GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

10 Cara Memutihkan Leher Belakang Secara Alami

Ditinjau ole dr. Winda-07 Des 2023
10 Cara Memutihkan Leher Belakang Secara Alami

Warna leher yang menghitam pasti membuat kamu kehilangan percaya diri. Apalagi posisi leher yang berada di bawah kepala sangat mencolok dan membuat kita kurang nyaman apabila dilihat oleh orang lain. Biasanya, leher belakang adalah area yang paling umum untuk menghitam.


Kondisi leher yang menghitam dapat terjadi oleh beberapa penyebab, seperti kebersihan kulit leher yang kurang baik, dampak paparan sinar matahari terus menerus, iritasi akibat gesekan yang terjadi pada leher, obesitas, kulit kering, efek samping obat, hingga faktor genetik.cNah, leher yang menghitam ini bisa diatasi dengan beberapa cara alami. Nggak perlu mahal, yuk simak beberapa cara memutihkan leher, termasuk leher belakang, secara alami berikut ini.


1. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Namun, hindari penggunaan berlebihan karena asam sitrat dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Cara menggunakannya, kamu bisa peras jus dari sepotong lemon atau jeruk nipis. Gunakan kapas atau jari bersih untuk mengoleskan jus lemon pada kulit leher belakang. Hindari area yang teriritasi atau luka.


Gunakan hanya pada malam hari dan hindari paparan sinar matahari langsung setelah penggunaan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, larutan lemon dapat dicampur dengan air atau dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengurangi potensi iritasi.


2. Yogurt dan Madu

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu eksfoliasi ringan dan mencerahkan kulit. Madu memiliki sifat melembabkan dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan yogurt plain (tanpa tambahan gula) dengan madu alami. Oleskan campuran ini pada kulit leher belakang dan biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Tips tambahan, gunakan yogurt yang tanpa rasa atau pemanis tambahan. Pastikan juga untuk menghindari yogurt yang mengandung asam buah tambahan, karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.


3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat dan vitamin E yang dapat membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. Kamu cukup mengoleskan sedikit minyak kelapa pada kulit leher belakang dan pijat dengan lembut. Diamkan selama beberapa jam sebelum mandi atau membersihkan kulit.


Pastikan minyak kelapa yang digunakan adalah minyak kelapa murni dan organik. Hindari penggunaan berlebihan, karena minyak kelapa dapat terasa berat pada kulit jika digunakan dalam jumlah besar.


4. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencerahkan kulit. Haluskan tomat matang dan oleskan pada kulit leher belakang. Biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air. Untuk kulit sensitif, lakukan tes kecil terlebih dahulu pada area kecil untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.


5. Lidah Buaya

Gel lidah buaya terkenal dengan sifatnya yang bisa mencerahkan, melembutkan, dan menenangkan kulit. Bahan yang satu ini juga membantu mengurangi peradangan. Lidah buaya juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, sehingga membuatnya tetap cerah dan bersinar.


Untuk mencerahkan leher, ambil gel lidah buaya segar dan oleskan pada kulit leher belakang. Biarkan selama 20-30 menit sebelum membilasnya dengan air. Agar hasilnya maksimal, gunakan lidah buaya 3-4 kali seminggu. Pilih lidah buaya segar atau produk yang mengandung gel lidah buaya alami tanpa bahan tambahan yang berpotensi iritatif.


6. Eksfoliasi Kulit dengan Gula

Eksfoliasi gula dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, dan memberikan kulit yang lebih cerah. Cara menggunakannya, campurkan gula dengan sedikit air atau minyak zaitun untuk membuat scrub lembut. Gosokkan scrub ini pada kulit leher belakang dengan gerakan melingkar yang lembut, lalu bilas dengan air.


Namun, perlu diingat, jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering, karena bisa menyebabkan iritasi. Gunakan scrub dengan lembut dan hanya lakukan beberapa kali seminggu.


7. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang mengandung enzim papain, vitamin C, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu mencerahkan kulit. Meskipun pepaya memiliki sifat mencerahkan dan eksfoliasi yang ringan, hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada jenis kulit dan kondisi individu.


Untuk menggunakannya, haluskan sepotong pepaya matang yang sudah dipisahkan dengan bijinya. Gunakan garpu atau blender untuk menghaluskan potongan-potongan pepaya menjadi pasta halus. Oleskan pasta pepaya yang sudah dihaluskan pada kulit leher. Biarkan pasta pepaya mengering pada kulit selama sekitar 15-20 menit. Setelah pasta pepaya kering, bilas dengan air dingin hingga bersih.


Untuk hasil yang optimal, ulangi perawatan ini 1-2 kali seminggu. Jangan melakukan perawatan ini terlalu sering, karena enzim papain dalam pepaya dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif jika digunakan terlalu banyak.


8. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan membuat kulit lebih gelap. Pastikan kamu selalu melindungi kulit dengan pakaian pelindung dan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan untuk membantu mencegah masalah ini.


9. Perbanyak Air Putih

Air putih membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan kulit penampilan yang lebih segar. Usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan harian dengan minum 8 gelas sehari agar kulit tetap ternutrisi dengan baik dan tubuh juga lebih sehat.


10. Menurunkan Berat Badan

Salah satu penyebab paling umum dari leher gelap adalah acanthosis nigricans yang biasanya dialami oleh pengidap obesitas. Agar risiko ini bisa berkurang, kamu perlu melakukan penurunan berat badan. Hiduplah lebih sehat dengan mengelola asupan makanan dan olahraga rutin.


Itulah tadi beberapa cara memutihkan leher belakang secara alami yang bisa kamu lakukan. Untuk konsultasi lebih lanjut, konsultasikan langsung dengan dokter di Klinik Diri untuk evaluasi lebih lanjut dan saran pengobatan yang sesuai.

 

Sumber:

https://www.tokopedia.com/blog/cara-menghilangkan-leher-hitam-bty/?utm_source=google&utm_medium=organic

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/memutihkan-leher-hitam


Tag:
peremajaan kulit
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.