GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Mengenal Ciri-Ciri dari 9 Tipe Kepribadian Manusia, Cek Kamu yang Mana!

Tim Penulis Diri-02 Mei 2023
mengenal kepribadian manusia

Setiap orang berbeda kepribadian yang mana dikategorikan dalam beberapa tipe. Kepribadian bisa sebagai pegangan dalam proses kolaborasi. Selain juga berguna dalam mengenali diri agar dapat berkembang lebih maju. Tahukah kamu kalau terdapat 9 tipe kepribadian manusia yang memiliki ciri-ciri berbeda?


Banyak model dan tes yang dipakai dalam menjelaskan atau membaca kepribadian manusia. Kalau berdasarkan model Enneagram yang diinisiasi oleh Oscar Ichazo, kepribadian ialah tentang bagaimana seseorang merespons dan bertindak ketika berada pada situasi tertentu.


Sebagai contoh, dalam satu peristiwa kebakaran, ada orang yang terdorong menyelamatkan korban, ada pula yang melihat dari tepi jalan, yang lain ketakutan, dan ada pula yang menceritakan kronologi peristiwa. Setiap orang dalam satu peristiwa tertentu akan merespons dan melakukan tindakan berdasarkan impuls yang kita kenal sebagai kepribadian.


Dengan mengetahui 9 tipe kepribadian manusia yang dijelaskan di bawah ini, kamu bisa meningkatkan hubungan. Baik hubungan personal terkait relasi cinta hingga hubungan profesional berkaitan dengan pekerjaan atau hubungan sosial, pertemanan, dan keluarga. Apa saja tipe dan ciri-ciri setiap kepribadian? Yuk cek daftarnya.


1. The Idealist

Seorang idealis juga disebut kepribadian yang berprinsip, teliti, dan perfeksionis. Mereka yang idealis, biasanya pekerja keras. Idealis juga dianggap sebagai pembaharu, yang mana tidak bekerja untuk dirinya sendiri tetapi juga dalam sebuah tim kerja.


Kalau berdasarkan urutan dari 9 tipe kepribadian manusia, seorang idealis berada di ujung tombak. Karena mereka berdedikasi dan sangat disiplin. Pekerjaan yang cocok untuk seorang perfeksionis seperti the idealist ialah desainer.


Nah, ciri-ciri tipe kepribadian idealis, mereka kadang enggak toleran dengan kelemahan orang lain. Ini berarti mereka cukup keras kepala namun tetap terbuka menerima kesalahan kok.


2. The Helper

Berbeda dengan tipe kepribadian sebelumnya, the helper disebut juga pengasuh atau caregiver. Ciri-ciri kepribadian the helper adalah hangat, murah hati, dan peka terhadap kebutuhan orang lain. Urutan kedua dari 9 tipe kepribadian manusia ini, sulit sekali berkata ‘tidak’ karena mereka sendiri takut akan penolakan.


Kalau kamu punya pasangan dengan tipe kepribadian ini, mereka ialah pendengar yang baik. Selain itu, the helper juga andal memelihara hubungan.


3. The Achiever

Seperti namanya, the achiever, kepribadian ini memiliki ciri-ciri yang berorientasi pada kesuksesan. Mereka menetapkan tujuan untuk dicapai dan luar biasa dalam segala hal. Seorang achiever adalah pribadi menawan dan percaya diri. Seringkali, mereka menginspirasi orang-orang di sekitarnya. Penting dipahami, seorang achiever takut tidak berarti atau tak menjadi siapa-siapa. Jadi, status penting bagi pemilik kepribadian ini.


Kekuatan terbesar orang berkepribadian the achiever ialah realistis dalam mengejar tujuan. Mereka membagi tujuan secara terstruktur, mana yang bisa dicapai dalam jangka waktu pendek atau menahun ke depan.


4. Individualis

Seorang individualis juga disebut sebagai pribadi romantis, karena mereka sangat sensitif dan temperamental. Mereka ingin menjadi bermakna dan sering terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan kreativitas. Urutan keempat dari 9 tipe kepribadian manusia yang dikenal sebagai pribadi individualis ini, sangat menghargai keindahan. Mereka juga hangat, berempati, dan menyayangi orang-orang terdekatnya.


Berbeda dengan the achiever, seorang individualis kerap menetapkan tujuan yang tak realistis. Mereka cukup utopis, namun unggul dalam menciptakan suasana nyaman karena mereka baik hati dan humoris.


5. The Observer

Kalau kamu termasuk seorang pemikir dan introspektif, kemungkinan masuk dalam urutan kelima dari 9 tipe kepribadian manusia. Tipe kepribadian observer ini, perhatiannya fokus pada pengetahuan dan pemahaman diri. Mereka sering tenggelam dalam pikirannya dan senang sekali membedah konsep. Kadang, mereka enggak peduli seberapa hasil material atau status sosial. Tetapi mereka suka mengamati, belajar, dan berpikir. Tipe kepribadian observer cenderung suka menyendiri. Karena tak suka bersosialisasi, mereka sering diabaikan di tempat kerja.


6. Loyalis

Seperti pepatah, kalau kamu bertemu seseorang yang loyal maka patut dipertahankan. Alasannya, mereka setia pada komitmen. Tetapi pribadi urutan keenam dari 9 tipe kepribadian manusia ini, selalu curiga dan dipayungi keraguan. Mereka sering berpikiran buruk kalau belum percaya sepenuhnya pada orang lain. Dengan begitu, seorang loyalis kerap berpikiran analitis dan protektif agar terhindari dari bahaya.


7. Petualang

Tipe kepribadian petualang atau adventurer menganggap kebebasan sangat berarti. Mereka suka aktivitas spontan dan bersenang-senang. Dibanding urutan sebelumnya, tipe petualang paling terhindar dari stres. Mereka sangat optimis, menganggap tantangan perlu dilakoni dengan baik, dan sulit berkomitmen pada satu hal.


Pribadi yang sulit berkomitmen, mungkin bisa bikin masalah. Namun, kalau bersepakat dengan pasangannya atau tim kerjanya, maka bisa menciptakan suasana yang selalu baru dan segar.


8. The Warrior

The warrior ialah urutan kedelapan dari 9 tipe kepribadian manusia. Mereka pribadi yang kuat, berani, dan mendominasi. Biasanya, seorang pemimpin yang tegas dan percaya diri bertipe kepribadian ini.


Tak sedikit orang menganggap tipe the warrior atau penantang dan pejuang sebagai kepribadian alpha. Mereka tidak bergantung pada siapapun dan melindungi orang-orang terdekatnya sekuat tenaga. Uniknya, kepribadian pejuang ini suka berkata jujur dan mungkin membuat orang lain tersinggung.


9. The Peacemaker

Tentu seorang yang membawa kedamaian menghindari konfrontasi. Mereka lebih suka menikmati kebersamaan yang hangat dan suportif. Karena tak suka menghakimi dan mengkritik, ciri-ciri karakter urutan terakhir ini biasanya jadi penengah.


Seorang pembawa damai, umumnya dapat membantu meredakan ketegangan dan cenderung introvert. Nah, seorang peacemaker suka menarik diri kalau sedang tertimpa masalah. Mereka lebih suka menyendiri untuk mendapatkan pilihan atas kebimbangan hatinya.


Setelah menyimak penjelasan tentang 9 tipe kepribadian manusia, kamu termasuk yang mana? Penting dipahami bahwa setiap kepribadian memiliki keunggulan dan pola pikir yang tak menguntungkan atau memicu stres. Dengan penjelasan di atas, amati dengan cermat ciri-ciri setiap tipe kepribadian.


Sebagai penutup, semoga ulasan tentang 9 tipe kepribadian manusia di atas membantu. Hal lain yang bisa membantumu mengatasi keluhan kulit, rambut, dan performa seksual, klik Klinik Diri untuk mendapatkan rekomendasi terpercaya dari dokter berpengalaman dan tim klinis ahli.


Sumber:

https://www.psychologydiscussion.net/essays/personality-development/personality-traits/top-9-types-of-personality-traits/1202

https://www.theworldcounts.com/purpose/9-personality-types-enneagram-numbers


Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.