GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Sudah Tahu Penyebab Ketombe Basah? Pastikan Kamu Paham Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Flora F-30 Okt 2022
penyebab ketombe basah

Masalah kulit kepala berketombe kerap menjadi perdebatan. Pasalnya, banyak sekali kesalahan memahami perbedaan antara ketombe basah dan kering yang memiliki gejala mirip. Yaitu menghasilkan residu berupa serpihan berwarna putih kekuningan. Apa itu perbedaan ketombe basah dan kering? Kalau kamu penasaran dengan apa bedanya dan cara menghilangkan kedua jenis ketombe tersebut, coba deh cek penjelasan lengkap berikut ini.


Perbedaan ketombe basah dan kering

Ketombe pada dasarnya adalah kondisi kronis yang tak boleh disepelekan. Melansir penjelasan dokter kulit bersertifikat Blair Murphy-Rose, ketombe adalah bentuk ringan dari dermatitis seboroik. Dalam bentuknya, paling dikenali dengan serpihan putih. Secara umum, ketombe disebabkan banyaknya jamur di permukaan kulit kepala. Jamur atau ragi penyebab ketombe disebut malassezia furfur yang merupakan bagian normal dari kulit.


Ketombe kering sering terkelupas dari kulit kepala yang kering. Sedangkan ketombe basah, pada dasarnya adalah serpihan putih yang menempel dan menggumpal di rambut. Ciri ketombe basah akan terasa meradang, bersisik atau tekstur tidak rata, dan lembap apabila disentuh. Jika tergaruk akan mengelupas berupa serpihan putih kekuningan karena merupakan campuran minyak, kotoran, dan ketombe yang menyatu.


Penyebab ketombe basah dipicu banyaknya produksi sebum oleh kulit kepala. Kadang kebiasaan buruk seperti jarang mencuci kulit kepala juga memengaruhi munculnya ketombe basah. Selain itu, ketombe basah juga bisa disebabkan kondisi lain seperti berikut ini.


Penyebab ketombe basah

Ketombe basah juga bisa diikuti dengan kondisi lain yang memerlukan perawatan rutin. Di samping disebabkan produksi sebum berlebih pada kulit kepala atau kebiasaan buruk sehari-hari, ketombe basah juga bisa disebabkan kondisi berikut ini.


Dermatitis atopik

Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis eksim yang menyebabkan kulit merah serta gatal. Dermatitis jenis ini, bisa menyebar secara cepat pada kulit.


Tinea capitis

Tinea capitis dikenal juga sebagai kurap pada kulit kepala. Ini dipicu infeksi jamur yang menyebabkan kulit kepala terasa gatal sekali dan bersisik. Seseorang dengan ketombe basah karena tinea capitis bisa mengalami kerontokan rambut dan botak pada satu tempat.


Psoriasis

Psoriasis ialah gangguan autoimun yang didorong ketidakmampuan sistem kekebalan tubuh dalam membedakan antara sel sehat dan patogen. Ketombe basah juga bisa disebabkan kondisi ini, yang mungkin akan berefek pada kerontokan rambut.


Stres

Stres merupakan kondisi psikologis yang dapat memperburuk kesehatan kulit kepala. Kondisi psikis ketika tertekan, terlalu banyak mengambil pekerjaan, melawan penyakit, hingga sekadar lelah, dapat memicu memburuknya ketombe pada kulit kepala.

Menurut sejumlah ahli, tidak diketahui secara pasti apa penyebab ketombe basah. Tetapi yang pasti, munculnya kulit meradang dan ketombe lembap menggumpal disebabkan oleh jamur, sebum, dan kondisi lainnya di antaranya telah disebutkan di atas.


Berbeda dengan ketombe kering, yang disebabkan ketidakmampuan menjaga kelembapan, frekuensi mencuci rambut berlebihan, iritasi produk perawatan rambut, terpapar sinar matahari, dan iklim. Ketombe kering juga memiliki ukuran serpihan lebih kecil apabila dibandingkan dengan ketombe basah.


Mengingat ketombe basah membutuhkan rekomendasi yang terpercaya, Anda bisa berkonsultasi pada dokter kulit berpengalaman dan tim ahli di klinik Diri. Dokter akan memberikan resep sesuai dengan kondisi kulit kepala dan keluhan ketombe Anda. Jangan khawatir soal formulanya, karena dibuat oleh tim ahli yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, cara menghilangkan ketombe basah tidak hanya berkaitan dengan mendapatkan haircare yang tepat. Tetapi juga penting untuk menghindari pemicunya sebagai antisipasi. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasannya.


Cara menghilangkan ketombe basah

Dermatolog dan trichologist, atau spesialis yang fokus dalam mengatasi penyakit atau persoalan terkait dengan rambut dan kulit kepala, merekomendasikan cara menghilangkan ketombe basah seperti berikut di bawah.


Keramas dengan frekuensi yang pas

Jika Anda memiliki kulit kepala yang mudah berminyak sehingga menyebabkan ketombe basah, maka bisa dicegah dengan mencuci rambut dan kulit kepala minimal dua kali seminggu. Cara ini membantu mencegah sebum menumpuk dan terbentuknya ketombe basah. Kalau sehabis olahraga atau aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, disarankan keramas untuk mengangkat minyak serta kotoran. Berbeda halnya jika Anda memiliki ketombe basah karena kondisi kulit. Dermatolog menyarankan untuk menghindari produk penataan rambut karena bahan kimia yang sangat keras dapat memperburuk kulit kepala dan menyebabkan iritasi.


Makan makanan sehat

Ketombe basah yang disebabkan dermatitis seboroik atau psoriasis, perlu dibiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat. Karena makan makanan sehat dapat membantu menghilangkan ketombe basah. Usahakan mengganti makanan olahan dengan makanan utuh atau segar, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Untuk makanan berprotein hewani, pilih yang rendah lemak atau tanpa lemak sama sekali.


Mengoleskan gel lidah buaya

Penelitian membuktikan bahwa enzim dan vitamin dalam lidah buaya dapat mengurangi peradangan dan meredakan gatal pada kulit kepala. Itu artinya gel lidah buaya berpotensi mengatasi ketombe basah. Kalau mengaplikasikan gel, siapkan sekitar tiga sendok makan gel lidah buaya. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan bungkus dengan handuk hangat sekitar 30 menit. Setelah itu, bersihkan lidah buaya pada kulit kepala dengan keramas menggunakan sampo. Cara menghilangkan ketombe basah dengan langkah ini, bisa dilakukan tiga kali seminggu.


Memakai sampo anti jamur

Keramas berperan penting dalam merawat kulit kepala. William Gaunitz, seorang trichologist bersertifikat merekomendasikan untuk memakai sampo anti jamur. Bahan yang baik dalam menghilangkan ketombe basah dan terkandung dalam sampo, antara lain zinc pyrithione, ketoconazole, dan selenium sulfida. Untuk mengurangi kerak atau serpihan yang menggumpal pada kulit kepala, pilih sampo mengandung asam salisilat atau fenol.

Perlu rekomendasi sampo dengan formula ampuh mengatasi ketombe basah? Custom Anti-Dandruff Shampoo merupakan produk yang bisa diandalkan dalam mengatasi ketombe dari Diri


Cukupi kebutuhan vitamin D

Menurut American Academy of Dermatology, vitamin D membantu memperlambat laju pertumbuhan kulit yang cepat. Dengan begitu, pertumbuhan sel yang yang menjadi faktor ketombe dan psoriasis bisa diminimalisir dengan mendapatkan cukup vitamin D, khususnya vitamin D3.


Selain cukup mendapatkan vitamin D, omega-3 juga membantu mengontrol produksi minyak kulit atau sebum. Kalau Anda mendapatkan cukup, maka dapat mengurangi jumlah pertumbuhan jamur dan pengelupasan.


Mengelola stres

Cara menghilangkan ketombe basah selanjutnya berkaitan dengan mengelola kondisi psikologis. Terdapat banyak langkah untuk melakukannya. Termasuk menjaga gaya hidup sehat, konsumsi makanan sehat, berlatih meditasi dan yoga, serta aktivitas relaksasi lainnya.


Itulah penjelasan lengkap mengenai apa saja pembeda antara ketombe basah dan kering serta cara menghilangkannya. Untuk menghilangkan gatal dan kulit kepala normal kembali, Anda bisa konsultasi pada dokter kulit berpengalaman di klinik Diri dan mendapatkan rekomendasi perawatan yang tepat.

 

Sumber:

https://www.verywellhealth.com/wet-dandruff-treatment-5197087

https://www.byrdie.com/how-to-treat-oily-dandruff-5088005

https://www.byrdie.com/dandruff-vs-dry-scalp-5074862


Tag:
solusi
ketombe
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.