GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Kena Luka Bakar Knalpot? Berikut Cara Menyembuhkannya yang Tepat

Ditinjau oleh dr. Winda-24 Mei 2023
menyembuhkan luka bakar knalpot

Luka bakar bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya terkena knalpot. Luka bakar akibat terkena knalpot, kerap kali memusingkan orang, karena berpotensi membekas di kulit. Lalu, bagaimana ya cara menyembuhkan luka bakar knalpot yang tepat, serta menghilangkan bekasnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Mengenal Luka Bakar 

Luka bakar adalah luka yang diakibatkan oleh panas, bisa berasal dari api, listrik, atau bahan kimia. Luka bakar dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. Bahkan, berpotensi membekas di kulit. Tingkat keparahan luka bakar dibagi menjadi tiga kategori (derajat), mulai dari ringan, sedang, hingga berat. 


Berikut jenis-jenis derajat luka bakar, disertai penyebab, ciri-ciri, dan pertolongan pertamanya:


Jenis-Jenis Derajat Luka Bakar

Luka Bakar Derajat 1 (Superficial Burn) 

Luka bakar derajat 1 adalah luka bakar yang paling ringan di antara jenis luka bakar lainnya. Kerusakannya di kulit tidak begitu parah karena hanya mengenai lapisan terluar kulit (epidermis) saja. 


Biasanya, luka bakar derajat 1 disebabkan oleh terkena sinar matahari berlebih, dengan tingkat yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Dan dapat sembuh tanpa memerlukan penanganan intensif.


Luka bakar derajat 1, akan menimbulkan rasa nyeri, kulit kemerahan, bengkak ringan, serta menimbulkan lepuhan bening yang berisi cairan plasma. Pertolongan pertama pada luka bakar jenis ini, dapat dilakukan dengan merendamnya menggunakan air dingin (bukan air es) selama kurang lebih 5 menit, mengoleskan salep, dan minum paracetamol untuk meredakan nyeri.


Luka Bakar Derajat 2 (Superficial Partial-thickness Burn)  

Selanjutnya, luka bakar derajat 2 adalah luka bakar dengan tingkatan sedang. Luka bakar ini disebabkan karena kulit bersentuhan sebentar dengan benda panas. Jadi, panasnya akan masuk ke jaringan kulit lebih dalam dan menimbulkan rasa nyeri.


Contoh luka bakar derajat 2 adalah luka bakar knalpot. Biasanya, efek yang ditimbulkan, antara lain kulit timbul bercak merah disertai rasa perih, muncul lepuhan, area luka nampak basah dan mengkilap, serta di beberapa kondisi, tumbuh jaringan parut seperti keloid yang mengandung nanah.


Pertolongan pertama pada luka bakar derajat 2 tidak boleh asal dan sembarangan, ya. Kamu bisa mengalirkan air dingin (bukan air es) ke area luka sekitar 15 menit, mengkonsumsi obat pereda nyeri, dan mengoleskan salep antibiotik apabila kulit melepuh.


Luka Bakar Derajat 3 (Full-thickness Burn)

Luka bakar derajat 3 adalah luka bakar yang paling parah tingkatannya. Kerusakan yang diakibatkan oleh luka bakar derajat 3 telah mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis kulit, bahkan bisa lebih dalam lagi. Luka bakar jenis ini juga lebih berisiko menimbulkan komplikasi, seperti syok, infeksi, kehilangan darah, hingga kematian.


Luka bakar derajat 3 disebabkan oleh api yang membakar tubuh. Korban luka bakar harus mendapatkan pertolongan pertama secepat mungkin. Segera larikan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat untuk meminimalisir efek yang ditimbulkan. 


Cara Menyembuhkan Luka Bakar Knalpot

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, luka bakar knalpot termasuk jenis luka bakar derajat 2, atau luka bakar sedang. Panasnya akan menembus ke beberapa lapisan kulit dalam, sehingga menyebabkan nyeri, sakit, bengkak, dan kulit melepuh.


Meskipun tidak membutuhkan operasi bedah, penanganan luka bakar jenis ini harus tepat, agar tidak menimbulkan efek untuk jangka panjang. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama luka bakar knalpot:


1. Alirkan dengan Air Dingin

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah muncul luka bakar knalpot adalah mengalirkan air dingin di area kulit yang terdampak. Ingat, jangan pakai air es, ya! Bisa juga gunakan air biasa/air suhu ruang. Aliri sekitar 15-20 menit. 


Air dapat mencegah panas masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam lagi. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi. Setelah itu, bersihkan area luka dengan antiseptik, lalu bilas.


2. Oleskan Salep Luka Bakar

Kemudian, kamu bisa mengolesi area luka dengan salep khusus luka bakar yang bertujuan untuk membantu regenerasi kulit. Salep liposin adalah salep berisi kombinasi 3 antibiotik dan anestesi/pereda nyeri lokal (bacitracin, neomycin sulfate, polymyxin B, sulfate, dan lidocaine). Penggunaan salep ini aman selama berada dalam resep dan pengawasan dokter. 


3. Balut dengan Kasa Steril

Selanjutnya, untuk menghindari luka bakar dari gesekan dan paparan sinar matahari, kamu bisa membalutnya dengan kain atau kasa steril yang anti lengket. Lakukan perawatan minimal sehari dua kali sampai luka membaik.


Nah, selain pertolongan pertama di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan agar luka bakar knalpot tidak berbekas di kulit. Misalnya, lindungi area yang terbakar dengan tabir surya (sunscreen), serta lakukan peregangan di area sekitar luka selama beberapa menit setiap harinya untuk mencegah kekakuan jaringan.


Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Luka Bakar Knalpot  

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa cara untuk menangani luka bakar knalpot. Salah satu yang paling sering disarankan adalah mengoleskannya dengan pasta gigi/odol. Namun, ternyata cara tersebut salah, loh! Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada luka bakar knalpot:


1. Mengoleskan Pasta Gigi/Odol pada Luka Bakar

Beberapa masyarakat Indonesia meyakini, salah satu cara mengatasi luka bakar knalpot, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi/odol. Padahal, cara tersebut salah dan tidak boleh dilakukan, ya. Membalurkan luka bakar menggunakan pasta gigi justru dapat memperparah luka. Hal ini karena pasta gigi mengandung kalsium dan mint yang berisiko memperluas infeksi.


2. Mengompres Luka Bakar dengan Es Batu

Banyak juga yang beranggapan kalau mengompres luka bakar menggunakan es batu dapat meredakan nyeri dan mendinginkan panas di kulit. Ternyata, ini juga kurang tepat, ya! Suhu es batu yang dingin (sekitar 0 sampai -4oC) berisiko membuat aliran darah terhenti. Akibatnya, tubuh bisa terkena radang dingin (frostbite) dan kerusakan kulit.


3. Jangan Menusuk Lepuhan Luka Bakar 

Luka bakar knalpot biasanya akan menimbulkan lepuhan yang berisi cairan di kulit. Nah, jika itu terjadi, kamu tidak diperbolehkan untuk menusuk atau memecahkan lepuhan tersebut, ya. Hal ini dapat berisiko terkena infeksi. Tunggu sampai lepuhan itu pecah dengan sendirinya. Setelah kering, kamu bisa bersihkan kulit mati yang muncul dari luka tersebut.


Demikian informasi mengenai jenis-jenis luka bakar, serta cara menyembuhkan luka bakar knalpot yang tepat. Semoga artikel ini bisa mengedukasi kamu, sehingga tidak panik atau merasa bingung saat ada korban luka bakar, ya. Jika kamu membutuhkan tips dan trik lain seputar kesehatan, mulai konsul dengan dokter berpengalaman untuk mendapatkan informasi lebih lanjut! 


Referensi:

Mengetahui Derajat Luka Bakar dan Cara Penanganannya [Daring]. Tautan: https://bunda.co.id/artikel/kesehatan/cedera/mengetahui-derajat-luka-bakar-dan-cara-penanganannya/ 

Jangan Lakukan Ini pada Luka Bakar Knalpot atau Setrika [Daring]. Tautan: https://hellosehat.com/hidup-sehat/pertolongan-pertama/luka-bakar-knalpot-atau-setrika/ 

Permana, B. 2022. 7 Obat Luka Bakar Knalpot yang Ampuh dan Menghilangkan Bekasnya [Daring]. Tautan: https://www.sehatq.com/artikel/mudah-begini-cara-menghilangkan-bekas-knalpot-agar-kulit-kembali-mulus

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
tekstur kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.