GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash, Kenali yang Terbaik untuk Tipe Kulitmu

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-15 Jun 2022
Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash Diricare

Rutin membersihkan kulit wajah dengan sabun muka merupakan tahapan perawatan yang wajib dilakukan. Setelah beraktivitas seharian, sisa makeup, keringat, dan kotoran perlu diangkat tuntas agar kulit wajah kembali segar serta pori-pori dapat bernapas leluasa. Tetapi, tahukah kamu perbedaan facial foam dan facial wash?


Facial wash adalah produk pencuci wajah yang diformulasikan secara khusus. Meski fungsinya sama yaitu untuk mengangkat kotoran pada wajah, facial foam diformulasi memiliki tekstur busa lembut yang umumnya dipakai setelah seluruh makeup terangkat kemudian memakai foam agar betul-betul bersih. Menggunakan facial foam dan facial wash secara bersamaan, apakah boleh? Agar tidak keliru dalam memilih pembersih wajah dan cara tepat memakainya, berikut penjelasan lengkapnya.


Perbedaan facial wash dan facial foam

Terdapat berbagai jenis pembersih wajah yang perlu kamu pahami sebelum memilihnya menemani rutinitas keseharianmu. Facial foam dan facial wash merupakan dua tipe pembersih yang berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama. Untuk mengetahui hal yang membedakan keduanya, ini penjelasannya.


Facial wash

Secara umum facial wash berbahan dasar air dengan bahan astringen untuk membersihkan pori-pori. Biasanya diformulasikan untuk membersihkan minyak beserta kotoran yang menempel pada kulit wajah. Namun, setiap tipe kulit wajah perlu memperhatikan betul kandungan dalam produk facial wash.


Berdasarkan teksturnya, facial wash bisa berbentuk gel atau lebih cair. Jika kamu tidak memakainya secara tepat, maka kelembapan kulit bisa menurun dan membuat kulit flaky. Oleh karena itu, ketika memilih facial wash hindari yang mengandung surfaktan berlebihan sehingga pH kulit tidak menurun drastis.


Cara menggunakan facial wash

Selama menjalani kehidupan sehari-hari, tak mungkin untuk terhindari dari penyebab kondisi kulit menurun. Seperti jerawat, flek hitam, lingkaran hitam di bawah mata, kulit kering, dan warna kulit tak merata. Menghindari kondisi tersebut, kamu perlu mengetahui cara menggunakan facial wash, seperti ini langkah-langkahnya dilansir laman American Academy of Dermatology Association.

1. Basahi wajah dengan air hangat atau air dengan suhu ruangan. Kemudian, gunakan ujung jari untuk mengoleskan pembersih. Hindari menggunakan waslap, spons, atau loofah karena bisa mengiritasi kulit.

2. Pijat dengan lembut dan jangan menggosok kulitmu. Menggosok kulit mungkin membuat kulit wajahmu bersih, tetapi berisiko mengiritasi dan mengikis skin barrier pada lapisan terluar kulit.

3. Bilas dengan air hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

4. Oleskan pelembap jika kulit terasa kering atau gatal. Saat mengoleskan krim pelembap sekitar mata, hindari menarik terlalu keras pada jaringan kulit yang halus tersebut.


Mencuci muka dengan facial wash perlu dibatasi. Paling tepat, cukup cuci muka dua kali sehari, yaitu pada malam dan pagi hari atau setelah berolahraga dan berkeringat. Ketika mencuci menggunakan facial wash, lakukan hanya selama 20-30 detik saja. Apabila terlalu lama, bisa menyebabkan kulit merah dan teriritasi.


Facial foam

Bukan tidak mungkin facial wash berbusa seperti facial foam. Tetapi perbedaan yang paling jelas terlihat ialah banyaknya busa di antara keduanya. Facial foam diformulasi untuk mengeluarkan busa lembut. Busa tersebut berfungsi mengangkat sisa makeup dan kotoran setelah seharian beraktivitas.


Jenis pembersih wajah facial foam, biasanya dilengkapi dengan manfaat tertentu. Seperti melembutkan kulit, melembapkan, dan menjaga pH kulit. Karena setiap produk memiliki formulasi yang berbeda, maka kamu perlu mengidentifikasi mana yang paling tepat untuk tipe kulitmu. Karena busanya lembut, facial foam cocok dipakai jika kulitmu mudah berjerawat. Namun, ketahui cara tepat dalam memakainya.


Selain tipe kulit berminyak yang mudah sekali ditumbuhi jerawat, kulit kombinasi dan normal mungkin cocok menggunakan facial foam. Tetapi, untuk kulit kering perlu menghindari kandungan tertentu dalam pembersih yang berbusa karena terlalu keras bagi kulit mereka.


Cara menggunakan facial foam

Sedikit berbeda dengan menggunakan facial wash, karena facial foam kelebihannya pada busa lembut, maka begini caranya menggunakan.

1. Basahi wajah dan telapak tangan dengan air hangat atau air suhu ruangan.

2. Tuangkan secukupnya produk facial foam pada telapak tangan. Gosok hingga mengeluarkan busa.

3. Setelah busa dirasa cukup, ratakan pada wajah. Hati-hati ketika mengenakannya di sekitar mata. Jangan sampai foam masuk ke dalam mata karena dapat mengiritasi mata yang lebih sensitif dibanding kulit wajah.

4. Pijat lembut selama sekitar 20 menit dan bilas hingga bersih.

5. Keringkan wajah dengan handuk lembut, dan kenakan pelembap pada langkah terakhir.


Itulah perbedaan dua karakter pembersih wajah. Antara facial foam dan facial wash, mana yang lebih baik untuk diaplikasikan pada kulitmu?


Menurut dermatologis yang berbasis di Mumbai, dokter Jaishree Sharad dilansir Vogue, tanpa mengetahui tipe kulitmu akan sulit menemukan pembersih wajah yang cocok. Untuk kulit kering, saran Sharad, disarankan untuk mencari pembersih dengan bahan petrolatum, lanolin, dan minyak mineral. Penting untuk dicatat, facial wash yang tidak berbusa bebas hypoallergic, bebas pewangi, bahan kimia dan alkohol. Formulasi tersebut cocok untuk kulitmu yang kering.


Sedangkan jika kulitmu berminyak, carilah pembersih dengan bahan ringan, seperti lidah buaya atau tea tree oil. Keduanya membantu menyeimbangkan produksi minyak dan mendukung kulitmu semakin glowing. Pesan Sharad, pilih pembersih berbahan dasar asam salisilat yang membantu membuka pori-pori dari kelebihan produksi sebum.


Bagi kamu dengan kulit sensitif dan kombinasi, pilih pembersih dengan tekstur yang sangat lembut seperti facial foam. Namun hindari bahan pewangi, hipoalergik, paraben, dan bebas iritan. Paling disarankan dengan basis air sehingga tidak mengganggu kulitmu.


Setelah mengetahui perbedaan facial foam dan facial wash, kamu bisa memakai yang paling sesuai dengan tipe kulitmu. Agar tak berisiko dan tetap aman, direkomendasikan untuk konsultasi pada dokter sehingga mendapatkan arahan terbaik. Diri Care menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan perawatan maksimal untuk kulit wajah Anda dengan rekomendasi skincare sesuai kebutuhan Anda.

 

Bersama Diri Care, Anda akan didukung secara langsung oleh praktisi kesehatan yang berpengalaman dengan proses simpel dan solusi berkualitas. Selain itu, Anda pun akan menadapatkan rekomendasi skincare yang tepat dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai rawat diri bersama Diri Care!


Referensi:

https://beautybyearth.com/blogs/blog/lets-talk-benefits-foaming-face-wash

https://www.healthshots.com/beauty/skin-care/benefits-of-face-washing/

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101

https://www.vogue.in/content/how-to-pick-the-best-face-wash-based-on-your-skin-type

Tag:
cuci muka
sabun cuci muka
skin barrier
skincare
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.