GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Penyebab Pantat/Anus Gatal Menurut Medis dan Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh dr. Winda-14 Sep 2023
penyebab anus gatal

Kamu mungkin pernah merasakan pantat gatal sesekali. Namun, jika rasa gatal benar-benar tidak dapat dihentikan hingga timbul tekstur kasar dan ruam merah di pantat, kamu perlu waspada dan pencegahan serta pengobatan yang tepat. 


Gatal pada bokong atau pantat juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari jika kamu membiarkan asal usul gejala dan penyebabnya. Secara medis, berikut ini adalah penyebab pantat gatal yang sering dialami oleh banyak orang. Apa saja, ya?


Gejala pantat gatal

Untuk mengetahui gejala gatal pada pantat, kamu bisa mendeteksi dari seberapa parah rasa gatal itu sendiri. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa ada beberapa tanda-tanda yang mengindikasikan pantat gatal tersebut harus diperiksakan lebih lanjut ke dokter.

  • Gatal sudah lewat dari 3-4 hari di setiap kesempatan.
  • Timbul iritasi kulit, bisa ruam yang kemerahan.
  • Adanya sensasi perih dan terbakar.
  • Sakit bila disentuh atau duduk.
  • Ada goresan yang bertekstur pada kulit, atau hingga menjadi luka.
  • Kulit menebal di sekitar dubur. 


Penyebab pantat gatal menurut medis

Ada berbagai macam penyebab pantat kamu dapat mengalami rasa gatal berlebih hingga mengganggu setiap momen. Nah, apa saja penyebab yang membuat pantat kamu sering gatal hingga meninggalkan luka dan kemerahan?


Bahan pakaian yang kasar

Penyebab yang memicu pantat semakin gatal dapat berasal dari kain yang digunakan pada celana, misalnya wol, atau yang berbahan tebal dan tidak menyerap keringat. Tekstur bahan yang kasar membuat bagian bokong menjadi mudah gatal, terlebih di suhu panas. 


Infeksi jamur 

Umumnya banyak orang menderita gatal pada pantat karena infeksi jamur. Jamur Tinea cruris menginfeksi kulit karena kamu memakai celana terlalu ketat. Selain itu, ada lagi jamur yang menginfeksi pantat sehingga menjadi gatal, yaitu Tricophyton dan Epidemophyton yang memberikan indikasi kutu air. Ciri-ciri gatal pada pantat yang berasal dari infeksi jamur adalah kemerahan dan sensasi perih. 


Alergi 

Sifat intoleransi terhadap alergen bisa datang kapan saja, bahkan saat kamu sudah dewasa. Pada kasus kulit bokong yang sering gatal, pemicu yang perlu kamu sadari adalah penggunaan sabun yang kamu gunakan. Sabun yang mengandung deterjen menimbulkan reaksi alergi di kulit sensitif, sehingga timbul rasa gatal yang hilang dan muncul kembali.  Tak hanya sabun dan deterjen saja, tetapi bisa jadi dari makanan yang sering kamu konsumsi. Misalnya, makanan olahan susu, mengandung kafein, tinggi gula, atau tinggi asam. 


Eksim yang sedang diderita

Luka dan gatal akibat eksim dapat menyebar ke kulit mana saja di tubuh. Eksim merupakan penyakit kulit akibat reaksi alergi yang bersifat keturunan dan sulit untuk disembuhkan, tetapi bisa dihentikan untuk beberapa saat waktu. Bisa jadi, pantat gatal karena luka eksim yang menyebar di area tersebut. Gunakan salep dan lotion di sekitar kulit bokong agar tidak kering dan mengurangi rasa gatal. 


Psoriasis 

Psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun dengan tumbuhnya sel kulit baru yang terlalu cepat, sehingga kulit menebal hingga menimbulkan kerak dan kemerahan. Psoriasis kronis menimbulkan gatal di area kulit tertentu yang tidak dapat kamu duga, misalnya area pada bokong. 


Biang keringat

Penyebab lain yang menyebabkan area pantat menjadi gatal adalah biang keringat karena penumpukan sel kulit mati dan kuman dalam keringat yang memicu pertumbuhan bakteri. 

Gejala biang keringat yang membuat pantat kamu menjadi gatal adalah adanya benjolan merah kecil yang rasa gatalnya perih seperti tertusuk, peradangan pada folikel-folikel rambut kulit. 


Wasir atau hemoroid

Wasir atau hemoroid ternyata juga menjadi penyebab lain pantat gatal. Penyakit ini ditandai dengan adanya pembengkakan pembuluh darah di luar maupun dalam anus atau rektum. Benjolan di dubur tersebut membuat penderita sulit untuk membersihkan kotoran setelah buang air besar, hingga yang paling fatal adalah adanya pecah pembuluh darah. 


Fenomena di atas membuat bakteri berkumpul di area sekitar bokong yang jika tidak dibersihkan dengan baik, akan meninggalkan rasa gatal saat duduk terlalu lama. 


Infeksi cacing kremi

Infeksi cacing kremi terjadi karena kurang menjaga kualitas kebersihan dan higienitas di sekitar lingkungan sampai makanan yang dikonsumsi, seperti makanan mentah, makanan yang tidak diolah dan dimasak dengan benar. 


Cacing yang bersifat parasit itu berkembang biak di dubur, sehingga menimbulkan rasa gatal yang tak wajar setiap malam dan mengganggu tidur kamu. Lebih parahnya lagi, rasa gatal bisa membuat kamu menggertakan gigi tanpa disadari. 


Human Papillomavirus (HPV)

Penyebab pantat gatal yang perlu diwaspadai adalah berasal dari Human Papillomavirus (HPV), yaitu virus yang menginfeksi organ kelamin. Rasa gatal di pantat tersebut juga disertai dengan adanya benjolan seperti kutil di alat kemaluan. 


HPV ini merupakan infeksi pada penyakit menular seksual yang wajib kamu periksakan ke dokter. Gejala gatal pantat yang dirasakan karena faktor ini adalah sensasi terbakar disertai dengan perdarahan ringan. 


Cara menghilangkan gatal di pantat

Pantat yang gatal tentunya dapat diobati dan dicegah dengan mudah. Berikut ini adalah cara menghilangkan gatal di pantat:


  1. Membersihkan area pantat dengan mandi 2 kali sehari. Gunakan sabun yang lembut, bebas bahan kimia dan wangi tambahan untuk mencegah iritasi. 
  2. Setelah mandi, keringkan area pantat dengan handuk bersih. Apabila kamu harus ke toilet umum, bersihkan kelembabannya dengan tisu. 
  3. Hindari menggunakan celana ketat berbahan sintetis, atau dicuci menggunakan deterjan yang membuat area pantatmu menjadi lembab dan sensitif. 
  4. Apabila pantat mulai terasa gatal, oleskan krim atau salep anti jamur. Namun, kamu perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 
  5. Hindari menggaruk pantat saat gatal secara langsung dengan menggunakan tangan. Kamu bisa kompres atau tempelkan kain lembut yang bersih untuk meredakan rasa gatal.
  6. Setelah buang air besar, bersihkan sekitar anus dengan air, lalu keringkan dengan kain atau tisu lembut.
  7. Hindari makanan pedas, tinggi kafein, atau alkohol karena membuat gatal kamu semakin parah.
  8. Banyak minum air putih dan konsumsi makanan tinggi serat alami dari sayur dan buah, agar kamu saat buang air besar tidak sembelit. 


Pantat gatal sudah parah? Konsultasikan segera ke dokter

Pantat gatal bisa jadi karena beberapa faktor, seperti penyakit dan kebersihan pada area kulit bokong yang tidak higienis. Untuk menghilangkan gatal di pantat, usahakan untuk hidup bersih dan menjaga kelembaban kulit.  Apabila kamu mengalami pantat gatal yang sudah parah, segera konsultasikan ke dokter berpengalaman di Klinik Diri. 


Sumber:

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/skin-hair-and-nails/itchy-bottom

https://www.nhs.uk/conditions/itchy-anus/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15574-anal-itching-pruritus-ani

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/penyebab-pantat-gatal-dan-ruam/


Tag:
gatal
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.