GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Mengenal Cara Tepat Menggunakan dan Membersihkan Beauty Blender

Tim Penulis Diri -06 Nov 2022
tips menggunakan & membersikan beauty blender

Tanpa disadari, peralatan makeup bisa jadi rumah bakteri yang menjadi alasan penting kenapa kamu wajib membersihkannya secara rutin. Salah satu alat mengaplikasikan makeup adalah beauty blender, selain ada juga brush atau kuas makeup. Kalau beauty blender enggak dibersihkan, jerawat dan iritasi akan rentan dialami. Lantas apa itu beauty blender serta cara menggunakan dan membersihkannya? Yuk, ikuti penjelasan selanjutnya.


Beauty blender adalah aplikator makeup yang berbuat dari spons dan umumnya didesain oval dengan salah satu ujungnya lebih runcing. Meskipun tidak setiap hari dipakai, spons untuk mengoleskan riasan ini bisa menumpuk kotoran. Makanya kamu perlu tahu cara tepat dalam membersihkan beauty blender. Selain mengetahui cara membersihkan, cek juga tips dalam menggunakan beauty blender dalam penjelasan di bawah ini.


Cara menggunakan beauty blender

Teknologi menawarkan bahan beauty blender yang mudah digunakan. Menurut rekomendasi makeup artist, berikut cara tepat menggunakan alat tersebut.


Memakai alas bedak yang lembut untuk kulit wajahmu

Karena beauty blender hanya sebuah alat, maka hasil maksimal akan berkaitan dengan kualitas makeup yang kamu pakai. Untuk mendapatkan kesan bercahaya dan tidak cakey, pilih alas bedak yang ringan dan lembut untuk kulitmu. Selain itu, pilih juga yang bebas silikon sehingga membuat kulitmu terlihat lebih dewy.

Untuk pilihan alas bedak, saat ini banyak sekali jenisnya. Kamu bisa memakai alas bedak liquid atau cair, atau BB dan CC krim. Jadi, mana yang terbaik untuk kulitmu? Kalau kamu merasa bimbang mana yang cocok dan terpercaya, konsultasikan di klinik Diri. Dokter kulit berpengalaman bersama tim klinis akan memberi rekomendasi perihal perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulitmu.


Menggunakan beauty blender dalam keadaan lembap

Beauty blender harus digunakan dalam keadaan lembab. Ketika lembab, ukuran spons membesar. Aplikator yang lebih besar, akan lebih memudahkan dalam mengontrolnya.


Peras air yang berlebihan

Keadaan lembab bukan berarti basah. Ketika menggunakan beauty blender, peras dahulu air yang berlebihan. Atau cukup basahi bagian bawah dan jangan sampai air masih menetes. Tips lebih cepat dalam menggunakan alat ini, kamu perlu memiliki lebih dari satu agar bisa dipakai bergantian.


Jangan menyeret beauty blender pada kulit

Cara menggunakan beauty blender yang tepat bukan dengan menyeret ketika mengaplikasikan alas bedak. Direkomendasikan dengan menepuk lembut dengan sedikit pantulan agar blending lebih mulus. Pakai bagian ujung saja atau alasnya yang lebih lebar penampangnya untuk mempermudah mengaplikasikan.


 Kenali fungsi penampang beauty blender

Beauty blender didesain berpenampang seperti tetesan air. Bagian pangkal lebih lebar dan ujungnya runcing. Penampang yang lebih lebar, dipakai untuk blending di area wajah yang lebih luas, seperti pipi, dagu, dan dahi. Sedangkan bagian yang runcing, dirancang untuk menutupi noda. Atau membaur alas bedak di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti sekitar hidung dan mulut.

Apakah beauty blender bisa untuk mengaplikasikan riasan lainnya selain alas bedak? Bisa, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow, blush on, dan lipstik dengan aksen monokromatik. Beauty blender perlu ganti yang baru setelah tiga bulan dipakai secara rutin. Nah selama waktu pemakaian, kamu wajib membersihkannya agar tidak menjadi rumah bakteri penyebab iritasi, jerawat, dan peradangan. Caranya? Yuk, ikuti tips berikut ini.


Cara membersihkan beauty blender

Sejumlah produk beauty blender mengklaim anti mikroba. Tetapi, bukan berarti spons aplikator makeup bisa membersihkan dirinya sendiri. Biar nggak beresiko buruk pada kulitmu, yuk bersihkan dengan cara di bawah ini.


Cuci dan gosok dengan permukaan yang lembut

Membersihkan spons riasan, bisa dengan menggosok pada permukaan yang lembut. Kamu enggak perlu menggosoknya kuat-kuat karena bisa merusaknya. Biasanya, permukaan halus yang direkomendasikan berupa bantalan silikon yang bertekstur.

Cara mencuci dan menggosok beauty blender, langkah pertama, basahi spons dan pakai sabun batang untuk membantu mengangkat kotoran yang menempel. Gosokkan dengan lembut pada permukaan bertekstur, kemudian bilas hingga bersih.

Cara mengeringkan beauty blender, letakkan di tempat terbuka yang sejuk. Tetapi jangan sampai terpapar matahari langsung. Hindari tergeletak di tempat yang tertutup karena menyebabkan jamur berkembang.


Cuci dengan pembersih cair

Dengan urutan yang sama, kamu bisa mencuci beauty blender menggunakan pembersih cair. Baik pembersih cair, sabun cair, atau sabun batangan, bisa dipakai untuk membersihkan spons. Saat membilasnya, lakukan hingga bersih agar tak ada sisa-sisa makeup yang masih menempel.

Perhatikan sabun yang kamu pilih untuk mencuci beauty blender ya. Karena kebanyakan sabun bisa membuat spons mengeras dan kering. Jadi, jangan lakukan pembersihan dengan cara kedua ini terlalu sering agar spons tidak rusak.


Merendam beauty blender

Cara membersihkan beauty blender selanjutnya memadukan dua langkah di atas. Pertama, kamu perlu merendam spons dalam campuran air dan sabun pembersih. Kedua, gosok dengan lembut menggunakan sabun batangan untuk menghilangkan seluruh noda yang masih menempel. Begini urutan setiap langkahnya:

  1. Teteskan beberapa tetes cairan pembersih dalam mangkuk kecil berisi air. Celupkan dan peras spons kotor ke dalam mangkuk. Kemudian, rendam di dalamnya selama lima menit.
  2. Setelah direndam, gosokkan pada permukaan sabun batangan sampai berbusa. Lalu gunakan jari untuk memijat spons agar noda-nodanya luruh.
  3. Ketika sudah bersih, bilas di bawah air mengalir hingga tak busa atau sisa sabun dalam spons.

Terakhir, keringkan dengan meletakkan di tempat sejuk tanpa terpapar panas matahari langsung. Bisa juga meletakkan di dalam ruangan asalkan mendapatkan sirkulasi yang baik.


Membersihkan beauty blender dengan microwave

Beauty blender bisa juga dibersihkan dari bakteri dengan memanfaatkan alat pemanas yang ada di rumah. Kamu bisa memakai microwave dengan cara tertentu. Mau coba cara ini untuk mencuci spons riasan? Pertama, buat campuran air sabun dan basahi dulu beauty blender. Kemudian masukkan spons ke dalam mangkuk berisi air sabun. Pastikan air sabun cukup untuk menutupi spons sepenuhnya.


Selanjutnya, masukkan mangkuk ke dalam microwave sekitar satu menit. Diamkan hingga dingin kurang lebih selama 30 menit, dan bilas beauty blender di bawah air mengalir hingga bersih. Jangan lupa mengeringkan beauty blender di tempat yang sejuk ya.


Keempat cara di atas, adakah yang sering kamu praktikkan dalam membersihkan beauty blender? Penting banget untuk diingat, setidaknya cuci alat untuk mengaplikasikan riasan ini seminggu sekali. Selain beauty blender, kamu juga perlu membersihkan secara rutin aplikator kosmetik lainnya, misalnya brush. Rekomendasi terakhir buat kamu, mulailah merawat diri sesuai kebutuhanmu dan jika memiliki keluhan pada kulit, konsultasikan pada dokter kulit berpengalaman di klinik Diri.


Sumber:

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a19634312/beauty-blender-sponge-microwave-cleaning/

https://www.byrdie.com/how-to-use-a-beauty-blender

https://www.wellandgood.com/how-to-clean-your-beauty-blender/


Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.