GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Potongan Rambut Edgar Cut Sama dengan French Crop? Eits! Kenali Bedanya Yuk

Tim Penulis Diri-19 Mei 2023
Edgar Cut

Apakah kamu sedang mencari potongan rambut baru yang fresh dan trendi? Salah satu pilihan yang bisa kamu coba adalah Edgar Cut. Potongan rambut ini berasal dari gaya rambut Edgar Haircutting, yang juga populer dipakai pria di Korea Selatan. Kalau kamu suka gaya rambut yang mengkombinasikan rambut sedikit panjang dan skin fade pada bagian sisi serta belakang, maka ikuti penjelasan tentang edgar cut selengkapnya berikut.


Apa itu potongan rambut edgar cut?

Edgar cut menjadi populer karena bisa sesuai dengan berbagai bentuk wajah. Potongan rambut ini juga cocok untuk berbagai jenis panjang rambut, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang baru. Beberapa orang senang dengan gaya rambut yang bervariasi, maka edgur cut jadi salah satu pilihannya.


Edgar cut sudah populer sejak dulu. Salah satu elemen utama dari gaya rambut ini adalah poni yang dipotong lurus dan menghiasi dahi. Namun berbeda dengan bowl cut atau potongan mangkuk yang dekat dengan gaya retro. Edgar cut biasanya dikombinasikan dengan elemen fade bagian samping dan belakang.


Tidak ada sejarah yang pasti mengenai edgar cut. Tetapi asal-usul gay aini berakar dari Meksiko, yang mana terdapat dokumentasi pria dari Suku Jumano memakai potongan rambut edgar cut. Dokumen tersebut tercatat tahun 1500-an dan 1700-an. Berkaitan dengan itu, akhirnya potongan edgar cut dekat dengan leluhur bangsa Meksiko dan masyarakat pribumi di negara tersebut. Banyak orang kerap menganggap bahwa edgar cut sama dengan French crop ataupun bowl cut. Tetapi adakah perbedaan perbedaan di antara ketiga jenis potongan rambut ini?


Perbedaan Edgar cut, French Crop, dan Bowl Cut

Sekilas mungkin tampak sama, tetapi sebenarnya secara subtil, ketiga jenis potongan rambut ini berbeda. Edgar cut mungkin sama seperti bowl cut yang memakai poni dan jatuh pada dahi. Namun, bowl cut potongan poni sama panjang dengan bagian samping hingga belakang. Nah, edgar cut hanya poni yang jatuh ke dahi dan rambut disisir lurus ke arah dahi. Uniknya, bagian samping dicukur skin fade sehingga tampak gradasi yang kontras dengan bagian atas kepala.


Nah, kalau perbedaan edgar cut dengan French crop, ini tergantung bagaimana preferensi potongan rambut. Beberapa pilihan untuk edgar cut, memang seperti French crop yang mana poni hanya berjarak beberapa sentimeter dari garis rambut. Ada pula yang memilih edgar cut dengan poni lebih panjang sehingga jatuh pada tengah dahi.


Apa saja jenis rambut edgar cut?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada berbagai variasi gaya edgar cut. Mulai dari gaya klasik hingga dengan dikreasikan secara modern. Untuk tahu betapa banyak gayanya, yuk intip jenis gaya rambut edgar cut berikut di bawah.


1. Edgar cut klasik

Gaya rambut edgar cut klasik sangat mudah dikenali. Katakanlah Zayn Malik dan rapper Drake pernah memakai gaya rambut ini. Uniknya, gaya yang klasik lebih bersudut pada bagian poni dan gradasi antara bagian atas dengan skin fade. Kalau kesan tampilan yang tampak, lebih kasual namun bisa pula formal tergantung cara menatanya. Ingat, untuk mendapatkan garis lurus khas potongan rambut Edgar, rambut bagian atas harus disisir ke arah dahi.


2. Edgar cut taper

Kalau kamu ingin tampil lebih edgy dalam versi klasik, maka edgar cut dengan luncuran lancip atau taper jadi pilihannya. Potongannya akan tetap pendek di bagian belakang kepala dan di sekitar telinga seperti potongan Edgar lainnya. Namun, sedikit titik tajam di bagian depan yang membuat potongan rambut lebih fleksibel.


3. Edgar cut untuk rambut keriting

Penting kamu pahami, meski bentuk potongan lurus pada bagian atas, edgar cut enggak melulu hanya bisa dipakai orang yang berambut lurus. Bagian atas yang panjang bisa dimanfaatkan oleh pemilik berbagai jenis rambut termasuk keriting.


Karena rambut keriting akan cenderung mencuat ke segala arah, untuk memperhalus teksturnya bisa perpanjang bagian sisi serta belakang. Atau kamu bisa menata dengan bantuan produk penata rambut seperti clay atau wax yang memiliki hasil akhir lebih matte.


4. Edgar cut untuk rambut bergelombang

Gaya potongan rambut edgar cut sangatlah fleksibel. Meski kesannya tegas dan lugas, potongan rambut ini bisa dipakai jenis rambut bergelombang. Kalau rambut bergelombang dan memakai edgar cut, tingkat perawatannya rendah lho. Karena dipotong lebih pendek atau dekat dengan kepala.


5. Spiky edgar cut

Cara untuk tampil keren dan kekinian menggunakan gaya rambut klasik, adalah dengan menambahkan tekstur. Spiky, merupakan elemen potongan rambut yang manis dipadukan dengan edgar cut. Tetapi untuk menatanya, pakai pomade atau gel rambut.


Edgar cut merupakan potongan pendek sekali bagian atas dan sangat tipis bagian samping serta belakang. Maka bisa tampil sempurna dengan sentuhan lurus sebagai poni. Artinya, bisa menata lebih lancip spiky bagian atas dekat dengan ubun-ubun.


6. Fade edgar cut

Ada berbagai variasi dalam membangun kesan fade. Pertama dengan middle fade, yang mana garis lurus lebih tegas pada bagian tengah kepala. Gaya edgar cut yang ini, cocok buat kamu yang memiliki volume rambut sedang. Untuk tampil natural, lebih baik pula dipakai untuk jenis rambut lurus.


Gaya fade kedua lebih tinggi, yang mana tampilan pudar agak ke atas kepala. Kesan yang ditampilkan terlihat segar dan rapi. Namun untuk menjaga gayanya lebih lama, kamu perlu rajin ke tukang cukur ketika rambut sudah mulai tumbuh panjang.


7. Edgar cut dengan bald fade

Kalau kamu enggak suka ribet dan maunya rambut tetap rapi dengan perawatan minimal, maka kombinasikan potongan botak dengan edgar cut. Secara subtil, edgar yang lebih botak mirip dengan edgar klasik tetapi bagian atas dipotong sangat tipis.


8. Edgar cut dengan mullet

Gaya potongan rambut sangat bervariasi bukan? Bahkan bisa dikombinasikan dengan gaya klasik lainnya, mullet. Kalau kamu suka tampil berani dan ingin berbeda dari yang lain, maka bisa memilih gaya ini. Seperti kamu tahu, mullet terkenal dengan ‘ekornya’ pada bagian belakang. Maka bagian samping cukur tipis dan beri poni lurus yang dipotong tak jauh dari garis rambut. Nah, gaya potongan ini juga paling cocok buat kamu yang suka tampil artsy.


Setelah tahu dari mana edgar cut dan apa saja jenisnya, mana yang paling menarik menurutmu? Selain memakai gaya rambut menarik dan unik, perlu kiranya kamu merawat rambut dengan benar. Jangan sampai gaya kerenmu terganggu karena ketombe, rambut rontok, hingga rambut rontok. Maka untuk mencegah keluhanmu semakin parah, segera yuk konsul ke Klinik Diri agar mendapatkan hair treatment yang dipersonalisasi sesuai kebutuhanmu.

 

 

Sumber:

https://glaminati.com/edgar-haircut/

https://www.fashionbeans.com/article/edgar-haircut/

https://www.queerty.com/edgar-haircut-style-20220123

banner-artikel
Tag:
gaya rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.