GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Pipi, Bikin Wajahmu Mulus Kembali

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-01 Sep 2022
menghilangkan bruntusan di pipi

Jerawat yang muncul lebih dari satu secara bersamaan pada satu area kulit, dikenal dengan bruntusan atau disebut juga dengan breakout. Bruntusan, biasanya muncul pada area dahi atau garis rambut, pipi, dagu atau area tubuh lainnya yang banyak memiliki kelenjar minyak. Supaya mendapatkan arahan tepat dalam mengatasinya, kenali terlebih dahulu penyebab bruntusan di pipi atau area lain pada kulit wajah. Setelah itu, ikuti rekomendasi terbaik sebagai cara menghilangkan bruntusan di pipi dalam penjelasan lengkap berikut di bawah.


Penyebab bruntusan di pipi

Jika mengalami masalah pada kulit, pasti ada faktor yang melatarbelakangi. Seperti halnya penyebab bruntusan di pipi yang bisa memengaruhi kepercayaan dirimu. Lantas, apakah kamu pernah mengalami faktor di bawah ini yang mengundang jerawat muncul di pipi?


1. Gesekan pada kulit

Ketika kamu mengangkat telepon atau memakai helm yang tidak steril dan bergesekan dengan pipi, maka bisa menyebabkan munculnya bruntusan di pipi. Kondisi ini disebut jerawat mekanik, karena dipengaruhi hal eksternal.


2. Kebiasaan sehari-hari dan genetika

Penyebab bruntusan di pipi lebih sulit diidentifikasi daripada di area lain, khususnya zona T. Semua jenis jerawat yang tumbuh di area dahi, hidung, dan dagu, dikaitkan dengan perubahan hormon dan stres. Menurut dermatolog yang berbasis di Miami, Annie Gonzalez, MD., bruntusan pada pipi mungkin disebabkan genetika atau kebiasaan sehari-hari.


3. Cara merawat kulit yang buruk

Apakah kamu sering menyentuh wajah, menggunakan makeup tebal, dan tidak mencuci aplikator makeup secara berkala? Ini bisa memicu bruntusan di pipi, lho! Setiap orang memiliki kecenderungan kulit dan kelenjar keringat yang berbeda. Tetapi secara umum, perawatan kulit yang keliru serta efek samping lingkungan bisa membuat kulit rentan berjerawat. Ketiga penjelasan di atas, merupakan faktor umum yang menyebabkan bruntusan pada pipi. Kalau kamu melakukan kebiasaan buruk pada kulit ataupun memiliki faktor genetika pemicu bruntusan, cek penjelasan selanjutnya tentang bagaimana cara menghilangkan bruntusan di pipi.


Cara menghilangkan bruntusan di pipi

Sebelum bruntusan tumbuh, kamu perlu mengubah kebiasaan keliru dalam merawat kulit wajah. Perlu juga membiasakan gaya hidup yang berkontribusi mencegah bruntusan. Misalnya dengan membersihkan kuas makeup seminggu sekali, akhiri hari dengan mencuci muka, eksfoliasi sekali seminggu, dan memastikan kulit cukup terhidrasi. Nah, selanjutnya, setelah melakukan tindakan pencegahan, tetapi tetap mengalami bruntusan ada baiknya konsultasi pada tim dokter ahli yang berpengalaman di klinik Diri. Sebagai referensi atau acuan untuk menghilangkan bruntusan di pipi, simak penjelasan cara merawat kulit wajah berikut ini.


1. Pakai sabun muka yang bisa mengangkat bakteri dan sel kulit mati

Bakteri dan sebum jika tak terkontrol pada pipi yang sedang bruntusan, akan membuat kondisi kulit tak segera membaik. Paling direkomendasikan untuk menghilangkan bruntusan di pipi, ialah dengan rutin membasuh wajah dengan sabun muka yang mampu mengangkat bakteri dan sel kulit mati dua kali dalam sehari. Umumnya, skincare yang menghilangkan jerawat, mengandung bahan aktif benzoil peroksida. Bahan aktif ini juga berkontribusi mengontrol produksi sebum. Sabun wajah di klinik Diri, Custom Acne Facial Wash, mengandung bahan yang bermanfaat untuk mengatasi bruntusan di pipimu. Termasuk mengandung benzoil peroksida yang nantinya akan diformulasikan secara klinis dan disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Penting untuk kamu ketahui, skincare dengan formulasi anti jerawat, akan bekerja minimal dalam 4 minggu, dilansir American Academy of Dermatology Association. Artinya, cara menghilangkan bruntusan di pipi dengan memakai skincare anti jerawat, tak boleh gonta-ganti produk ya!. Karena kamu baru bisa melihat hasil kerja skincare setelah 4-6 minggu rutin memakainya sesuai anjuran pemakaian. Kalau gonta-ganti produk, alih-alih mengharapkan bruntusan hilang seketika. Ini justru akan membuat kulit rentan mengalami iritasi.


2. Mengaplikasikan serum mengandung BHA atau asam salisilat

Asam beta hidroksi atau beta hydroxy acid (BHA), adalah bahan aktif yang mampu masuk ke dalam folikel kulit. Tujuannya membantu mengontrol produksi sebum dan eksfoliasi. Dengan begitu, sebum dalam pori-pori akan dibersihkan. Kalau kamu memakai Custom Acne Spot Serum pada malam hari, ini bisa membantu menghilangkan bruntusan pada pipi. Produk serum yang ampuh yang mengatasi jerawat ini, selain mengandung BHA, juga memformulasikan clindamicyn untuk mengurangi populasi bakteria penyebab jerawat meradang. Ingin menghalau bruntusan? Cobalah konsultasikan secara gratis pada dokter berpengalaman di klinik Diri.


3. Merawat wajah secara lembut

Keinginan untuk memegang atau menggosok wajah ketika mengaplikasikan skincare, bisa memperburuk pipi yang bruntusan. Sebab, kulit akan rentan iritasi jika tak memperlakukannya secara lembut. Jadi kamu perlu menghindari memegang wajah supaya bruntusan tak semakin parah ataupun pecah.


4. Gunakan produk skincare yang tidak menyebabkan jerawat

Merek skincare selalu melabelkan informasi tentang produknya. Produk yang diberi label ‘tidak menyumbat pori-pori’, ‘non-comedogenic’, ‘non-acnegenic’, dan ‘bebas minyak’, perlu kamu pilih sebagai skincare rutinmu sehari-hari. Tetapi karena tidak setiap orang punya kondisi kulit yang sama, kadang dengan memakai produk berlabel anti jerawat justru akan mengundang bruntusan. Oleh karena itu, kamu perlu mencoba-coba mana yang paling cocok dengan kulitmu.


5. Melakukan perawatan kulit alternatif

Apakah kamu lebih menyukai perawatan alami atau clean beauty? Ada kok cara menghilangkan bruntusan di pipi secara alami. Dengan teh hijau, misalnya, yang berdasarkan penelitian tahun 2016 dapat membantu mengatasi jenis jerawat ringan hingga sedang. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa mengaplikasikan teh hijau secara topikal dapat mengurangi jerawat meradang selama periode 8 minggu.

Manfaat teh hijau untuk kulit, antara lain anti inflamasi, antioksidan, dan anti mikroba. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai cara alternatif menghilangkan bruntusan.

Itulah cara menghilangkan bruntusan di pipi. Karena banyak pilihan, kamu wajib memilih cara mana yang paling tepat dan efektif mengatasi keluhan ini. Apabila kamu suka solusi yang pasti dan terpercaya secara klinis, konsultasikan cara mengatasi semua jenis jerawat pada dokter berpengalaman di klinik Diri .



Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325971#_noHeaderPrefixedContent

https://www.byrdie.com/acne-on-cheeks-5084843

https://www.aad.org/public/diseases/acne/diy/wont-clear

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-remove-pimples-overnight#alternatives

Tag:
skincare
solusi
tekstur kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.