GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Bibir Sering Kering dan Mengelupas? Yuk, Ikuti Cara Mudah tapi Ampuh Ini!

DItinjau oleh dr. Winda -08 Mar 2023
Mengatasi bibir mudah kering dengan ampuh

Punya bibir yang gampang kering akan membuat rasa tak nyaman. Belum lagi jika bibir sampai pecah hingga berdarah, tentu rasanya akan sangat perih. Ada banyak kebiasaan, kondisi kesehatan, hingga faktor eksternal yang memicu bibir jadi kering. Memangnya apa saja? Yuk, cari tahu penyebab bibir kering dan cara mudah mencegahnya dalam artikel ini!



Penyebab Bibir Kering

Bibir adalah bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar sebaceous sehingga organ tubuh satu ini tidak punya kemampuan untuk melembabkan sendiri seperti area kulit lainnya. Makanya, bibir sangat mudah kering dan untuk mengatasinya perlu bantuan dari produk pelembab. Diri Care akan meringkas beberapa penyebab bibir kering yang mungkin tidak pernah kamu sadari dan berikut ini daftarnya.


1.  Dehidrasi

Dehidrasi artinya kondisi tubuh sedang kekurangan cairan. Dehidrasi bisa terjadi kalau kamu kurang minum, sedang puasa, atau berkeringat terlalu banyak. Ketika tubuh dehidrasi, tubuhmu akan memberikan sinyal berupa kulit kusam, tidak elastis, dan yang paling kelihatan adalah bibir kering sampai pecah-pecah.  Untuk menghindarinya kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan harian minimal delapan gelas perhari.


2. Sering Menjilat Bibir

Tanpa kamu sadari bibir kering bisa diakibatkan dari kebiasaan menjilat bibir. Mungkin kebiasaan ini timbul karena ingin membasahi bibir dan melembabkannya. Akan tetapi, justru kebiasaan inilah yang memicu bibir kering. Air ludah atau saliva akan membuat bibir kering karena menguap sangat cepat. Akibatnya bibir akan lebih kering dari sebelumnya.


3. Kurang Nutrisi

Ternyata kekurangan nutrisi bisa berdampak pada tampilan bibir yang pecah-pecah. Tubuh yang kekurangan zat besi, vitamin B, vitamin C, dan zinc bisa mengalami bibir kering. Keempat nutrisi tersebut berperan pada kesehatan kulit dan proses pembaruan sel. Jadi, ketika kamu tidak mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup, bibirmu akan mudah kering dan mengelupas.


4. Suhu Dingin

Cuaca dan suhu udara yang dingin juga menyebabkan bibir kering. Ketika suhu sedang dingin, udara akan cenderung sangat kering yang mengakibatkan hidrasi pada tubuh berkurang. Kelembaban pada kulit dan bibir pun mudah menguap. Kamu bisa mengantisipasinya dengan sering-sering mengaplikasikan lipbalm atau petroleum jelly ke bibirmu supaya tetap terhidrasi.


5. Terkena Sinar UV

Bukan cuma kulit, tetapi bibir juga bisa terdampak jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Sinar UV dapat membakar lapisan sehat pada bibir dan merusaknya. Efek samping dari kerusakan tersebut, bibir akan kering dan hidrasinya juga akan menguap. Solusinya kamu bisa memakai lipbalm ber-SPF ketika hendak beraktivitas outdoor. Lalu, usahakan untuk tidak memakai lipbalm berwarna karena malah akan membuat bibir cepat kering.


6. Memakai Produk Lipstick

Bagi kaum hawa ada kesenangan sendiri memakai produk lipstick beraneka warna. Lipstick akan mempercantik bibir dan membuat wajah nampak segar. Sayangnya pemakaian lipstick sering kali memberikan efek samping bibir jadi kering.


Terutama jika produk lipstick berjenis matte yang sifatnya kering, sehingga akan memperjelas garis bibir dan membuat bibir kering serta pecah-pecah. Nah, jika bibirmu tergolong mudah kering, lebih baik hindari memakai jenis lipstick matte dan beralihlah ke jenis glossy.


7. Aksesoris Bibir

Sebagian orang tidak takut bereksperimen fashion. Salah satu eksperimen fashion adalah memakai aksesoris tindik di area sekitar bibir. Apabila kamu tertarik memakai aksesoris bibir, pastikan jika kamu memilih gerai yang aman dan steril. Lalu, pastikan juga kamu tidak memiliki alergi terhadap bahan metal karena material aksesoris rata-rata berasal dari metal. Sebab, jika terjadi reaksi alergi, bibir akan gatal-gatal dan iritasi.  


Cara Mencegah Bibir Kering

Setelah mengetahui penyebab bibir kering, kamu pun perlu tahu cara mencegah bibir kering sesuai dengan anjuran para ahli agar keluhanmu tak kembali lagi.


1. Pilih Produk yang Tidak Mengiritasi

Kamu harus jeli melihat komposisi produk lipstick yang kamu gunakan. Hindari pemakaian lipstick yang mengandung parfum, menthol, champor, atau eucalyptus karena bisa menimbulkan iritasi. Efeknya akan muncul sensasi tingling dan terbakar di area bibir.


2. Aplikasikan Lip Serum Sebelum Tidur

Lip serum memiliki konsistensi yang tebal sehingga sangat melembabkan. Jika kamu mengaplikasikannya setiap sebelum tidur secara rutin, bibirmu akan terhidrasi cukup lama. Selain itu, ketika bangun tidur kamu akan merasakan bibir lebih cerah dan plumpy.


3. Pakai Lip Balm Ber-SPF

Pakailah lip balm ber-SPF tepat sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan. Walaupun langit sedang mendung, kamu tetap wajib melindungi bibirmu karena sinar UV tetap bisa menembus awan dan membakar permukaan bibir.


4.  Minum Air Putih Dalam Jumlah Cukup

Memastikan tubuh tetap terhidrasi adalah kunci mendapatkan bibir dan kulit yang sehat. Bibir tidak akan pecah-pecah jika kamu memenuhi asupan kebutuhan cairan harian, yakni minimal dua liter setiap hari.


5. Hentikan Kebiasaan Buruk Menggigit Bibir dan Mengelupas Kulit Bibir

Kamu mungkin sering menggigit bibir dan mengelupas kulit bibir yang kering karena sudah menjadi kebiasaan. Namun, kamu harus segera menghentikan kebiasaan buruk ini. Sebab, kebiasaanmu ini bisa memperparah kondisi bibir. Membuatnya jadi lebih kering dan bisa menyebabkan iritasi.


Itu dia ulasan singkat tentang penyebab dan cara mengatasi bibir kering yang bisa kamu terapkan di rumah. Tidak hanya wajah, bibir pun perlu kamu rawat dengan baik. Jangan lupa selalu menghidrasi tubuh baik dari luar maupun dalam. Diricare bisa membantumu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Yuk, mulai konsultasi dengan dokter berpengalaman sekarang dan dapatkan rekomendasi produknya!


Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/chapped-lips-vitamin-deficiency#other-causes

https://www.aad.org/news/how-to-prevent-and-treat-dry-chapped-lips

https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-chapped-lips#prevention


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
kulit kering
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.