GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Penyebab, Tips & Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Kulit Wajah

dr. Flora F.-25 Mei 2022
artikel flek noda hitam wajah melasma diricare.com

Flek hitam terjadi ketika ada rangsangan dari luar yang menyebabkan peningkatan produksi melanin, sebuah senyawa dalam tubuh yang memberikan warna kulit.


Penyebab flek dan penanganannya

Beberapa faktor pencetus flek hitam antara lain: bekas peradangan jerawat dan psoriasis, luka gigitan serangga, sayatan, luka bakar atau cedera lainnya, obat-obatan tertentu, skincare atau produk rambut yang mengiritasi kulit, perubahan hormon misalnya saat hamil atau penggunaan KB hormonal, dan paparan sinar matahari. Penanganan flek berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya: 


1. Pada kasus flek hitam yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti jerawat, terapi utama yang harus dilakukan adalah menghilangkan penyebab dari flek tersebut sehingga tidak timbul flek baru lagi. Flek jenis ini dapat memudar dengan sendirinya.


2. Bila flek hitam pada wajahmu disebabkan oleh produk skincare maupun produk rambut yang mengiritasi kulit maka kamu harus menggantinya dengan produk yang lebih ringan. Kamu juga dapat mencari produk yang memiliki label untuk kulit sensitif.


3. Untuk flek hitam yang disebabkan oleh obat tertentu, jangan langsung berhenti minum obat tersebut. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter yang meresepkan obat tersebut bahwa kamu mengalami efek samping perubahan warna kulit yang tidak diinginkan. Tanyakan pada dokter apakah kamu bisa mengganti obat tersebut dengan obat lainnya.


4. Flek hitam yang muncul akibat paparan sinar matahari dan hormon seperti lentigo dan melasma mungkin membutuhkan intervensi dari dokter seperti laser dan peeling.


Kesabaran

Kunci utama dalam mengobati flek hitam adalah kesabaran. Kulit membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 12 bulan untuk memudarkan flek hitam. Apalagi kalau flek hitam terletak di bagian kulit yang lebih dalam sehingga untuk memudarkannya membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Berbagai treatment, baik dengan skincare maupun tindakan dokter, dapat mempercepat proses ini.


Sunscreen

Penggunaan sunscreen sangat penting untuk penanganan dan pencegahan flek hitam. Tujuannya adalah melindungi kulit dari sinar UV agar tidak terbentuk flek hitam baru pada kulitmu dan tidak memperburuk flek yang sudah ada. Sebaiknya gunakan sunscreen minimal SPF 30, proteksinya menyeluruh, memiliki kandungan titanium dioxide atau zinc oxide, dan bersifat non-comedogenic bila kamu memiliki kulit berminyak.


Untuk mempercepat pudarnya flek hitam, kamu dapat menggunakan skincare dengan bahan aktif berikut ini:


1. Glycolic acid

Glycolic acid merupakan salah satu jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang membantu mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi, terutama pada area yang memiliki kelebihan melanin. Wajahmu akan lebih cerah, bersih, dan glowing dengan melakukan eksfoliasi kimiawi ini. Kulit yang sudah tereksfoliasi juga akan menyerap skincare selanjutnya dengan lebih baik. Glycolic acid dapat ditemukan dalam produk-produk seperti sabun cuci muka, toner, serum, dan krim.


2. Salicylic acid

Salicylic acid termasuk dalam golongan beta hydroxy acids (BHA) yang merupakan bahan eksfoliasi kimiawi. Dalam hal ini, ia membantu mengatasi flek hitam yang disebabkan oleh jerawat. Tidak hanya mengurangi kemerahan dan iritasi, salicylic acid juga membersihkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Diharapkan ketika jerawat sembuh dan jarang muncul maka flek hitam baru juga tidak akan terbentuk. Walaupun tujuan utama dari salicylic acid adalah mencegah dan menyembuhkan jerawat, namun ia dapat merangsang pembentukan sel kulit baru yang membantu proses memudarkan flek hitam.


3. Retinoid

Retinoid dapat memudarkan flek hitam dengan menstimulasi produksi kolagen, mempercepat pembentukan sel kulit baru, serta mengangkat sel kulit mati. Retinoid memiliki beberapa turunan seperti retinol yang terdapat dalam skincare yang dijual bebas dan tretinoin yang harus diresepkan oleh dokter.

Aplikasikan retinoid sesuai anjuran dari dokter atau label pada kemasan. Penggunaan retinoid yang berlebihan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan terbentuknya flek hitam yang baru. Untuk menghindari efek samping tersebut, kamu dapat memperkenalkan retinoid ke kulit secara bertahap. Misalnya pada minggu pertama, aplikasikan retinoid satu kali seminggu. Lalu dua kali seminggu pada minggu ke-2 dan ke-3. Bila kulit tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi, kamu dapat menggunakannya dua hari sekali, dan pada akhirnya setiap hari. Retinoid dan turunannya hanya boleh digunakan pada malam hari.


4. Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 yang saat ini sedang populer di dunia skincare. Niacinamide dapat memudarkan flek hitam serta memberikan efek glowing pada kulitmu. Ia juga bersifat anti radang sehingga cocok untuk orang dengan kulit sensitif dan mudah merah.


5. Hidrokuinon

Hidrokuinon dikenal sebagai bahan pemutih kulit yang dapat memudarkan hiperpigmentasi / penumpukan melanin pada kulit. Hidrokuinon merupakan bahan aktif yang sangat kuat untuk mengatasi flek hitam dan hanya bisa ditebus dengan resep dokter. Penggunaannya harus diawasi oleh dokter karena memiliki efek samping mengiritasi kulit apabila digunakan secara berlebihan, serta pada penggunaan jangka panjang dapat merusak sel kulit yang normal.


6. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit melawan radikal bebas yang berasal dari radiasi UV dan polusi udara. Ia juga membantu menstimulasi produksi kolagen, menghambat pembentukan pigmen berlebih, dan mencegah pigmen yang sudah ada menjadi lebih gelap.


7. Asam traneksamat

Asam traneksamat adalah salah satu bahan aktif yang mudah ditemui dalam skincare yang beredar di masyarakat. Zat ini dapat mencerahkan kulit dan menghambat hiperpigmentasi. Meskipun tidak sekuat bahan aktif lain, biasanya asam traneksamat dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya untuk melawan hiperpigmentasi dan melasma.


8. Kojic acid

Kojic acid merupakan salah satu antioksidan yang sedang populer akhir-akhir ini. Ia bekerja dengan menghambat produksi pigmen berlebih sehingga kulit menjadi cerah dan memudarkan flek hitam yang sudah ada.


Sebaiknya sebelum menggunakan produk-produk diatas, periksakan kondisi kulitmu terlebih dahulu ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan kandungan skincare yang paling tepat untuk masalah flek yang kamu miliki.


Kamu juga dapat berkonsultasi dahulu dengan Tim Dokter Diri untuk mendapatkan rekomendasi skincare terbaik untuk mengatasi keluhan kulitmu. Kunjungi blog Diri untuk membaca artikel mengenai kesehatan kulit lainnya

Tag:
flek hitam
freckles
melasma
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.