GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Cari Tahu Sejarah di Balik Potongan Buzz Cut ala Militer Serta Rekomendasi Gaya Buzz Cut agar Tetap Stylish

Tim Penulis Diri Care-25 Jul 2023
sejarah-buzz-cut

Seiring berkembangnya zaman, model potongan rambut pria semakin bervariasi. Para pria pun jadi bisa lebih mengekspresikan diri mereka melalui gaya rambut. Beberapa pria lebih nyaman dengan potongan rambut yang agak panjang karena lebih mudah ditata. Namun sebagian lagi lebih suka model rambut cepak karena dianggap lebih praktis. Meski banyak yang berpendapat potongan rambut buzz cut atau cepak sedikit ketinggalan zaman, tapi ternyata potongan rambut klasik ini mengalami perkembangan dan punya banyak variasi. Mari simak rangkuman berikut ini.


Serba-Serbi Singkat tentang Buzz Cut

Tukang cukur di seluruh dunia pasti tahu model buzz cut. Gaya rambut pria paling klasik ini terkenal dengan gayanya yang simpel dan sangat maskulin. Kebanyakan yang memakai model potongan buzz cut ini adalah pria dari kalangan militer. Tapi tak sedikit juga pria dari luar militer yang senang dengan potongan buzz cut.


Rata-rata pria yang suka dengan potongan buzz cut ini tidak terlalu memperhatikan soal penampilan, tetapi lebih memikirkan kepraktisan dan efisiensi. Potongan cepak dinilai tidak bikin gerah, tidak perlu macam-macam perawatan, lebih cepat kering, dan tidak mengganggu pandangan. Meski gaya buzz cut kerap dianggap kuno dan kurang menarik, tetapi model rambut satu ini bisa dibilang sebagai salah satu model rambut yang universal, sebab gaya rambut ini cocok diaplikasikan di segala usia.


Di samping itu potongan cepak juga cocok untuk berbagai jenis rambut, semua tipe bentuk wajah, dan warna rambut apapun. Bahkan beberapa wanita juga merasa nyaman dengan potongan rambut buzz cut ini. Dengan kata lain model buzz cut cocok untuk siapa saja.

Selain mudah dirawat dan tidak bikin gerah, potongan buzz cut dianggap menguntungkan karena cara memotongnya yang sangat mudah. Kamu hanya memerlukan alat pencukur rambut dan bisa melakukannya sendiri di rumah.

Namun, ketika kamu berniat mencukur sendiri di rumah, pastikan kulit kepala dalam keadaan bersih dan tidak terdapat luka. Lalu, waktu mencukur area sekitar telinga, harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena alat cukur yang tajam dapat menggores kulit telinga.


Sejarah dan Perkembangan Variasi Potongan Buzz Cut

Secara harafiah kata buzz cut sebenarnya merujuk pada ‘keluarga potongan rambut’, karena pada gaya rambut ini ukuran panjang rambut dibuat seragam menyerupai ‘sebuah keluarga’.

Melansir dari situs Dazed Digital, pria yang pertama kali memotong rambutnya dengan gaya buzz cut adalah para tentara Romawi. Kemudian, gaya rambut cepak kembali populer di kalangan militer sekitar tahun 1800-an, tepatnya oleh para tentara Perancis.

Pada waktu itu, banyak tentara Perancis memangkas habis rambut mereka dan hanya menyisakan sekitar 1,5 milimeter saja. Mereka memotong rambut sampai cepak untuk menghindari kutu dan menjaga kebersihan.


Lalu, di tahun 1950-an, militer Amerika Serikat mulai menerapkan aturan buzz cut sebagai standar rambut para pria di kalangan militer. Ketentuan itu memberikan banyak keuntungan bagi kalangan militer karena dinilai efisien untuk para tentara yang melakukan banyak aktivitas berat di luar ruangan.

Akhirnya negara-negara lain pun ikut membuat aturan yang sama untuk kalangan militer mereka, seperti Inggris, Tiongkok, Rusia, Australia, Korea Selatan, hingga Indonesia.

Menurut Menshealth.com, walaupun rambut cepak tidak memerlukan perawatan ekstra seperti gaya rambut yang lain, tetapi pemilik rambut buzz cut juga harus memperhatikan kondisi kulit kepala.


Potongan rambut yang sangat pendek mengakibatkan kondisi kulit kepala dapat terlihat sangat jelas. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan dan kelembaban kulit kepala dengan rutin keramas dan memakai serum rambut.


Pada potongan buzz cut memang tidak ada standar pasti ukuran seberapa panjang dan pendek rambut, sehingga setiap orang punya preferensi potongan buzz cut yang berbeda-beda. Dari sanalah gaya rambut buzz cut mengalami perkembangan dan mempunyai banyak variasi.


Zero Buzz Cut

Zero buzz cut merupakan variasi potongan yang paling dasar dan paling ekstrim. Tukang cukur akan memangkas rambut sampai hampir habis hingga menuju botak. Oleh karena itu, variasi ini disebut ‘zero’.


Induction Buzz Cut

Gaya cepak satu ini terhitung potongan cepak yang cukup kuno karena sejak dulu sudah dipakai oleh para tentara. Meski potongan induction buzz cut tidak sampai sependek zero buzz cut, tetapi variasi ini terhitung sangat pendek dan membuat kepala seakan menyerupai kanvas hitam.


Burr Buzz Cut

Model rambut burr buzz cut nyaris sama dengan induction buzz cut, tapi bedanya potongan ini masih menyisakan 1-2 milimeter lebih panjang. Lalu, rambut yang tumbuh juga masih dapat dilihat karena tidak sependek dua variasi sebelumnya.


Lineup Buzz Cut

Terdapat sedikit modifikasi pada potongan lineup buzz cut daripada ketiga variasi sebelumnya. Berbeda dari potongan sebelumnya yang membiarkan bentuk rambut secara natural, pada potongan ini terdapat garis tegas di sekitar leher dan wajah sehingga membuatnya lebih bertekstur. Model ini lebih cocok bagi orang yang memiliki rambut tebal.


Knuckle Buzz Cut

Daripada potongan-potongan rambut sebelumnya yang terkadang memperjelas masalah kebotakan, sebaliknya potongan model knucle buzz cut bisa membuat visual rambut cepak jadi lebih bervolume.


Taper Buzz Cut

Bentuk taper buzz cut agak berbeda dari model buzz cut yang lain. Potongan taper mencukur bagian cambang dan garis leher lebih tipis. Sementara itu, rambut bagian atas dibiarkan lebih panjang sedikit dengan mempertahankan bentuk rambut naturalnya.


Skin Fade Buzz Cut

Sesuai julukannya, potongan skin fade buzz cut memangkas rambut bagian bawah dan samping sampai tipis sekali hingga kulit kepala terlihat jelas. Kemudian rambut di sisi atas kepala disisihkan beberapa milimeter lebih panjang.


High and Tight Buzz Cut

Banyak selebriti Hollywood yang suka mencukur rambut mereka dengan gaya high and tight buzz cut karena nampak trendy dan maskulin. Model potongan ini mampu memberi ilusi rambut bagian atas lebih tebal dan tinggi, karena di rambut samping dan bawah dipangkas tipis. Terciptanya ilusi ini bisa membuat bentuk wajah lebih lonjong, model ini sangat cocok bagi pemilik wajah bulat.


Crew Cut

Crew cut menjadi variasi buzz cut yang paling panjang karena panjang rambut bagian atas bisa sampai 1-4 inchi dan di sisi-sisi samping serta belakang dipangkas sangat tipis. Biasanya supaya terlihat lebih modis, para pria menata rambut bagian atas ke arah depan atau ditata ke belakang dengan tambahan pomade.

Meski gaya potongan rambut buzz cut dianggap ketinggalan zaman, tetapi setelah berkembangnya zaman lahirlah berbagai variasi buzz cut sehingga tetap modis dan tidak monoton. Jangan hanya memperhatikan tatanan rambut saja, tapi kamu juga wajib menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Diricare menyediakan berbagai produk perawatan rambut yang berada di bawah pengawasan dokter berpengalaman. Yuk, mulai konsultasi online sekarang!


Sumber:

https://haircutinspiration.com/buzz-cut/

https://www.gq.com/gallery/buzzcut-guide-summer-haircut

https://menshaircuts.com/buzz-cut-types-guide/

https://www.menshealth.com/style/a19546134/men-haircuts-should-i-buzz-head/

https://www.dazeddigital.com/beauty/article/49567/1/a-cultural-history-of-the-buzzcut-elvis-grace-jones-sinead-adwoa-aboah

 

banner-artikel
Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.