GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Sudah Tahu Perbedaan Creambath dan Masker Rambut? Yuk, Kenali Fungsinya Masing-Masing!

Ditinjau oleh dr. WInda-03 Apr 2023
perbedaan creambath dan masker rambut

Merawat rambut nggak boleh sembarangan. Karena begitu kamu tak mempertimbangkan apa yang paling dibutuhkan rambut, bisa berpotensi membuat pertumbuhan rambut tidak sesuai yang diinginkan. Tahukah kamu, kalau ada lho rambut yang hanya butuh pelembap tetapi ada pula yang perlu nutrisi untuk menyokong rambut indah secara keseluruhan. Kedua tujuan ini, bisa di-support dengan memakai creambath atau masker rambut secara rutin. Lantas mana yang paling dibutuhkan rambutmu? Ini! Kenali perbedaan creambath dan masker rambut.


Apa itu creambath?

Berdasarkan pemahaman umum, creambath merupakan perawatan rambut yang dilakukan dengan pijatan merilekskan dan mengaplikasikan produk rambut yang bertekstur krim. Orang biasa melakukan creambath di salon, spa, dan klinik kecantikan kulit dan rambut. Untuk itu, ada serangkaian treatment yang dilakukan ketika creambath.


Creambath adalah metode perawatan rambut menggunakan krim yang diformulasi sesuai keluhan pada rambut. Misalnya rambut rontok, rambut lepek, rambut kering, kusam, dan kasar. Karena creambath merupakan metode yang dalam setiap sesi dilakukan beberapa tahapan, maka perawatan ini enggak akan usai dalam waktu yang singkat. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit untuk melakukannya.


Tahapan creambath dimulai dari membersihkan rambut dan kulit kepala dengan keramas menggunakan sampo. Kemudian disusul memakaikan krim yang terbuat dari bahan alami atau produk tertentu. Setelah krim diaplikasikan pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Pijatan yang dilakukan perlahan membantu krim tersebut meresap dalam kulit kepala. Selanjutnya, rambut ditutup dengan handuk hangat atau steam selama 10-15 menit. Terakhir rambut dicuci dengan sampo sesuai jenis rambut.


Nah, penting buat kamu ketahui, creambath baik dilakukan untuk kondisi rambut yang normal hingga rusak sedang. Ini karena krim yang mengandung nutrisi baik untuk rambut hanya merawat bagian kutikula saja. Sehingga untuk rambut yang rusak parah, tidak akan mendapatkan hasil optimal sesuai yang diharapkan.


Uniknya, pemijatan kulit kepala dalam tahapan creambath enggak bisa dilakukan sembarangan. Pemijatan ini bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah, membuka pori-pori kulit kepala, dan merangsang folikel rambut.


Pemijatan dalam tahapan creambath, hanya efektif mendapatkan manfaatnya kalau dilakukan dengan ujung jari. Dengan ujung jari yang digerakkan melingkar, ini membantu nutrisi dalam krim dan steam terserap dengan lebih baik. Bagaimana dengan hair mask atau masker rambut? Sebelum mengenali perbedaan creambath dan masker rambut, yuk pahami dulu tentang apa itu masker rambut.


Apa itu masker rambut?

Masker rambut berbeda dengan kondisioner yang kerap dipakai untuk memperbaiki tekstur rambut dan melembapkan. Masker untuk rambut, dapat menjangkau helai rambut lebih dalam dan mampu menyembuhkan rambut rusak. Di sini, terlihat dengan jelas perbedaan creambath dan masker rambut. Bahwa kedua perawatan rambut ini dipakai memperbaiki kondisi rambut sesuai dengan tingkat kebutuhan dan tingkat kerusakan rambut.


Masker rambut, biasanya mengandung bahan yang kaya nutrisi, minyak alami, dan antioksidan. Bahan ini tak hanya dapat mengatasi rambut kering, tetapi juga memperbaiki kondisinya sehingga jadi lebih indah dan sehat.


Faktanya, masker rambut sama fungsinya seperti masker wajah. Artinya kalau kamu rutin memakainya dapat mengatasi kerusakan rambut. Masker rambut dapat merawat kerusakan pada permukaan rambut yang disebabkan mengikat terlalu kencang, pengeringan yang kasar, penataan menggunakan panas, dan gesekan. Selain itu, kalau kamu melakukan penataan rambut dengan pengeritingan, pewarnaan, dan bleach, maka perlu merawat rambut untuk mencegah pertumbuhannya rusak. Untuk itu, ketahui jenis masker rambut yang mana yang kamu butuhkan sesuai keluhan rambutmu.


Perbedaan creambath dan masker rambut, tampak jelas pada salah satu manfaatnya. Yaitu kalau creambath hanya bisa memperbaiki kerusakan ringan, sedangkan masker rambut dapat memperbaiki secara menyeluruh. Di samping yang dijelaskan di atas, masker rambut juga bermanfaat dalam memperkuat rambut, mencegah kerontokan rambut, hingga mencegah ketombe.  


Selanjutnya secara lebih terperinci, cek penjelasan mengenai perbedaan creambath dan masker rambut dilihat dari tahapannya, metodenya, hingga formula yang terkandung dalam kedua jenis hair care tersebut.


Perbedaan creambath dan masker rambut

Banyak orang menganggap creambath adalah hair spa. Betapa tidak, karena layanan spa untuk rambut ini memberikan tahapan yang lengkap tidak hanya memberikan nutrisi rambut tetapi menenangkan secara psikis dan fisik. Uniknya, dalam tahapan creambath juga memakai cream yang boleh jadi itu adalah masker rambut. Tak hanya itu, berikut daftar perbedaan creambath dan masker rambut.


1.  Fungsinya

Creambath tak hanya dilakukan di spa, layanan kecantikan, dan salon. Kamu bisa creambath di rumah asalkan tahapan keramas, memakai cream atau hair mask, pijat kulit kepala, steaming, dan bilas akhir dilakukan secara berurutan. Ini karena fungsi creambath membutuhkan banyak pijatan kepala untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Tahapan yang enggak boleh ditinggalkan saat creambath ini, meningkatkan suplai oksigen ke folikel rambut. Tujuannya merevitalisasi kulit kepala dan menumbuhkan pertumbuhan rambut.


Sedangkan masker rambut, biasanya hanya diaplikasikan pada rambut dan dibiarkan selama beberapa waktu. Karena creambath berfungsi menenangkan, artinya bisa dilakukan lebih sering daripada masker rambut.


2.  Bahan produk yang dipakai

Buat kamu yang lebih suka dengan perawatan natural, memakai masker rambut bisa jadi pilihan karena mayoritas jenis masker untuk rambut ini diformulasikan dari bahan-bahan alami. Berbeda dengan creambath, yang cream dan steam cenderung memakai produk yang diformulasikan dari bahan kimia. Bukan berarti creambath lebih buruk, tetapi kamu perlu menimbang sesuai fungsi dan mendapatkan manfaat yang kamu perlukan.


3.  Harga dan waktu perawatan

Tentu dalam proses creambath membutuhkan waktu lebih panjang. Enggak seperti memakai masker rambut yang membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Creambath perlu dilakukan setiap tahap agar fungsinya tak hanya untuk rambut saja, tetapi juga merilekskan, menenangkan, dan memperlancar sirkulasi darah sekitar kulit kepala.


Soal harga, ini tergantung preferensi masing-masing orang. Tetapi yang pasti, karena creambath tahapannya lebih dari satu, maka kamu perlu merogoh saku lebih dalam untuk melakukannya di layanan spa. Untuk masker rambut, bahkan kamu bisa melakukannya pada saat akhir pekan di rumah dan waktunya lebih pendek.


Di samping memahami perbedaan creambath dan masker rambut, kamu juga perlu mengenali kesamaannya. Kedua jenis perawatan ini diterapkan pada rambut untuk memperbaiki kondisinya. Nah, menyoal perawatan rambut, kamu juga bisa percaya pada treatment planning yang direkomendasikan dokter berpengalaman di Klinik Diri. Produk rambut untuk kamu diformulasikan sesuai keluhanmu. Tertarik coba, mulai dulu dengan konsul gratis di sini.

 

Sumber:

http://alphadoctor.blogspot.com/2016/02/differences-creambath-hair-spa-and-hair.html

https://steemit.com/health/@lisana92/creambath-hair-spa-hair-mask-what-s-the-difference-68e3f36f76212

https://skinkraft.com/blogs/articles/hair-spa

https://www.prestwickcountryclub.net/what-is-the-difference-between-hair-mask-and-hair-spa

https://www.vogue.in/beauty/content/how-to-use-a-hair-mask-according-to-your-hair-type


banner-artikel
Tag:
rambut kusut
suplemen rambut
serum rambut
rambut berminyak
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.