GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Simak Perbedaan Serta Keuntungan Diet Vegan dan Vegetarian untuk Kesehatan!

Tim Penulis Diri-13 Mar 2023
perbedaan vegan dan vegetarian

Masih banyak orang mengira kalau vegan dan vegetarian sama, tapi ternyata keduanya berbeda. Memangnya apa perbedaan vegan dan vegetarian? Lalu, apakah vegan dan vegetarian termasuk diet makanan yang sehat dan punya banyak manfaat? Yuk, ulas lebih jauh tentang vegan dan vegetarian di artikel berikut ini.



Pengertian Vegetarian

Seperti yang sudah banyak diketahui, vegetarian merupakan orang yang tidak mengonsumsi daging hewan, seperti daging merah, daging unggas, ikan, kerang, atau berbagai jenis daging dari hewan yang disembelih.


Sebagai gantinya, orang yang menjalani diet vegetarian sehari-hari melahap makanan yang mengandung protein nabati untuk memenuhi nutrisi. Contohnya sayur-sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sereal.


Meski tidak mengkonsumsi segala jenis daging, tapi vegetarian masih memakan produk-produk hewani seperti madu, keju, susu, yogurt, dan telur. Kemudian, vegetarian terbagi menjadi empat macam yang akan dijabarkan sebagai berikut:


1. Lacto-Ovo Vegetarian

Vegetarian jenis pertama ini adalah orang yang menghindari semua jenis daging hewan, tetapi masih tetap mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Biasanya berupa telur dan susu.


2. Pescatarian

Pescatarian adalah diet vegetarian yang tidak makan daging merah dan juga daging unggas. Namun, mereka tetap memenuhi kebutuhan protein hewani dengan mengonsumsi daging ikan dan makanan laut lainnya.


3. Lacto Vegetarian

Selanjutnya, vegetarian yang kedua adalah Lacto Vegetarian atau jenis vegetarian yang tidak memakan daging-dagingan dan juga telur. Meski begitu, Lacto Vegetarian ini masih mengonsumsi produk susu, yaitu yogurt, keju, dan susu segar.


4. Ovo Vegetarian

Ketiga, orang yang termasuk ke dalam Ovo Vegetarian adalah orang yang menolak mengonsumsi semua daging hewan serta produk olahan susu. Tapi di sisi lain, Ovo Vegetarian masih tetap memakan telur.


5. Vegan

Terakhir, Vegan adalah jenis diet vegetarian yang paling ekstrim. Orang-orang yang menjalani diet vegan berkomitmen untuk tidak mengonsumsi segala jenis protein hewani, mulai dari daging, telur, produk olahan susu, madu, dan sebagainya. Tidak hanya terbatas di makanan saja, Vegan juga tidak memakai segala jenis produk yang berasal dari hewan.


Pengertian Vegan

Walaupun memiliki prinsip yang sama, yaitu tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi diet vegan jauh lebih ketat daripada vegetarian. Diet vegan sama sekali tidak memakan daging, susu, telur, semua produk turunan susu, hingga tidak memakai produk-produk berbahan baku hewani. Orang-orang yang menjalani diet vegan mempunyai prinsip untuk menghindari semua bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan. Baik dalam bentuk makanan, produk skincare, kosmetik, dan produk perawatan lainnya yang masih memiliki komposisi hewani serta melakukan uji coba ke hewan.


Selain berhenti memakan daging, susu, telur, dan produk-produk turunan susu, biasanya orang yang menjalani diet vegan tidak lagi mengonsumsi gelatin, madu, karmin, pepsin, shellac, albumin, protein whey, kasein, dan beberapa produk vitamin D3. Dalam prinsip mereka, para vegan menentang penyembelihan hewan untuk dimakan, tetapi mereka masih menoleransi konsumsi telur dan susu selama hewan dalam kondisi yang baik, sehat, dan tidak stres.


Para vegan juga memiliki keyakinan jika hewan seharusnya tidak boleh didomestikasi oleh manusia. Selain itu, berdasarkan prinsip mereka, manusia juga tidak boleh mengambil manfaat dari hewan sebagai bahan makanan, bahan baku pakaian, eksperimen laboraturium, atau hiburan.


Fakta Menarik Tentang Vegetarian dan Vegan

Melansir dari laman Healthline, diet vegetarian sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, tepatnya 700 tahun sebelum masehi. Ada berbagai macam motivasi orang-orang yang memutuskan menjadi vegetarian, misalnya karena kondisi kesehatan, adat, lingkungan, hingga keyakinan. Seiring berkembangnya diet vegetarian di masyarakat, barulah muncul diet vegan. Meski jenis diet ini masih tergolong baru, diet vegan sudah mengalami banyak penyesuaian. 


Perbedaan Antara Vegetarian dan Vegan

Setelah mengetahui pengertiannya masing-masing, perbedaan vegan dan vegetarian ada pada prinsip yang mereka percayai tentang pemanfaatan hewan oleh manusia.

Prinsip vegetarian tidak seketat vegan yang sampai melarang penggunaan hewan untuk dikonsumsi dan dijadikan sebagai hiburan.


Oleh karena itu, meski tidak memakan dagingnya, tetapi vegetarian masih mengonsumsi susu, telur, keju, dan semua yang berasal dari turunan susu.


Keuntungan dan Kerugian Menjadi Vegetarian dan Vegan

Lalu, apakah menjadi seorang vegetarian dan vegan memberikan keuntungan? Merujuk dari Healthline, sebuah studi telah membuktikan kalau orang yang menjalani diet vegetarian dan vegan cenderung memiliki lemak dan kolesterol yang rendah.


Di samping itu, karena seorang vegan dan vegetarian sehari-hari mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, mereka dapat memenuhi semua kebutuhan serat, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mereka tidak akan merasakan konstipasi dan imunitas mereka pun kuat.


Sayangnya, menjadi vegetarian dan vegan juga memiliki kekurangan. Mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan zat besi, kalsium, zinc, omega 3, vitamin B12, dan vitamin D. Sebagai gantinya, mereka bisa memenuhi deretan nutrisi tersebut dalam bentuk suplemen. Bisa juga menggantinya dengan makanan lain yang memiliki nutrisi yang sama dengan protein hewani.


Walaupun menjadi vegan dan vegetarian berpotensi kekurangan beberapa nutrisi penting, tetapi Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan jika diet vegan dan vegetarian aman dan menyehatkan asalkan sudah terencana dengan baik.


Itu dia ulasan singkat tentang perbedaan vegan dan vegetarian yang harus kamu ketahui. Jadi, kamu tidak akan salah lagi membedakan antara vegan dan vegetarian. Saat ini orang yang menjalani diet vegan ataupun vegetarian semakin banyak. Ditambah lagi sudah banyak penelitian yang membuktikan jika diet ini aman dan baik untuk kesehatan.


Selain melakukan diet, kamu juga tidak boleh abai pada tampilan kulit. Jagalah kesehatan kulit dengan perawatan skincare dari Klinik Diri. Selain mendapatkan produk berkualitas, kamu pun bisa konsultasi gratis dengan dokter berpengalaman di Klinik Diri agar kulitmu bisa cantik paripurna.


Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/vegan-vs-vegetarian#which-is-healthier

https://www.heartfoundation.org.nz/wellbeing/healthy-eating/nutrition-facts/plant-based-vegetarian-vegan-diets


banner-artikel
Tag:
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.