu, totok wajah wajib dilakukan secara hati-hati dan tidak bisa dilakukan sembarang orang. Bila sampai ada sedikit kesalahan bisa-bisa menimbulkan cedera. Lantas bagaimana cara totok wajah yang baik dan benar? Pertama, kamu tentu harus datang ke tempat yang memang dikhususkan untuk pijat totok wajah. Sebelum mulai proses pijat totok, kamu akan dipersilakan berbaring di atas dipan khusus pijat.


Lalu, ahli fisioterapis akan mulai menekan beberapa titik chi dengan jari, telapak tangan, atau siku mereka. Bahkan kadang-kadang mereka juga memakai bantuan alat khusus agar tekanan yang dibutuhkan bisa maksimal. Sesi totok wajah seringnya menghabiskan waktu sekitar satu jam, tetapi supaya hasilnya bisa maksimal, kamu perlu mengulangi pijat totok lagi beberapa kali sampai kondisi tubuh membaik dan bugar seperti sedia kala.


Manfaat Pijat Totok Wajah

Orang-orang senang melakukan totok wajah tentu bukan tanpa alasan. Mereka merasakan berbagai manfaat pada tubuh mereka setelah melakukan pijat. Kira-kira apa saja dampak positif totok wajah untukmu?


Setelah melakukan totok, umumnya orang-orang akan merasakan tubuh jadi lebih enteng, penuh energi, dan segar. Totok wajah yang menggunakan metode akupuntur ini memang bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan dan kesehatan tubuh melalui titik chi.


Pancaran energi akan dikendalikan oleh ahli fisioterapis supaya dapat membentengi energi negatif (yin) sehingga tak dapat masuk ke dalam tubuh. Di samping itu, energi positif (yang) juga turut dikelola. Keduanya pun bisa bersinergi dan menciptakan keseimbangan pada tubuh.


Selain mengatur pancaran energi yang keluar masuk di titik chi dan merilekskan tubuh yang lelah, totok wajah juga disinyalir dapat memberikan terapi pada pikiran, emosi, dan jiwa.

Para pasien meyakini mereka jadi lebih tenang setelah melakukan totok wajah karena praktisi fisioterapis berhasil mengalirkan energi (qi) pada mereka. Membuat mereka jadi lebih tenang, ringan, dan lega setelah sesi pijat selesai.


Kemudian, berikut ini adalah sembilan manfaat melakukan totok wajah secara rutin pada kulit. Apa sajakah?

  1. Mencerahkan kulit wajah.
  2. Mengurangi tumbuhnya jerawat.
  3. Mengecilkan tampilan pori.
  4. Mengurangi kerut halus dan keriput.
  5. Mengurangi wajah sembab dan bengkak.
  6. Memperkuat otot wajah.
  7. Mengurangi tekanan pada rahang sehingga sakit berkurang.
  8. Meningkatkan produksi kolagen.
  9. Memperhalus tekstur kulit.


Benarkah Totok Wajah Memiliki Efek Samping?

Masih belum ada fakta medis yang membuktikan bahwa totok wajah dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Meski tidak berbahaya dan banyak orang juga sudah memberikan testimoni positif, kamu harus tetap berhati-hati ketika hendak melakukan totok wajah.


Segelintir orang mengalami beberapa efek samping ringan setelah selesai totok wajah. Beberapa efek samping yang sering dialami orang-orang adalah sakit kepala atau pusing.

Kemudian, sebagian orang juga mengalami nyeri dan memar di area yang terkena tekanan dari terapis. Maka dari itu, sebaiknya jangan melakukan totok wajah jika kulitmu sedang mengalami iritasi, terdapat luka, atau bengkak.


Orang-orang yang sedang dalam masa kehamilan serta memiliki penyakit osteoporosis, hemofilia, diabetes, hipertensi, dan jantung juga tidak terlalu disarankan melakukan totok wajah dan perlu berkonsultasi sebelumnya ke dokter ahli.


Jangan lupa untuk memastikan kalau terapis yang kamu tuju memang sudah berpengalaman di bidangnya guna meminimalisir cedera, apalagi titik-titik yang akan ditekan mengandung jutaan saraf yang tentu akan berbahaya jika ditekan secara sembarang.  


Itu dia sekilas informasi mengenai totok wajah. Bila kamu tidak memiliki penyakit bawaan atau sedang hamil, tidak ada salahnya mencoba metode pijat satu ini. Namun kalau kamu mengalami efek samping dan tak kunjung sembuh, lebih baik langsung periksakan ke dokter terdekat. Dokter di klinik Diricare juga melayani berbagai keluhan kulit dan rambut tanpa dipungut biaya sepeserpun. Yuk, langsung daftarkan dirimu di sini!


Sumber:

https://aspireregenerativehealth.com/what-to-expect-during-facial-acupuncture/ https://www.webmd.com/balance/guide/acupressure-points-and-massage-treatment

https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-face#how-to-apply-pressure

https://www.alodokter.com/ini-manfaat-dan-bahaya-totok-wajah


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
anti aging
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.