GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Pipi, Bantu Kulit Wajahmu Glowing Lagi

Ditinjau oleh dr. Elita M-27 Sep 2022
menghilangkan jerawat pipi

Jerawat tumbuh pada bagian wajah, dari dahi, hidung, hingga pipi. Bahkan jerawat hormonal umumnya tumbuh di dagu. Meski hampir setiap orang mengalami jerawat, ternyata tak banyak yang mengetahui bahwa setelah jerawat sembuh akan menyisakan bekas. Perlu kamu ketahui, terdapat beberapa jenis bekas jerawat, mulai dari cekungan kecil bekas luka hingga hiperpigmentasi. Sudah tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat di pipi dan area lain pada wajah? Cek penjelasan berikut ini.


Jenis bekas luka jerawat

Perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat, harus disesuaikan dengan seberapa parah bekasnya. Oleh karena itu, perhatikan uraian detail mengenai bagaimana saja jenis bekas jerawat.


Bekas luka atrofi

Bekas luka atrofi berbentuk lekukan kecil di kulit. Meskipun terlihat kecil, tetapi cara menghilangkannya membutuhkan perawatan rutin.


Bekas luka tusuk es

Bekas luka ice-pick atau tusuk es hanya kecil dan dalam seukuran peniti, tetapi memengaruhi tekstur kulit wajahmu. Terutama jika bekas jerawat terletak di pipi.


Bekas luka boxcar

Berbeda dengan kedua jenis luka bekas jerawat di atas, bekas luka boxcar ukurannya besar. Tepian bekas luka jerawat ini juga terlihat jelas sehingga membutuhkan langkah tepat untuk menghilangkannya. Selain boxcar, bekas jerawat juga bisa menyisakan gelombang atau tampilan kulit yang menggulung. Ini terjadi karena kulit tidak membuat cukup fibroblas dalam proses penyembuhan. Perlu kamu ketahui, bahwa fibroblast adalah sel yang berperan penting dalam menyembuhkan luka dan memproduksi kolagen.

Nah, kalau kulit memproduksi terlalu banyak fibroblast saat penyembuhan, bisa juga menyisakan bekas luka lho. Bentuk bekas lukanya lebar dan terlihat seperti bekas kulit mengelupas.


Bekas luka keloid

Keloid bentuknya mirip seperti hipertrofik, tetapi cenderung lebih tebal dan melebar. Pada luka bekas jerawat yang ini, sering terjadi hiperpigmentasi atau kulit berwarna lebih gelap. Faktor penyebab jerawat hitam di pipi, ternyata enggak hanya karena proses penyembuhan jerawat yang enggak optimal. Tetapi juga dipengaruhi oleh paparan sinar matahari ketika proses penyembuhan, karena inflamasi, atau bisa juga dipengaruhi kondisi genetik. Apakah dari jenis bekas luka jerawat di atas, ada yang kamu alami? Kalau kamu mengalami salah satunya, yuk ikuti cara menghilangkan bekas jerawat di pipi ataupun area lain pada wajah.


Cara menghilangkan bekas jerawat

Menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Pertama, kamu bisa meracik bahan alami dan mengaplikasikannya di rumah. Kedua, memakai skincare yang dibeli bebas atau didapatkan atas rekomendasi dokter berpengalaman dan terakhir, dengan treatment yang dilakukan oleh profesional. Berikut secara terperinci langkah yang bisa kamu ambil untuk menghilangkan bekas luka jerawat.


Microneedling

Cara menghilangkan bekas jerawat di pipi dan sekitar kulit wajah lainnya, harus dilakukan oleh seorang profesional. Untuk menghilangkan jaringan parut, microneedling dan mikrodermabrasi mungkin yang terbaik. Teknik microneedling dilakukan menggunakan jarum kecil untuk membuat tusukan mikro di kulit dan mendorong pembaruan sel, meningkatkan produksi kolagen serta elastin lebih banyak. Perawatan oleh profesional ini, bisa dilakukan untuk mengatasi jenis bekas jerawat yang terlihat jelas. Seperti jaringan parut, ice-pick, boxcar, dan atrofi. Selain microneedling dan microdermabrasi, ahli kecantikan juga menawarkan perawatan dengan laser untuk membantu tekstur kulit wajah mulus kembali.


Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Bekas luka jerawat yang tidak parah, seperti hiperpigmentasi ringan, nantinya akan hilang sendiri seiring waktu. Namun, ini cukup berisiko kalau hanya membiarkan tanpa perawatan. Setidaknya, kamu bisa mengambil langkah sederhana dalam mengatasi bekas jerawat. Seperti dengan memanfaatkan bahan alami yang dipercaya dapat memudarkan area gelap bekas jerawat. Apa saja bahan alami yang kerap dipakai untuk membuat kulit wajah semakin glowing? Madu dapat membantu penyembuhan luka dan mengurangi jaringan parut. Selain madu, kamu bisa mengaplikasikan gel aloe vera, black seed oil, ataupun rosehip oil.


Eksfoliasi

Laser dan mikrodermabrasi, juga merupakan metode pengelupasan. Tetapi dua cara menghilangkan bekas jerawat di pipi dan sekitarnya ini harus dilakukan oleh dokter ahli atau profesional kecantikan. Untuk mengambil langkah eksfoliasi di rumah, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif kimia tertentu. Skincare dengan vitamin C, dapat membantu mencerahkan kembali kulitmu setelah membekas hitam karena peradangan jerawat. Mau tahu skincare apa yang mengandung vitamin C dan formulasi lengkap untuk bantu menghilangkan flek hitam? Custom Dark Spot Night Cream merupakan skincare dari klinik Diri. Formulasinya dibuat oleh tim ahli yang berpengalaman dan mengandung bahan aktif memudarkan hiperpigmentasi serta menjaga kulit wajah tetap lembap.


Rutin memakai toner dengan kandungan AHA

Tahukah kamu, setelah mencuci muka perlu dilengkapi dengan pemakaian toner agar kulit wajah bersih maksimal. Untuk mengatasi bekas jerawatmu, kamu bisa konsultasikan secara gratis ke dokter berpengalaman dan tim ahli klinik Diri. Tim akan memberikan rekomendasi tak hanya sesuai keluhanmu, tetapi juga kondisi kulitmu. Artinya tak perlu takut kalau jenis kulitmu sensitif, sebab rekomendasi bersifat personalized. Cara menghilangkan bekas jerawat di pipi dan area sekitar wajah lainnya, ialah dengan rutin memakai toner dengan formula asam alfa-hidroksi (AHA). Custom Toner mengandung AHA dan niacinamide. AHA berfungsi mengangkat sel kulit mati dan memudarkan noda bekas jerawat. Sedangkan niacinamide, bersifat anti inflamasi sehingga cocok untuk kulit sensitif.


Pakai sunscreen dengan perlindungan optimal

Melindungi kulit dari paparan sinar UV penting dilakukan setiap kamu beraktivitas di luar ruangan, terutama saat pagi hingga sore hari. Hiperpigmentasi bekas jerawat, bisa lebih parah apabila tidak mendapatkan perlindungan optimal. Oleh karena itu, pakai sunscreen atau tabir surya setiap pagi sebelum beraktivitas ya.

Itulah penjelasan mengenai jenis serta cara menghilangkan bekas jerawat di pipi dan area lainnya pada wajah. Dari cara di atas, mana yang paling mungkin membantu kulit wajahmu kembali mulus dan glowing? Untuk mendapatkan rekomendasi dan skincare yang tepat, konsultasikan keluhanmu ke klinik Diri (Link: https://diricare.com/) yuk!



Sumber:

https://www.vogue.com/article/how-to-get-rid-of-acne-scars

https://www.harpersbazaar.com/uk/beauty/skincare/a28504870/how-to-get-rid-of-acne-scars/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784


Tag:
solusi
tips
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.