GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Penyebab Strawberry Skin dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Intan-18 Des 2023
penyebab strawberry skin

Strawberry skin? Seperti apa sih kondisinya? Strawberry skin merupakan permasalah kulit yang seperti bintik-bintik hitam pada kulit seperti biji yang ada di buah stroberi. Kondisi kulit ini juga membuat permukaan kulit menjadi kasar dan kering. Biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada kulit kaki.



Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya bintik-bintik ini seperti bakteri, kotoran, atau penggunaan alat cukur serta pakaian yang kurang bersih. Terus, gimana sih cara mengatasinya? Berikut penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi strawberry skin.


Apa Itu Strawberry Skin?

Istilah "strawberry skin" mengacu pada kondisi kulit yang muncul ketika pori-pori kulit tampak lebih besar, berwarna kemerahan, dan mungkin memiliki bintik-bintik kecil yang menyerupai biji strawberry. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan "strawberry legs" ketika terjadi di sekitar folikel rambut di kaki.


Kondisi ini umumnya tidak menyebabkan rasa gatal atau sakit. Kulit kaki akan terlihat seperti berbintik atau memiliki lubang kecil akibat tersumbat oleh kotoran, kulit mati, bakteri, atau minyak. Namun, perlu diingat strawberry skin adalah istilah yang lebih umum digunakan dalam bahasa sehari-hari dan tidak terdapat dalam literatur medis. Istilah ini bersifat deskriptif untuk menjelaskan kondisi yang terjadi pada kulit.

Penyebab utama dari strawberry skin adalah aktivitas bercukur atau waxing yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Namun, masih ada penyebab lainnya seperti yang akan disebutkan selanjutnya.


Penyebab Strawberry Skin

Berikut adalah beberapa penyebab umum dari penampilan strawberry skin, antara lain.


1. Penyumbatan Pori

Penyumbatan pori-pori oleh kotoran, sel kulit mati, minyak berlebihan, dan debu adalah penyebab umum dari penampilan pori-pori yang tampak lebih besar dan kemerahan.


2. Folikel Rambut yang Terisi Komedo

Ketika folikel rambut tersumbat oleh sebum (minyak kulit) dan sel kulit mati, ini bisa menyebabkan penampilan pori-pori yang lebih besar.


3. Iritasi Kulit

Penggunaan alat pencabutan rambut yang kasar, pencukuran yang tidak benar, atau penggunaan produk yang mengiritasi kulit, seperti sabun yang mengandung bahan kimia keras, dapat menyebabkan iritasi dan penampilan strawberry skin.


4. Mencukur atau Mencabut Rambut Kaki

Penggunaan metode penghilangan rambut yang kasar seperti mencabut atau mencukur kaki dengan kasar dapat merangsang folikel rambut dan menyebabkan iritasi. Mencabut rambut di area kaki bisa menyebabkan pori-pori kulit terbuka, mengekspos kotoran, minyak, kotoran, hingga merusak permukaan kulit. Selain itu, mencukur dengan alat yang tumpul dan kotor juga bisa menyebabkan kulit stroberi pada kaki.


5. Hiperpigmentasi

Kondisi kulit ini seringkali disertai dengan hiperpigmentasi, yang bisa membuat kulit tampak merah atau gelap di sekitar pori-pori.


6. Keratosis Pilaris

Ini adalah kondisi kulit yang sering kali menghasilkan bintik-bintik kecil dan kasar di kulit, terutama di lengan atas, paha, dan bokong. Meskipun tidak secara khusus disebut sebagai "strawberry skin," keratosis pilaris dapat memberikan penampilan yang mirip.


Cara Mengatasi Strawberry Skin

Untuk mengatasi strawberry skin pada kulit, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.


1. Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit terlihat lebih kasar. Pilih produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat, dan gunakan dengan hati-hati. Hindari eksfoliasi yang terlalu keras, karena ini bisa mengiritasi kulit.


2. Pelembap

Menggunakan pelembap yang ringan dan tidak berminyak membantu menjaga kulit tetap lembap. Pelembap dapat membantu mengurangi penampilan kulit yang kering atau bersisik, yang mungkin memperburuk penampilan strawberry skin.


3. Terapi Laser

Melakukan terapi laser dapat menghilangkan rambut pada kaki dengan lebih optimal serta mencegah timbulnya strawberry skin pada kaki. Namun, treatment ini membutuhkan 2-6 kali agar rambut di area kaki benar-benar hilang. Cara ini bisa jadi yang paling aman dan efektif untuk menghilangkan rambut dalam waktu yang cukup panjang.


4. Hindari Produk yang Menyumbat Pori

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak berat atau bahan kimia yang dapat menyumbat pori-pori, seperti minyak kelapa. Pilih produk yang bersifat non-komedogenik.


5. Penggunaan Produk dengan Asam Salisilat

Produk yang mengandung asam salisilat dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi penyumbatan yang mungkin menyebabkan strawberry skin. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang benar.


6. Penggunaan Produk dengan Retinoid

Produk dengan retinoid seperti retinol juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tampilan pori-pori.


7. Hidrasi yang Cukup

Pastikan kamu minum cukup air dan menjaga hidrasi kulit dari dalam. Konsumsi air yang cukup dapat membantu menjaga kulit tetap sehat.


8. Perawatan Profesional

Jika permasalahan strawberry skin makin parah, kamu bisa berkonsultasi dengan seorang dokter kulit. Mereka mungkin akan merekomendasikan perawatan seperti mikrodermabrasi, kimia peeling, atau terapi laser untuk membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit.


9. Waxing

Waxing merupakan salah satu teknik penghilangan bulu yang paling umum, efektif, dan aman. Teknik ini bisa kamu pilih untuk mencegah strawberry skin dan menghilangkan rambut hingga ke akarnya. Setelah waxing, rambut yang akan tumbuh kembali juga biasanya menjadi lebih halus, tipis, dan meminimalisir terjadinya kulit stroberi ke depannya.


10. Perawatan Rutin

Menerapkan perawatan kulit yang rutin dan konsisten, termasuk membersihkan, menghidrasi, dan perlindungan dari sinar matahari, dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Kamu juga bisa menggunakan body lotion dengan bahan yang aman untuk mencegah kulit kering.


Perlu diingat, kondisi strawberry skin pada kulit, terutama kaki, bisa dicegah dengan melakukan perawatan dan memilih treatment hair removal yang aman dan efektif. Kalau kondisi ini terjadi di kamu dan semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli di Klinik Diri.


Sumber:

https://www.beautynesia.id/wellness/5-hal-yang-picu-timbulnya-strawberry-skin-pada-kaki-dan-cara-mengatasinya/b-250528

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5001285/5-cara-mengatasi-strawberry-skin-penyebab-kulit-bintik-bintik?page=2



banner-artikel
Tag:
tekstur kulit
jenis kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.