GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Insecure dengan Tampilan Rambutmu? Yuk, Ikuti 10 Cara Dapatkan Rambut Lembut ala Orang Korea!

Ditinjau oleh dr. Nila M-27 Nov 2022
tips rambut korea

Beberapa tahun terakhir standar kecantikan sedang berkiblat pada artis-artis Korea Selatan. Tampilan para seleb yang cantik dan memukau dari atas kepala hingga kaki tentunya berhasil membuat siapa pun terpana dan ingin mengikuti resep perawatannya. Salah satu yang jadi pusat perhatian adalah perawatan rambut mereka, karena para seleb K-Pop memiliki tampilan rambut yang lembut, sehat, dan bercahaya. Artikel ini akan mengulik cara melembutkan rambut seperti orang Korea. Yuk, simak artikel ini sampai habis!


Tips Perawatan Rambut ala Orang Korea

Tidak semua orang terlahir dengan kondisi rambut yang halus dan jatuh. Bahkan beberapa orang memiliki jenis rambut yang kusut, mengembang seperti ijuk, serta sulit diatur.

Belum lagi masalah umum rambut yang susah hilang seperti rambut kering, ketombe membandel, kulit kepala gatal, atau rambut gampang lepek. Masalah rambut tersebut tentu bisa mempengaruhi tampilan rambut jadi tidak bisa maksimal.


Kalau kamu penasaran bagaimana cara para seleb Korea merawat rambut mereka agar senantiasa lembut dan berkilau, yuk simak deretan tips-tipsnya berikut ini.

Membersihkan Kulit Kepala Terlebih Dulu


Sebetulnya sumber berbagai masalah rambut berawal dari kulit kepala. Kondisi kulit kepala yang kotor, terlalu berminyak, bahkan terlalu kering bisa memicu berbagai keluhan rambut yang mengganggu. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kulit kepala benar-benar bersih dengan membersihkannya secara rutin.


Biasanya orang Korea saat keramas fokus membersihkan kulit kepala menggunakan shampo dengan jumlah yang cukup. Dengan hanya berfokus membersihkan kulit kepala saja, sel kulit mati, sebum, dan polusi yang menempel di seluruh area kulit kepala bisa terangkat dan kulit kepala pun jadi bersih.


Menggunakan Shampo Sesuai Kebutuhan Rambut

Walau terkesan sepele, sebaiknya pilih produk shampo yang menyesuaikan kebutuhan rambut. Sebab kandungan pada shampo memang sudah terformulasi khusus untuk mengatasi permasalahan rambut tertentu.


Penggunaan shampo yang tepat sesuai kegunaan dapat mempercepat penanganan masalah kulit kepala dan rambutmu. Di samping itu, formula shampo yang tepat sesuai kebutuhan juga tidak akan mengganggu pH alami kulit kepala, sehingga masalah rambut yang kamu alami pun tak bertambah parah.


Memijat Lembut Kepala Saat Keramas

Sirkulasi darah yang lancar ternyata jadi salah satu kunci rambut yang sehat. Orang Korea ketika keramas sering memijat-mijat lembut kepala mereka. Pijatan tersebut dapat meningkatkan stimulasi darah ke kepala sehingga aliran darah pun semakin lancar.


Tidak hanya itu, pijatan lembut saat keramas juga berguna memberikan sensasi relaksasi pada tubuh dan kamu pun bisa terhindar dari stress untuk sesaat. Jadi, ketika keramas kamu tidak perlu terburu-buru langsung ingin membilas shampo karena memijat-mijat kepala termasuk kegiatan ringan yang mengantarmu mendapatkan rambut lembut impian.


Aplikasikan Kondisioner

Kondisioner sama sekali tidak boleh luput saat keramas jika kamu mengidamkan rambut lembut dan flowy layaknya seleb-seleb Korea. Formulasi kondisioner dapat melembutkan batang rambut, memberikan tambahan vitamin, dan tentunya memberikan keharuman pada rambut.


Namun, banyak orang sering salah dalam menggunakan kondisioner. Cara menggunakan kondisioner yang benar adalah dengan hanya mengaplikasikannya pada batang rambut. Jangan sekali-kali mengoleskannya dari kulit kepala karena dapat membuat rambut jadi cepat lepek.Selain itu, menurut Vedix.com, para ahli merekomendasikan memakai kondisioner ketika rambut sudah dalam keadaan setengah kering.


Gunakan Masker Rambut untuk Perawatan Tambahan

Kunci rambut indah dan berkilau para seleb Korea terletak pada penggunaan masker rambut sebagai perawatan tambahan. Kegunaan masker ini adalah memberikan kelembaban ekstra sekaligus melembutkan.


Masker rambut mengandung bahan-bahan pengemulsi seperti minyak argan, minyak kelapa, atau minyak jarak. Komposisi tersebut ampuh mengatasi masalah rambut kering, bercabang, rapuh, dan kusam. Sebaiknya masker rambut dipakai minimal satu minggu sekali dan hindari masker rambut yang mengandung paraben, sulfat, dan silikon agar rambut semakin sehat.


Membilas Rambut dengan Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya memberikan manfaat pada kulit, tapi juga bisa membantu merawat kesehatan rambut. Dalam langkah perawatan rambut orang Korea, membilas rambut dengan cuka apel sudah menjadi pakem.


Memangnya apa fungsi cuka apel pada perawatan rambut? Cuka apel disinyalir dapat menjaga keseimbangan pH di kulit kepala.

Langkah-langkahnya dengan mencampurkan dua cangkir air dengan secangkir cuka apel. Selanjutnya, siramkan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, lalu tunggu selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air biasa sampai bersih.


Eksfoliasi Kulit Kepala

Tidak hanya wajah saja, ternyata kulit kepala pun butuh dilakukan eksfoliasi. Dalam rangka menjaga kesehatan dan kilau rambut mereka, orang Korea rutin melakukan scrub pada kulit kepala mereka dan menjamin kulit kepala mereka benar-benar bersih.


Scrub dapat mengangkat sel kulit mati, debu, kotoran, dan sebum yang masih terperangkap di dalam folikel. Akan tetapi, jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering supaya kulit sehat di kulit kepala tidak terkikis. Lalu, disarankan untuk memilih butiran scrub yang lembut dan berasal dari bahan herbal untuk mengurangi potensi iritasi.


Mengusapkan Toner

Kulit kepala memerlukan toner? Ternyata toner rambut tidak menjadi perawatan wajib dan hanya digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit kepala terkena inflamasi akibat jamur. Toner rambut ini biasanya mengandung bahan-bahan antimikroba yang dapat merontokkan ketombe dan jamur sebagai sumber inflamasi.


Toner rambut juga dapat memberikan kelembaban di kulit kepala serta memberikan volume tambahan pada rambut sehingga rambutmu nampak lebih lebat dan halus. Cara pakaianya hanya dengan menyemprotkan toner rambut ke kulit kepala sehabis keramas ketika rambut sudah setengah kering. Setelah disemprotkan, pijat sedikit kulit kepala untuk memastikan produk sudah tersebar merata.


Serum Rambut

Rambut orang Korea bisa terlihat halus dan tidak mudah lepek dikarenakan mereka selalu menjaga kelembaban kulit kepala dan memberikan asupan vitamin pada rambut. Dalam hair care routine orang Korea, mereka mengaplikasikan serum rambut setiap habis keramas.


Serum rambut ini dapat memenuhi asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut. Selain itu, serum dapat memperkuat rambut menghadapi sumber polutan, paparan matahari, dan radiasi di luar ruangan. Jika kamu sering berkutat dengan polusi saat beraktivitas sehari-hari, jangan lupa masukkan serum rambut ke dalam daftar perawatan rambutmu.


Treatment

Apabila rambutmu sudah terlanjur rusak dan kamu ingin mengembalikan kesehatan rambut seperti sedia kala, kamu bisa lakukan treatment pada rambut. Fungsi dari treatment ini adalah memberikan kelembaban maksimal dan memperbaiki tekstur rambut yang rusak.


Jadi kerusakan rambut akibat terlalu sering mewarnai rambut atau terkena panas alat catok, dapat diperbaiki dengan treatment. Kamu bisa datang ke salon atau klinik kecantikan terdekat untuk melakukannya.


Itu dia cara melembutkan rambut seperti orang Korea. Dengan mengikuti sepuluh langkah di atas, kamu bisa mendapatkan rambut halus, tebal, dan berkilau ala seleb K-Pop favoritmu. Namun bila kamu punya keluhan rambut yang tak kunjung membaik, bisa konsultasikan pada dokter di Diricare secara online dan tentunya gratis. Yuk, mulai sekarang dan dapatkan kembali kilau rambut cantikmu.



Sumber:

https://vedix.com/blogs/articles/korean-hair-care-routine-step-by-step

https://theklog.co/5-step-korean-hair-routine/

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
rambut lurus
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.