GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Talk Less Do More, Ketahui Makna di Balik Love Language Act of Service Beserta Contohnya

Tim Penulis Diri-24 Apr 2023
pengertian act of service

Untuk membangun hubungan yang hangat dan sehat, kamu perlu mengenal pasanganmu lebih dalam. Tidak hanya seputar makanan favorit atau hobinya saja, tapi kamu juga harus cari tahu tentang love language pasanganmu supaya dirinya merasa lebih dicintai olehmu. Jika love language pasanganmu adalah act of service kira-kira apa yang sebaiknya kamu lakukan? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini.



Pengertian Love Language

Love language merupakan bentuk komunikasi antara pasangan dalam hubungan romantis. Teori yang diciptakan oleh Dr. Gary Chapman ini membagi love language menjadi lima yang meliputi: act of service, quality time, physical touch, words of affirmation, dan receiving give.


Setiap individu pasti condong pada salah satu dari kelima jenis love language tersebut. Peran dari love language ini sebagai indikator yang dibutuhkan seseorang dalam sebuah hubungan romantis agar merasa disayangi, dihargai, dan dibutuhkan.


Jadi ketika kamu dan pasangan saling mengetahui love language masing-masing, hubungan kalian akan semakin hangat dan erat. Sebab, kalian sama-sama paham yang dibutuhkan satu sama lain dalam upaya merawat cinta.


Apa Itu Act of Service?

Apabila love language pasanganmu adalah act of service, artinya pasanganmu akan merasa dicintai jika mendapat perlakuan lembut melalui gestur ataupun tindakan darimu. Jadi orang yang suka act of service merasa senang bila pasangannya tanpa diminta punya kepekaan dan inisiatif untuk membantu meski hanya hal sepele.


Orang yang love language-nya act of service akan berharap pasangannya bisa mendedikasikan waktu dan usaha untuk mereka tanpa banyak bicara. Jadi, mereka lebih senang dengan orang yang diam tapi langsung bertindak.


Bagaimana Memperlakukan Pasangan yang Punya Love Language Act of Service

Supaya tidak salah, berikut ini beberapa contoh tindakan yang bisa kamu tunjukkan ke pasanganmu yang memiliki love language act of service.


1.   Peka Terhadap Hal Kecil

Pasanganmu akan sangat senang jika kamu peka dan mengingat hal kecil soal dirinya. Misalnya kamu selalu memesankan pasanganmu minuman dengan takaran es yang sedikit setiap kalian makan di restoran, karena kamu tahu pasanganmu tidak tahan minum minuman dingin.


Lalu, pasanganmu pasti tersentuh jika kamu tahu apa saja makanan favoritnya, lagu kesukaannya, atau film seri yang tak pernah ia lewatkan. Kalau kamu bukan tipe orang yang mudah mengingat, sebaiknya catat hal-hal kecil soal pasanganmu agar dia merasa disayangi dan nantinya memberikan cinta yang lebih untukmu.


2.   Lakukan Sesuatu untuk Membantunya Tanpa Diminta

Orang yang love language-nya act of service senang bila pasangannya langsung peka jika pasangannya langsung membantunya tanpa diminta. Misalnya ketika pasanganmu sedang sibuk hingga tak sempat mencuci piring, kamu dengan sigap langsung mencuci tumpukan piring itu tanpa diminta.


Selain itu, kamu juga harus peka bila pasanganmu sedang kesulitan ketika melakukan suatu pekerjaan tapi ia segan untuk meminta bantuanmu. Sebagai pasangan yang baik, kamu langsung tawarkan bantuan untuknya. Pasti hati pasanganmu akan meleleh dan hubungan kalian makin erat.


3.   Utamakan Lakukan Sesuatu yang Buatmu Mudah tapi Sangat Berarti Untuknya

Hal paling gampang untuk menyenangkan pasangan yang love language-nya act of service adalah melakukan sesuatu yang sebetulnya sepele tapi bagi pasanganmu sangat berarti. Contohnya seperti jemput pasanganmu setiap pulang kerja. Bisa juga dengan membantu pasanganmu membawa barang belanjaannya yang berat. Biar tambah berkesan, kamu juga bisa perhatikan jadwal pasanganmu dan luangkan waktu sebentar di jam istirahatnya sekadar untuk mengirimkan makan siang ke kantor.


4.   Pakai Keahlianmu

Supaya hati pasangan semakin tertambat padamu, kamu bisa pakai keahlianmu untuk membantu pekerjaannya. Misalnya saat laptop pasanganmu sedang eror dan ia tidak bisa memperbaikinya, kamu akan langsung membenahinya tanpa perlu diminta.

Dengan sedikit kepekaan dan memanfaatkan keahlianmu untuk membantu pasangan akan memberikan kesan yang mendalam untuknya.


Hal yang Penting untuk Dipahami

Kalau pasanganmu memiliki love language act of service, untuk membuatnya bahagia konsekuensinya kamu harus peka dan berusaha untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan pasanganmu. Act of service memang tidak mudah. Butuh niat, komitmen, pengorbanan waktu, dan juga tenaga untuk melakukannya. Jadi, bila kamu merasa kesulitan untuk memenuhi ekspektasi pasanganmu, selalu komunikasikan dengan cara yang baik. Buat pasanganmu mengerti jika kamu punya keterbatasan yang tidak selalu bisa mengabulkan semua keinginan pasangan.


Demikian artikel singkat seputar act of service supaya kamu lebih memahami cara memperlakukan pasanganmu sesuai love language-nya. Dalam upaya mempertahankan kelanggengan sebuah hubungan tentunya perlu pengorbanan dan pemahaman. Jangan jadikan love language ini sebagai senjata menuntut pasangan. Sebab, hakikatnya love language hanya sebagai indikator ekspresi cinta yang diinginkan setiap individu.


Supaya hubungan langgeng, jangan hanya berpaku pada love language saja. Kamu juga harus menjaga penampilan dengan memastikan kondisi kulit selalu cerah dan sehat. Bila ada masalah kulit, segera konsultasi gratis dengan dokter berpengalaman di Diricare.


Sumber:

https://www.verywellmind.com/acts-of-service-4774980

https://www.mindbodygreen.com/articles/acts-of-service-love-language

banner-artikel
Tag:
skincare
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.