GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Kenali Perbedaan Manicure dan Pedicure yang Umum Dilakukan untuk Merawat Diri

Tim Penulis Diri-06 Feb 2023
perbedaan manicure pedicure

Merawat diri penting untuk dilakukan. Tujuannya selain untuk menjaga penampilan, juga bisa mempengaruhi kondisi psikis. Seperti kalau kamu sedang lelah dan perlu me time, aktivitas manicure serta pedicure sering jadi pilihan alternatif untuk merawat diri. Tetapi, tahukah kamu perbedaan manicure dan pedicure? Biar nggak salah, yuk pahami bedanya dan penjelasan lengkapnya.



Apa perbedaan manicure dan pedicure?

Manicure dan pedicure merupakan salah satu layanan di spa. Keduanya dirancang khusus untuk tangan dan kaki agar penampilannya menarik serta estetis. Nah, selain perawatan spesifik yang dilakukan sesuai kebutuhan konsumen, layanan manicure dan pedicure umumnya menambahkan pijatan yang menenangkan. Lantas, apa saja perbedaan manicure dan pedicure?


     1.  Definisi

Keduanya sama-sama memiliki asal kata dari bahasa Latin. Manicure berasa dari kata manus yang berarti ‘tangan’ dan cura yang berarti ‘peduli’. Sedangkan pedicure, dari kata pedi artinya ‘kaki’.Perbedaan manicure dan pedicure terletak pada bagian tubuh untuk dirawat atau diperhatikan yaitu tangan dan kaki.


     2.   Letak perawatan pada bagian tubuh

Lewat asal kata di atas, perbedaan manicure dan pedicure dapat terlihat jelas. Manicure adalah perawatan tangan sedangkan pedicure adalah perawatan pada kaki. Secara spesifik, keduanya merawat bagian jari, kuku, dan memberikan pijatan pada tangan dan kaki. Meski sama-sama untuk perawatan diri, secara teknis manicure dan pedicure berbeda.


     3. Perbedaan teknis perawatan

Untuk perbedaan manicure dan pedicure, secara teknis terletak pada perawatannya. Manicure, perawatannya lebih komprehensif mencakup cat kuku, merawat kutikula, mengangkat kulit mati. Sedangkan pedicure, untuk memanjakan kaki dan jari kaki dengan pembersihan, pengikisan, dan pembentukan kuku.


     4.   Kerumitan perawatan

Perbedaan manicure dan pedicure selanjutnya adalah pada kerumitan perawatan. Karena secara teknis bagian kaki membutuhkan perawatan lebih daripada tangan, maka umumnya pedicure lebih mahal daripada manicure. Pada pedicure, lulur dibutuhkan lebih banyak untuk mengangkat sel kulit mati pada tumit. Kulit tangan biasanya lebih lembut sehingga tak perlu pengelupasan berlebihan seperti pada tumit kaki.


     5.   Perbedaan dalam proses

Sebelum memotong kuku tangan, diperlukan mengaplikasi krim, minyak, atau losion. Tujuannya agar lebih lembap dan kulit mati mudah diangkat. Kemudian, tangan direndam dalam air hangat selama beberapa menit sambil dipijat. Setelah itu, baru kuku akan dibentuk dan kutikula dirapikan. Nah, jangan salah, bentuk pemotongan kuku tangan sangat bervariasi. Di antaranya, bentuk potongan kotak, oval, kombinasi kotak dan oval, serta stiletto.


Perbedaan manicure dan pedicure, terletak pada pembersihan. Kalau urutannya sebenarnya tidak berbeda secara signifikan. Hanya saja, pedicure akan menggosok dan membersihkan kaki dengan batu apung serta kikir kaki.


Setelah mengetahui perbedaan manicure dan pedicure, tak afdol kalau kamu enggak tahu tentang manfaat keduanya. Selain bermanfaat untuk kecantikan diri, manicure dan pedicure sama-sama menjaga kesehatan baik fisik serta mental.


Manfaat manicure dan pedicure

Seseorang melakukan manicure dan pedicure bukan tanpa alasan. Perawatan ini, baik untuk merawat diri baik untuk keindahan, kesehatan, termasuk fisik dan psikis. Apa saja manfaat manicure dan pedicure? Ini daftarnya.


     1.  Keindahan

Alasan pertama manicure dan pedicure adalah untuk mengubah, menyempurnakan, dan mempertahankan keindahan tampilan kuku. Mulai dari warna cat kuku yang dipoles, panjang pendeknya kuku, bentuk, hingga aksesoris yang ditempelkan pada kuku.


    2.  Kesehatan fisik

Perbedaan manicure dan pedicure, tak lebih dari sekedar teknis dan letak perawatan pada bagian tubuh, tetapi keduanya sama-sama berkaitan dengan kesehatan. Bagian tangan dan kaki yang diberikan perawatan antara lain kuku dan kulit. Kalau dari sudut pandang kesehatan, manicure dan pedicure dapat membantu pertumbuhan kuku alami. Selain itu, perawatan disesuaikan dengan kebutuhan misalnya mengalami kekeringan kronis atau kapalan yang perlu diatasi.


    3.  Kesehatan mental

Manicure dan pedicure merupakan cara tepat untuk me time. Kamu bisa meluangkan waktu untuk keluar dari tekanan atau stres. Aktivitas merawat diri, terutama tangan dan kaki, bisa membantu memanjakan diri lho!


    4.  Relaksasi

Aroma harum dan pijatan tangan atau kaki dapat membantu lebih rileks. Kalau kamu punya kesibukan pada hari-hari kerja, kamu bisa meluangkan waktu untuk manicure atau pedicure untuk mengendurkan ketegangan otot pada tangan serta kaki.


    5.  Meningkatkan rasa percaya diri

Terlihat cantik, nyaman, dan sehat dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini bisa diperoleh dengan merawat diri seperti manicure dan pedicure. Nah, untuk merawat kulit wajah dan mengatasi keluhan pada kulit, kamu bisa merawat diri didampingi dokter berpengalaman dan tim klinis di klinik Diri. Sudah tahu ‘kan apa manfaat manicure dan pedicure? Bagaimana jika kamu ingin melakukan kedua jenis perawatan diri ini di rumah? Bisa kok! Ikuti tips di bawah ya.


Tips manicure dan pedicure

Punya kuku yang indah perlu effort dalam merawatnya. Tidak bisa sembarangan, dalam merawat kuku tangan dan kaki, harus secara benar. Bagaimana caranya? Ini tipsnya.


  1. Oleskan krim yang melembabkan kuku sebelum kamu memotong atau memberi warna cat pada kuku.
  2. Memotong kutikula dengan serampangan, bisa membuat infeksi. Artinya, jangan sampai memotong atau menarik paksa kutikula. Kamu bisa membersihkan bagian tepi kuku ini setelah mandi atau berendam agar pori-pori lebih terbuka dan lebih mudah mengangkat kutikula.
  3. Selain dua tips di atas, kamu wajib memperhatikan peralatan perawatan kuku. Pastikan pemotong kuku, kuas, dan kikir tidak jadi rumah bakteri yang dapat menginfeksi.
  4. Hindari memakai kuku palsu karena rentan terinfeksi jamur dan membuat kuku semakin rapuh. Tetapi bagi kamu yang ingin melakukannya, tetap boleh asalkan tidak dipakai terus-menerus.
  5. Ketahui produk yang kamu pakai untuk manicure dan pedicure. Karena pada beberapa orang, produk dengan kandungan tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi.


Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan manicure dan pedicure, manfaat, dan tips jika melakukannya di rumah. Soal merawat diri, perlu kamu lakukan secara benar ya! Sedangkan untuk merawat kulit wajah, rambut, dan mengatasi masalah kulit, kamu bisa percayakan pada klinik Diri. Di klinik Diri, perjalananmu dalam merawat diri didampingi oleh dokter berpengalaman, tim klinis, dan formula perawatan yang personalized.

 

Sumber:

https://allthedifferences.com/what-are-the-differences-between-a-pedicure-and-a-manicure/

https://www.msccollege.edu/blogs/nails/what-is-included-in-a-manicure-pedicure/

https://www.aad.org/public/everyday-care/nail-care-secrets/basics/pedicures/manicure-pedicure-safety


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.