GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Mengenal Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-28 Jun 2022
Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel Diricare

Wajah yang cerah tanpa noda menjadi idaman hampir setiap perempuan. Meski bukan tak mungkin pria juga menginginkan penampilan menariknya tanpa bintik-bintik hitam pada kulit sebagai tanda penuaan. Dikenal dengan flek hitam, yang secara medis disebut hiperpigmentasi. Jika masalah kulit ini pernah mengganggu kamu, sudah tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel?


Menurut para ahli dilansir The American Osteopathic College of Dermatology, sebagian besar flek hitam pada kulit wajah berkaitan dengan kelebihan melanin. Melanin adalah pigmen yang membentuk warna, baik pada kulit, rambut, serta mata. Pigmen cokelat pada kulit membentuk warna kulit normal. Namun ketika melanin diproduksi berlebih, terjadi penumpukan dan pembentukan endapan sehingga kulit wajah mengalami flek hitam atau hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi, bisa mempengaruhi semua warna kulit yang penyebabnya antara lain sebagai berikut.


Penyebab flek hitam di wajah

Secara umum, flek hitam tidak berbahaya yang bisa dialami kapan saja terutama sering terlihat jelas pada usia paruh baya. Selain itu terdapat juga kondisi tertentu yang mendorongmu gemas dan ingin mencoba-coba menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Penyebab noda hitam yang menghiasi wajahmu, diantaranya berikut ini.


1. Terpapar sinar matahari

Banyak dokter kulit dan ahli kosmetik menyarankan memakai pelindung wajah ketika beraktivitas di luar ruangan. Tujuannya menghindari kulit menyerap ultraviolet, baik UVB dan UVA, yang memicu banyak masalah pada kulit. Salah satunya adalah muncul flek hitam pada wajah.


2. Tanda penuaan

Bagi orang yang menginjak usia paruh baya, flek hitam tak bisa ditolak kecuali mengatasinya dengan perawatan kulit dan menjalani pola hidup sehat. Faktor yang menyebabkan sebenarnya bukan usia, tetapi oleh dokter dikenal dengan solar lenginitis. Hiperpigmentasi ini dialami akibat sinar matahari, biasanya ditemukan di tangan, wajah, kaki, atau area lain yang sering terkena sinar matahari.


3. Melasma

Munculnya area kulit gelap yang disebabkan oleh perubahan hormonal disebut dengan melasma. Hormon yang diproduksi pada masa kehamilan dapat memicu produksi melanin berlebih yang menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam yang menghiasi wajah. Berkaitan dengan kondisi hormonal, perempuan yang mengkonsumsi pil KB juga dapat mengalami hiperpigmentasi.


4. Jaringan parut

Ketika terluka, baik karena jerawat atau tergores, jaringan paling luar kulit atau dikenal dengan jaringan epidermis akan membentuk lapisan tebal untuk melindungi bagian tubuh dari pengaruh luar yang berbahaya. Setelah luka sembuh dan peradangan mengempis, kulit secara alami akan berubah warna. Meski ini adalah respons alamiah, tetapi regenerasi kulit baru menyebabkan perubahan warna kulit jadi lebih gelap dan tekstur kulit tidak halus.


Penyebab flek hitam selain di atas, dilansir Very Well Health, bisa dipicu oleh obat-obatan yang dikonsumsi, penyakit hati, penyakit Addison, tumor hipofisis, dan kelebihan zat besi.


Apabila penyebab yang memicu flek hitam dalam kategori ringan, kamu bisa mencoba cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami mengikuti tips berikut ini.


Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel

Banyak sekali skincare yang menawarkan keampuhan produk dalam menghilangkan flek hitam. Kebanyakan krim perawatan untuk mencerahkan kulit mengandung hydroquinone. Kandungan aktif tersebut dapat memudarkan bercak-bercak kulit lebih gelap dan memperlambat produksi melanin. Tetapi, baiknya kamu mengkonsultasikan dahulu pada dokter tetang mana yang cocok untuk mengatasi noda hitam pada wajah. Jika tertarik mencoba cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami, tips di bawah ini patut kamu praktikkan.


1. Memakai tabir surya

Agar flek hitam yang bandel tak semakin menjadi-jadi, kamu bisa mulai rutin memakai tabir surya yang mengandung SPF 30. Tabir surya dengan SPF, dilansir Cosmopolitan, tidak hanya membantu mencegah kanker kulit, tetapi juga melindungi kulit dari sinar UV yang memperparah bintik hitam di wajahmu.


2. Jaga kulit tetap lembap

Kelembapan kulit menandai bahwa lapisan terluar tubuh ini sehat. Dengan kondisi kelembapan yang seimbang, kulit dapat terlindung dari hiperpigmentasi. Cara ini cukup mudah kamu praktikkan, bahkan cukup memakai losion ringan dan cukup minum air mineral.


3. Eksfoliasi dengan pepaya

Dalam pepaya mengandung asam buah yang dikenal dengan alpha-hydroxy acid (AHA). Kandungan tersebut, menurut dokter ahli bedah kulit Dendy Engelman dilansir Byrdie, AHA mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit sehat. Cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel, cukup tumbuk buah pepaya matang lalu oleskan sebagai masker. Pijat dengan gerakan melingkar untuk membantu pengelupasan sel kulit mati secara lembut.


4. Mengkonsumsi tomat

Alih-alih mengoleskan pasta tomat ke kulit wajah, mengonsumsinya ternyata lebih bermanfaat. Menurut studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi sekitar 55 miligram pasta tomat dicampur minyak zaitun setiap harinya, akan mendapatkan perlindungan kulit dari pengaruh paparan sinar matahari.


Tomat mengandung likopen yang melindungi kulit dari sinar UV. JIka tak suka tomat, kamu bisa menggantinya dengan sayuran dan buah berwarna serupa, seperti jambu biji, semangka, jeruk bali merah muda, dan paprika merah.


5. Menjaga kesehatan kulit dengan vitamin C

Bahan alami yang efektif memudarkan bintik-bintik hitam pada kulit ialah vitamin C. Merawat kulit selain dengan menjalani perawatan dengan produk skincare, bisa juga dengan mengkonsumsi makanan segar mengandung vitamin C. Seperti jeruk dan bayam, memiliki kandungan vitamin yang menyehatkan kulit dan memicu regenerasi kulit secara alami.


6. Kunyit membantu menghambat produksi melanin

Penyebab flek hitam di wajah karena produksi melanin berlebih sehingga mengalami hiperpigmentasi. Salah satu cara alami untuk mengatasi flek hitam pada wajah adalah dengan menghambat produksi melanin, yaitu dengan memakai masker kunyit. Kunyit telah digunakan secara berabad-abad di India dan Amerika Tengah untuk penyembuhan. Kemudian manfaatnya meluas dan dapat membantumu menghilangkan flek hitam pada kulit.


7. Masker campuran oatmeal dan yoghurt

Cara alami untuk menghilangkan flek hitam yang membandel adalah dengan memakai masker secara rutin. Bahan masker tersebut bisa mudah didapat, yaitu oatmeal dan yoghurt. Yoghurt bermanfaat seperti pepaya, yaitu memecah sel kulit mati karena kandungan asam laktat di dalamnya. Menurut Engelman, asam laktat adalah AHA yang memperbaiki warna kulit tak merata dan bintik-bintik tanda penuaan.


Yoghut dapat dioleskan untuk membersihkan kulit saja, saran Engelman. Bisa juga dicampur dengan bahan tambahan, seperti madu yang bersifat antibakteri dan baik untuk kulit yang mudah berjerawat. Apabila ditambahkan dengan oatmeal dalam campuran masker, bisa membantu pengelupasan kulit mati tetapi tidak mengganggu ketenangan kulit.


8. Aloe vera memudarkan bekas luka

Gel dalam aloe vera atau lidah buaya, bermanfaat memudarkan bekas luka. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam karena jaringan parut. Nah, ketika terjadi robekan pada jaringan epidermis, produksi melanin semakin banyak. Robekan bisa dialami karena bekas jerawat atau luka.


Untuk mengatasi flek hitam bekas jerawat, bisa dengan mengoleskan langsung gel lidah buaya ke wajah. Kamu juga bisa mengkonsumsinya setelah diolah menjadi minuman segar.


Itulah cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Selain menggunakan bahan alami seperti di atas, kamu perlu berkonsultasi pada dokter agar keluhanmu bisa diatasi secara profesional. Dokter akan memberikan perawatan yang lebih terpercaya dan aman untuk kondisi kulit wajahmu.

 

Referensi:

https://www.byrdie.com/how-to-treat-dark-spots-4686898

https://www.research.manchester.ac.uk/portal/en/publications/tomato-paste-rich-in-lycopene-protects-against-cutaneous-photodamage-in-humans-in-vivo-a-randomized-controlled-trial(009cb311-aa20-48c0-a436-cf1c5818fb0d)/export.html

https://www.aocd.org/page/Hyperpigmentation

https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545

Tag:
flek hitam
skincare
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.