GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Kapan Face Mist Digunakan agar Kulit Terlihat Fresh? Kalau Salah Bikin Susah, Lho!

Ditinjau oleh dr. Elita-05 Jan 2023
facial-mist-kegunaan

Memakai skincare perlu dilakukan secara tepat. Bahkan kamu harus mengikuti anjuran pakar atau dokter kulit untuk memakai produk perawatan yang sesuai. Alih-alih mendapatkan hasil optimal, kalau salah menggunakan skincare bisa bikin masalah kulit yang menyusahkan. Termasuk memakai face mist, salah satu skincare yang biasa dipakai untuk menjaga kulit terhidrasi dan terlihat segar.


Fungsi face mist telah diketahui secara umum, bahwa dapat membantu menyegarkan tampilan kulit wajahmu secara cepat. Cara memakai face mist pun juga sederhana. Karena kemasan didesain praktis, kamu tinggal menyemprotkan ke area yang dituju, yaitu kulit wajah. Tetapi tahukah kamu, cara menggunakan face mist juga harus tepat. Sudah tahu langkah-langkahnya? Yuk ikuti penjelasan lengkapnya.


Cara Menggunakan Face Mist

Face mist adalah toner yang dikemas dalam botol spray. Bahan yang diformulasi cukup menyegarkan dan berfungsi memberikan kelembapan secara instan. Tetapi menurut ahli kecantikan dan perawatan kulit, Reneé Rouleau mengatakan bahwa menyemprotkan face mist tanpa memakai pelembap, bikin kulitmu merasa kesulitan untuk tetap lembap. Artinya, bagaimana cara menggunakannya dengan tepat?


     1.  Bersihkan wajah

Selain harus rutin membersihkan wajah sebelum dan setelah beraktivitas, kamu juga perlu memastikan wajah bersih sebelum menggunakan face mist. Bilas bersih kulit sehingga lembap dengan air. Setelah 60 detik sebelum penguapan mulai terjadi, semprotkan face mist pada kapas dan seka ke permukaan kulit wajah. Ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan klorin, garam, dan mineral yang dapat mengeringkan kulit. Usai menyeka wajah dengan face mist pada kapas, lalu baru boleh menyemprotkan beberapa kali untuk membuat hasil optimal. Selanjutnya, pakai serum dan pelembap.


     2.  Pakai pelembap setelah face mist

Paling tepat dalam menggunakan face mist, kamu harus memakai pelembap terlebih dahulu untuk mengunci kelembapan kulitmu. Karena jika tidak memakainya, toner berbasis air ini akan membuat kulitmu semakin kering.


Penting untuk kamu ketahui, face mist yang mengandung emolien pelindung atau minyak sebagai ‘pembungkus’ kelembapan kulit bisa kamu pilih. Kalaupun face mist berbahan dasar air, harus memiliki formula tertentu yang melembapkan. Melalui kedua poin dalam menggunakan face mist di atas, kamu juga perlu tahu kapan face mist digunakan untuk mendapatkan kelembapan kulit optimal.


Kapan face mist digunakan?

Menggunakan face mist, tidak hanya untuk menghidrasi kulit secara instan. Tetapi juga ada manfaat lain yang tersembunyi dalam formula face mist. Kamu bisa menggunakan face mist disaat tertentu seperti penjelasan di bawah.


     1.  Bangun tidur

Mungkin membutuhkan effort untuk bangun dari tempat tidur menuju meja nakas tempat skincare dan perlengkapan rias diletakkan. Tetapi saat pagi yang dingin, kelembapan kulit akan menguap lebih banyak. Untuk itu, menyemprotkan face mist adalah ide cemerlang untuk menyegarkan kulit.


     2.  Memanfaatkan face mist sebagai toner

Toner berfungsi mengangkat kotoran yang masih tersisa setelah membersihkan wajah, baik dengan sabun pembersih atau susu pembersih. Setelahnya, kamu bisa memanfaatkan face mist sebagai toner. Tujuannya untuk mempersiapkan kulit menerima pelembap dan menyerap dengan sempurna.


     3.  Memakai face mist setelah toner

Karena setiap orang memiliki karakter kulit dan kecocokan pada skincare jenis tertentu, maka kamu tetap perlu menjalani rutin harian seperti biasa. Jika kamu terbiasa memakai toner dan ingin menambahkan face mist untuk menyegarkan kulit, artinya boleh dipakai secara berurutan. Pakai toner terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan face mist. Memakai face mist, bisa dua kali sehari. Ini dilakukan seiring dengan kamu memakai pelembap, yaitu pada pagi hari dan malam hari.


     4.  Sebelum dan sesudah memakai makeup

Dalam urutan memakai makeup, kamu perlu menyiapkan permukaan kulit agar riasan menempel sempurna. Umumnya, setelah dibersihkan, aplikasikan toner atau face mist. Kemudian pakai pelembap, tabir surya, dan foundation atau cushion.


Cara lain dalam memakai face mist, ialah setelah memakai alas bedak. Face mist, selain menjaga kelembapan dan kesegaran, juga membantu alas bedak membaur sempurna. Di samping itu, kamu juga bisa menyemprotkan face mist untuk finishing dalam merias wajah. Ini dapat membantu mengatur riasan menempel lebih lama dan hasil akhir yang mulus.


     5.  Untuk menyegarkan riasan

Memakai face mist, pada prinsipnya boleh kapan saja. Tetapi tetap penting mengidentifikasi setiap perubahan pada kulit wajah. Saat kamu memakai makeup dan membutuhkan kesegaran, bisa kok menyemprotkan face mist. Tujuannya agar makeup lebih dewy dan mempermudah kalau kamu ingin menambahkan makeup.


     6.  Setelah olahraga

Sesaat setelah berolahraga, kamu harus tetap menjaga kelembapan kulit wajah. Setelah keringat kering, sebelum mencuci muka, semprotkan terlebih dahulu face mist. Tujuannya untuk membantu mendinginkan kulit dan menjaganya tetap segar tanpa membiarkan kelembapan menguap.


Perlu kamu ingat, setelah berolahraga perlu membersihkan muka atau sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Artinya, setiba di rumah, segera cuci wajah dan lakukan urutan perawatan rutinmu.

     7.  Sebelum tidur

Menyemprotkan face mist sebelum tidur, membantumu merasa rileks. Apalagi kalau kamu memilih face mist dengan formula alami dan beraroma menenangkan seperti aroma lavender. Tetapi, pastikan menerapkan face mist 20 menit sebelum tidur sehingga memberi waktu formula penting terserap dalam kulit tanpa transfer ke bantal.


Pada beberapa produk face mist, menggunakan asam hialuronat, air mawar, dan minyak esensial dalam botol spray. Humektan, atau senyawa yang mengunci kelembapan, memberikan rasa segar dan menenangkan.


Saat berbelanja face mist, perhatikan komposisinya ya. Pilih yang mengandung air mawar, air kelapa, dan air mentimun. Bahan lain yang memberi nutrisi kulit, antara lain yang mengandung squalene, vitamin C, vitamin E, dan ekstrak tumbuhan lainnya.


Meskipun face mist juga membantu memperkuat skin barrier yang melindungi kulit, tetapi kamu harus tahu betul apa yang dibutuhkan kulitmu. Karena memakai skincare harus yang terpercaya, konsultasikan kebutuhan dan keluhan kulit pada dokter berpengalaman dan tim klinis di klinik Diri.

 

 

Sumber:

https://www.vogue.in/beauty/content/do-face-mists-actually-help-hydrate-your-skin

https://www.byrdie.com/face-mist-dry-skin

https://www.stives.com/when-to-use-face-mist-for-glowing-hydrated-skin


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.