GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Mengenal Karakteristik Sigma Male, Pria Mandiri yang Introvert!

TIm Penulis Diri-27 Jul 2023
Mengenal sigma male

 

Kepribadian kerap menjadi acuan dalam berbagai aspek. Terutama, kepribadian seseorang ingin dikenali dalam rangka menjalin hubungan atau komitmen tertentu. Nah, kamu pasti kenal dengan karakter pria berdasarkan sosio-seksual yang disebut dengan alpha male dan beta male. Yang terbaru, seorang penulis Theodore Robert Beale menyebut kepribadian pria sigma male. Apa itu sigma male dan bagaimana ciri-cirinya? Yuk, cek penjelasan lengkapnya.



Apa itu sigma male?

Sigma male berdasarkan kamus, ialah istilah yang dipakai untuk menyebut pria yang populer, sukses. Mereka sangat mandiri tetapi penyendiri sehingga Beale menyebutnya ‘serigala penyendiri’. Disebut sigma karena merujuk dari bahasa Yunani yang dipakai menyebut suatu tatanan sosial. Seperti pria alpha, pria beta, dan pria omega.


Sigma adalah huruf ke-18 dalam alfabet Yunani. Penulis Beale mulai menggunakan istilah ini sejak 2010 meski latar belakang dibalik penyebutan pria populer dan mandiri namun penyendiri ini tak bisa dipastikan. Merujuk dari pemakaian sigma, mereka memiliki karakteristik yang unik dan kontras. Pada satu sisi mereka mandiri dan sukses namun mereka kurang agresif serta introvert. Penasaran dengan karakter sigma male? Ini daftar lengkapnya.


Karakteristik Sigma Male

Di samping yang disebutkan di atas, seperti mandiri, populer, dan penyendiri, karakteristik sigma male sekilas sulit ditebak. Nah, biar kamu lebih kenal dengan pria yang punya karakteristik sigma male, simak penjelasan berikut ya.


1. Seorang petualang yang mandiri

Kalau kamu bertemu dengan sigma male, tampaknya akan heran tetapi menakjubkan. Pasalnya, mereka bisa memperbaiki masalah di rumah tetapi juga petualang. Seperti memperbaiki kran sebagai wujud kemandirian tetapi bisa juga memperbaiki hal lain tak terduga dengan tenang yang menggambarkan seorang petualang.


2. Introvert

Banyak ulasan mengenai sigma male dan alpha male. Pada satu sisi, kedua karakter ini memiliki kesamaan. Namun bedanya, kalau alpha male suka disorot sedangkan sigma male cenderung introvert.


Sigma male menghargai kesunyian yang tenang daripada kerumunan orang. Meskipun begitu, sigma male mudah masuk ke dalam kelompok sosial manapun. Kesunyian, dianggap sebagai waktu dan ruang tenang untuk merenungkan makna hidup.


3. Nyaman jadi diri sendiri

Sigma male tidak membutuhkan validasi atau penghargaan dari luar untuk merasa nyaman dengan diri sendiri. Mereka bisa sangat percaya diri tanpa pujian. Bukannya mereka tidak memiliki masalah. Seperti halnya manusia normal, tetapi mereka cukup senang dengan dirinya dan bisa menyelesaikan masalahnya secara mandiri.


4. Menginspirasi orang lain

Pria sigma tidak mengambil peran sebagai pemimpin seperti alpha male. Mereka cenderung bergerak dalam senyap tanpa menjadi pemimpin. Sigma male menginspirasi orang lain tanpa menyadari dan tak mencoba menjadi trendsetter.


5. Cerdas secara emosional

Banyak orang menganggap seorang penyendiri itu tidak peka dengan sekitarnya. Bahkan mereka dicap punya karakter dingin. Namun tidak bagi sigma male. Meskipun mereka penyendiri, sigma male juga cerdas secara emosional baik dalam lingkup personal maupun sosial.


Sigma male dapat menempatkan ruang sehingga pandai menengahi konflik. Secara intuitif, mereka mampu menenangkan kekacauan. Sementara alpha male mendominasi, kalau dengan pasangannya sigma male peka terhadap kebutuhan orang tercinta.


6. Menghindari komitmen

Manusia memang tak ada yang sempurna. Begitu pun dengan karakteristik sigma male yang enggak dengan mudah menjalin komitmen. Termasuk dalam komitmen percintaan, sigma male sangat selektif.


Sigma male cerdas secara emosional. Tetapi mereka menjaga hal-hal yang berarti dalam hidupnya, yaitu ruang dan kebebasannya. Makanya, mereka betul-betul pemilih dalam mencari pasangan. Pria sigma akan mencari pasangan yang sesuai dengan gaya hidupnya.


7. Misterius

Berjiwa petualang yang mandiri dan selektif dalam menjalin komitmen membangun anggapan orang tentang sigma male. Banyak orang menganggap pria sigma ini misterius. Apalagi ketika mereka membatasi waktu bersosial sebagai seorang introvert.


8. Pendengar yang baik

Pria alpha cenderung mendominasi percakapan sedangkan sigma male menyukai jadi pendengar yang baik. Mereka benar-benar dengan seksama mendengarkan beserta membaca yang tersirat. Seperti mengamati body language dan ekspresi lawan bicaranya.


9. Mudah beradaptasi

Karakteristik sigma male selanjutnya, mereka cukup mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi sosial. Bukan karena suka bersosialisasi tetapi karena kemampuannya jadi pendengar yang baik dan membaca situasi. Dengan begitu, mereka bisa mencari tahu siapa yang bisa diajak bergaul.


10. Sedikit teman tetapi betul-betul dijaga

Bagi sigma male, tak apa memiliki sedikit teman. Ini juga merupakan pilihan mereka sebagai orang yang mandiri sekaligus penyendiri. Meski sedikit, hubungan pertemanan tetap mereka jaga dengan baik.


Di samping sepuluh karakteristik sigma male yang disebutkan di atas, kamu juga perlu mengetahui bagaimana mereka membawa diri. Mereka tidak suka pamer atau ‘tampil’ di depan publik. Ditambah lagi, sigma male tidak agresif. Bukan berarti orang yang tidak kompetitif, mereka justru melihat kompetisi sebagai cara untuk membangun diri menjadi lebih baik.


Lebih menyenangkan lagi, mereka terbuka dan tidak suka menilai orang lain. Sigma male juga punya empati tinggi sehingga bukan orang yang egois meski kadang mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengembalikan energi.


Lebih penting lagi perlu dipahami mengenai karakteristik sigma male, ialah bagaimana pola pikirnya. Jangan salah, meski mereka adalah petualang, berpikir bebas, terbuka, dan misterius, diam-diam mereka memperhatikan secara detail. Ini membuat pria karakter sigma berpengatahuan luas dan pandai menyusun strategi untuk meraih kesuksesan.


Itulah ciri dan karakter sigma male. Apakah kamu termasuk? Atau sedang PDKT dengan pria yang memiliki karakteristik di atas? Nah, untuk membuat lebih percaya diri, mulailah untuk merawat diri. Paling terpercaya, mulai konsul ke dokter berpengalaman dan tim klinis di Klinik Diri untuk dapatkan treatment planning sesuai kebutuhanmu.

 

Sumber:

https://thetrulycharming.com/sigma-male/

https://www.dictionary.com/e/slang/sigma-male/

https://www.happierhuman.com/sigma-male-signs/

https://pediaa.com/what-is-the-difference-between-alpha-and-sigma-male/

Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.