GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Hasil Cat Rambut Kurang Memuaskan? Mungkin Kamu Lakukan 8 Kesalahan Ini!

Tim Penulis Diri-07 Mar 2023
tips ngecat rambut anti gagal

Mewarnai rambut bisa kamu lakukan jika sudah bosan dengan warna rambut asli sekaligus ingin mencoba hal baru. Namun tidak jarang proses pewarnaan rambut kurang memuaskan akibat warna yang tidak bisa keluar. Lalu, apa penyebab warna cat rambut tidak keluar? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk tahu jawabannya, yuk baca artikel ini sampai habis.



Kenapa Cat Rambut Tetap Tidak Keluar?

Tentunya akan mengecewakan jika kamu sudah capai-capai mewarnai rambut tapi hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Kendala seperti warna yang kurang keluar termasuk salah satu risiko dalam proses pewarnaan rambut.


Masalah warna cat rambut yang tidak keluar sering dialami oleh orang-orang terutama yang masih baru pertama kali mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah. Nah, kira-kira kenapa warna cat rambutnya tidak mau muncul?


1.  Tidak Mengaplikasikan Produk Pewarna Dalam Jumlah Cukup

Ketika kamu hendak menimpa warna rambut naturalmu dengan warna lain, pastikan kalau kamu benar-benar memakai jumlah produk pewarna rambut yang cukup. Terlebih apabila rambutmu berwarna gelap, tebal, dan panjang. Tentu membutuhkan produk pewarna dalam jumlah yang banyak agar mencapai warna yang diinginkan.


Jadi, ketika kamu berniat menyemir rambutmu, jangan takut untuk membeli produk pewarna rambut sejumlah dua hingga tiga kemasan supaya hasilnya bisa sesuai keinginanmu.


2. Proses Pewarnaan Terlalu Cepat

Dalam proses pewarnaan rambut tentu membutuhkan waktu sampai warna bisa menyerap sempurna ke batang rambut. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan tidak sebentar, yakni sekitar 30 hingga 45 menit.


Banyak orang merasa waktu yang diperlukan mengecat rambut terlalu lama, sehingga mereka seringnya tidak menunggu sampai 30-45 menit dan langsung membilasnya. Padahal jika ingin hasil yang maksimal, kamu harus menunggu cat rambut sesuai anjuran yang tercantum di luar kemasan produk pewarna rambut.


3. Salah Memilih Produk

Warna semir rambut yang kurang keluar juga bisa disebabkan karena kamu memilih produk yang tidak cocok dengan rambutmu. Untuk orang yang memiliki rambut alami berwarna gelap, membutuhkan bantuan produk developer untuk mematikan pigmen rambut.


Namun, produk developer yang kamu gunakan haurs ‘keras’ supaya hasilnya bagus. Apabila kamu memilih produk developer yang kurang kuat, tentu hasil warnanya tidak akan terlalu kentara dan kamu harus mengulangi pewarnaan hingga beberapa kali sampai kamu mendapat warna yang diinginkan.


4.      Rambut Terlalu Berminyak

Kondisi rambut ternyata bisa mengganggu proses pewarnaan rambut. Rambut yang terlalu berminyak bisa menghalangi kutikula rambut menyerap produk pewarna, karena sebum membentuk lapisan yang berguna melindungi kulit kepala dan batang rambut.


Jika akumulasi sebum terlalu banyak di batang rambut, produk pewarna justru akan luntur karena tidak berhasil terserap. Meskipun kamu dianjurkan untuk tidak keramas sebelum mulai mewarnai rambut, tetapi lebih baik pastikan rambut sudah dalam keadaan bersih dan bebas sebum.


5. Kandungan Air yang Terlalu Keras

Bila kamu sudah mengikuti proses pewarnaan rambut sesuai dengan instruksi yang ada di kemasan tetapi hasilnya masih belum memuaskan, bisa jadi masalahnya ada pada air yang kamu pakai. Bisa jadi air ledeng yang mengalir di rumahmu mengandung kaporit dan mineral.


Air yang di dalamnya terdapat kaporit dan mineral tergolong cukup ‘keras’, sehingga menghambat produk pewarna rambut menyerap sampai ke struktur rambut terdalam. Untuk mengatasi masalah ini, para ahli menyarankan mengganti produk shampo dengan jenis clarifying shampoo. Produk satu ini dapat membersihkan mineral serta kaporit yang tertinggal di batang rambut.


6. Sehabis Melakukan Treatment

Mewarnai rambut tepat setelah melakukan smoothing atau rebonding juga dapat menyebabkan warna cat rambut kurang keluar. Biasanya hasil warnanya malah pucat dan cenderung pudar. Sebab, batang rambut sedang tidak dalam kondisi prima setelah proses treatment yang panjang.


Maka dari itu, para ahli tidak menyarankan mewarnai rambut setelah melakukan treatment demi menghindari rambut rusak dan rontok. Lebih baik beri jeda waktu beberapa minggu setelah treatment tapi pastikan kondisi rambut sudah pulih dan sehat seperti semula.


7. Rambut Rusak

Rambut yang sudah terlanjur kering dan rusak tidak dianjurkan untuk diwarnai karena hasilnya akan percuma. Dalam seuntai batang rambut yang sudah rusak terdapat celah atau lubang, sehingga sangat rentan keropos dan patah.


Meski bisa saja warna cat rambut berhasil keluar, tapi ketahanannya tidak akan lama dan lebih cepat pudar. Umumnya rambut rusak bisa terjadi akibat sering kontak dengan bahan kimia keras yang didapat dari treatment salon, terbakar sinar matahari, sering keramas, dan terkena air laut (klorin) berlebih.


8. Kemampuan Penyerapan Rambut yang Rendah

Rambut memiliki kemampuan menyerap dan menjaga kelembaban atau yang disebut dengan porositas. Rambut yang sehat memiliki porositas yang tinggi. Kalau kamu sudah berkali-kali mencoba mewarnai rambut tapi hasilnya susah keluar, ada kemungkinan rambutmu punya porositas yang rendah.


Bagaimana cara mengetahui porositas rambut? Kamu cukup meletakkan beberapa helai rambut ke dalam segelas air bersuhu ruang. Bila helai rambut masih mengambang di permukaan air, tandanya porositas rambut masih terhitung baik. Sebaliknya, jika helai rambut tenggelam, artinya porositas rambut rendah.


Cara Supaya Warna Cat Rambut Keluar

Tanda proses pewarnaan rambut yang berhasil adalah hasil warnanya sesuai dengan klaim produk. Tetapi kalau kamu sering gagal dan warnanya tidak mau keluar bisa coba beberapa langkah di bawah ini.


  1. Lakukan perawatan untuk memulihkan kesehatan rambut.
  2. Hindari keramas yang terlalu sering.
  3. Konsumsi vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut.
  4. Aplikasikan tonik atau serum rambut secara teratur.
  5. Gunakan filter air untuk meminimalisir penggunaan air berkaporit.


Itu dia ulasan singkat yang bisa menjawab pertanyaanmu seputar penyebab warna cat rambut tidak keluar dan cara-cara mengatasinya. Kalau kamu punya masalah rambut rusak dan patah, bisa coba konsultasi gratis di Diricare dan dokter akan membantu menyelesaikan keluhanmu.


Sumber:

https://www.curlcentric.com/why-wont-my-hair-take-color/

https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19947003/hair-color-mistakes/


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
gaya rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.