GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Ampuh dan Nggak Bikin Rusak, Ikuti 10 Cara Meluruskan Rambut secara Alami

Ditinjau oleh dr. Intan -08 Feb 2023
cara meluruskan rambut secara alami

Mengubah gaya rambut dilakukan untuk membuat penampilan terlihat baru, termasuk mengubah rambut keriting menjadi lebih lurus. Namun, kebanyakan cara meluruskan rambut yang ditempuh memakai alat pemanas yang berisiko merusak rambut. Lantas, adakah cara meluruskan rambut secara alami dan membuat helai rambut tetap sehat? Tentu ada! Mau tahu bagaimana langkahnya, yuk ikuti penjelasan lengkapnya berikut.


Catok atau alat pelurus rambut umum dimiliki. Tujuannya agar meluruskan rambut bisa dilakukan di rumah. Tetapi perlu kamu tahu, memakai catok yang bersuhu panas enggak membuat rambut berkilau sempurna. Bahkan warna rambut bisa memerah dan kering. Oleh karena itu, sejumlah pakar merekomendasikan cara meluruskan rambut secara alami di bawah ini.


     1.  Membungkus rambut dengan kain satin

Cara meluruskan rambut secara alami yang pertama, bisa dengan mudah dilakukan. Kamu cukup membungkus rambut dengan syal berbahan satin. Caranya adalah bagi rambut menjadi empat bagian kemudian bungkus setiap bagian dengan syal lalu jepit dengan penjepit rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pegang rambut selanjutnya bawa ke sisi berlawanan dari arah kepala ke ujung rambut. Ulangi gerakan ini atau bungkus rambut ketika tidur agar rambut ikal lebih lurus dan rapi.


     2.  Mengeringkan rambut dengan benar

Setelah keramas, kamu harus mengeringkan rambut dengan teknik yang benar. Di samping bisa membuat rambut lekas kering, cara ini juga membantu meluruskan rambut secara alami. Seorang penata rambut, Jordan Lee, menyarankan untuk mengeringkan rambut dengan menepuk kepala, bukan menggosoknya karena menggosok rambut dengan handuk bisa membuat rambut kusut. Di samping itu, Lee juga merekomendasikan untuk memakai produk penghalus rambut. Terakhir, kamu bisa semprotkan minyak rambut untuk menghaluskan gelombang rambut.


     3.  Mengepang rambut

Untuk mengambil langkah ini, kamu perlu menyiapkan krim penata rambut. Pertama, cara meluruskan rambut bisa dilakukan dengan mengaplikasikan krim tersebut. Bagi rambut menjadi dua bagian dan kepang setiap bagiannya. Kepang jangan terlalu kencang ya, karena ini membantu menata keriting rambut lebih terurai dan lurus. Setelah diolesi krim lalu dikepang, lepaskan kepang saat rambut kering. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan tekstur rambut minim gelombang.


     4.  Keringkan dengan udara dingin

Cara meluruskan rambut secara alami dan tanpa pemanas, bisa dengan mengeringkan dengan udara dingin. Meskipun langkah ini tidak membuat rambut lurus permanen, setidaknya kamu bisa menatanya lebih rapi dan menyegarkan penampilanmu.


Pastikan keramas rambut sebelum menerapkan langkah ini kemudian keringkan rambut dengan handuk. Oleskan krim penata rambut untuk membantu rambut lebih halus dan mengurai rambut kusut lalu keringkan seperti biasa tetapi dengan udara dingin.


     5.  Gunakan minyak atsiri

Rambut dengan kelembapan yang baik, adalah kunci untuk bebas keriting. Jadi, kamu bisa mengaplikasikan produk perawatan rambut yang memakai bahan minyak atsiri. Minyak atsiri adalah minyak esensial terbuat dari tumbuhan beraroma.


Untuk menjaga rambutmu tetap sehat dan enggak rontok, kamu tetap perlu merawat rambut dengan tepat lho. Perlu rekomendasi untuk mengatasi kerontokan rambut? Konsultasikan secara gratis di klinik Diri dan mendapatkan treatment planning yang dibutuhkan rambutmu.


     6.  Tidur dengan rambut basah

Jika sulit membayangkan tidur dengan membungkus rambut atau mengenakan rol rambut, maka cara meluruskan rambut secara alami yang keenam ini perlu kamu terapkan. Caranya, ikat rambut yang masih basah. Selain mengikat rambut dengan model ekor kuda, lilitkan rambut di sekitar kuncir kuda serta kencangkan ikatan lalu ikat dengan rambut lainnya.


Nah, agar tidak berisiko membuat kepala pusing karena tidur dengan rambut basah, pakailah sarung bantal berbahan satin. Kain lembut, tipis, dan licin akan mengurangi gesekan pada rambut. Saat bangun tidur, kamu bisa melepaskannya dan melihat hasilnya.


     7.  Pakai masker rambut

Masker rambut berbahan alami, bisa membuat rambut lebih berkilau dan lurus. Untuk menerapkan cara meluruskan rambut secara alami ini, siapkan telur, madu manuka, dan alpukat. Telur mentah dan alpukat merupakan bahan yang mengandung protein tinggi. Ini membantu rambut keriting lebih lurus dan kamu bisa mencampurkan minyak almond untuk memperkuat rambut.


     8.  Menyemprotkan susu pada rambut

Susu dapat menutrisi rambut sehingga helainya kuat dan berkilau. Secara spesifik, susu mengandung banyak vitamin, kalsium, dan protein. Dengan menyemprotkan susu pada rambut, maka memperbaiki tekstur rambut dan membuatnya lebih halus.


     9.  Memakai masker rambut dari campuran air kelapa dan lemon

Perubahan tekstur rambut secara signifikan akan terlihat meskipun kamu baru pertama menerapkan cara meluruskan rambut secara alami ini. Masker merupakan campuran dari air perasan lemon dan air kelapa.


Air lemon membuat rambutmu halus seperti sutra. Selain itu, menutrisi kulit kepala karena kaya akan vitamin C. Sementara air kelapa menghidrasi rambut sehingga rambut ikal akan lebih mudah ditata. Cara membuat masker rambut berbahan alami ini, campurkan jus lemon dan air kelapa. Biarkan selama semalam, baru keesokan harinya oleskan pada rambut dari akar hingga ujung. Diamkan selama 30 menit, dan cuci menggunakan air dingin beserta sampo. Masker alami yang membantu meluruskan rambut ini, bisa dipakai seminggu sekali.


     10. Mencuci rambut dengan air beras

Cara meluruskan rambut secara alami ini, memanfaatkan air beras. Bukan tanpa alasan, air beras telah dipakai perempuan Cina dalam merawat rambutnya. Dalam air beras, terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan fenol. Kandungan tersebut bermanfaat merapikan tekstur rambut, membuat rambut lebih halus, serta berkilau.


Untuk mempermudah cara pemakaian, masukkan air beras dalam botol spray. Kamu bisa menyimpannya dalam lemari pendingin dan memakainya setiap kali rambut kering atau kusut. Setelah mengetahui berbagai cara meluruskan rambut secara alami di atas, adakah yang sudah pernah kamu coba? Penting untuk kamu terapkan, adalah menjaga rambut tetap sehat bagaimanapun teksturnya. Selain itu, jaga kulit kepala tetap sehat dan jauh dari ketombe. Tahu caranya menghilangkan ketombe yang membandel? Yuk, konsultasikan pada dokter berpengalaman di klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.byrdie.com/how-to-straighten-hair-without-heat 

https://www.healthline.com/health/how-to-get-straight-hair 

https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/everyday/permanent-hair-straightening-at-home

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
rambut lurus
gaya rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.