lifestyle

Make-Up Kurang Menempel dan Sering Crack? Ikuti 12 Urutan Make-Up Berikut agar Riasan Cantik Maksimal!

TIm Penulis Diri-30 Nov 2022
urutan make up anti crack

Make-up sangat penting untuk menunjang penampilan sehari-hari. Apalagi riasan juga membuat wajah jadi lebih mulus dan flawless karena dosa-dosa di wajah mampu tertutupi. Tidak heran banyak wanita pun jadi lebih percaya diri setelah memoles wajah mereka dengan make-up. Namun, ada kalanya juga para wanita mengalami make-up yang crack dan susah menempel di kulit. Apakah kamu juga sering mengalaminya? Nah, bisa jadi kamu selama ini salah urutan saat make-up. Berikut ini urutan make-up yang benar. Bagaimanakah urutannya? Yuk, baca sampai habis!


Primer

Walaupun primer sifatnya tidak wajib, tapi jika diaplikasikan pada wajah sebelum kamu mulai make-up, dapat memberikan hasil akhir yang sangat bagus dan tentunya lebih tahan lama. Primer berfungsi menutupi pori-pori dan meninggalkan sedikit kelembaban pada wajah.


Inilah yang membuat make-up tahan lama. Sebab kulit yang lembab dapat membuat riasan lebih menempel. Sebum yang keluar pun tidak terlalu banyak karena pori-pori tertutupi, sehingga foundation jadi tidak mudah geser.


Untungnya fungsi primer bisa diganti bila kamu memaksimalkan hidrasi kulit sebelum make-up. Pakailah moisturizer yang cukup dan tentunya sunscreen jangan sampai ketinggalan. Ditambah lagi saat ini juga sudah banyak sunscreen yang merangkap jadi primer. Jadi kamu bisa hemat uang sekaligus waktu tapi make-up tetap paripurna.


Foundation

Foundation punya peran penting sebagai pelapis dasar make-up, agar warna kulit merata dan mengurangi tampilan tekstur pada wajah. Kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan bantuan sponge atau kuas. Tapi bila kamu lebih nyaman mengaplikasikannya dengan jari pun tidak masalah yang terpenting foundation dapat terdistribusi merata di seluruh wajah. Kemudian, hindari mengaplikasikan foundation sampai berlapis-lapis karena dapat membuat tampilan kulit jadi cakey yang tentunya juga tak nyaman di kulit.


Dengan memakai foundation, seluruh make-up yang kamu pakai bisa lebih menyatu. Wajahmu pun tampak lebih menawan serta terlihat mulus, karena fungsi foundation yang dapat membantu menutupi noda dan tekstur kecil di kulitmu.


Concealer

Kalau foundation tak cukup menutupi flek hitam dan bekas jerawat membandel di wajahmu, kamu bisa menambahkan concealer. Jangan lupa pilih shade concealer yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit agar dapat menutupi bekas jerawat dengan maksimal.


Kemampuan concealer menutupi kekurangan di wajah jauh lebih kuat daripada foundation, tapi itulah yang membuat konsistensinya lebih padat dan tebal dari foundation. Jadinya kamu tidak boleh mengaplikasikan concealer terlalu banyak.


Hanya oleskan concealer di area-area tertentu yang dibutuhkan. Kalau tidak, wajah akan terasa tebal dan berat, selain itu tampilan wajah jadi cakey akibat penggunaan concealer yang berlebihan.


Blush-On

Jika wajah hanya diliputi foundation dan concealer saja, wajah akan terlihat pucat dan tak berwarna, Oleh karena itu, peran blush-on sangat penting untuk memberikan warna pada wajah supaya tampak segar dan bercahaya.


Supaya cantiknya wajahmu bisa maksimal, kamu bisa menerapkan beberapa trik memulas blush-on. Kamu bisa membuat ilusi wajah tirus menggunakan blush-on dengan membuat kontur di tulang pipi.


Lalu, ada juga trik blush-on igari dari Jepang yang membuat wajahmu jadi cantik dan imut. Gaya blush-on yang sempat viral ini memulas blush-on di area bawah mata sampai pelipis. Membuat kesan ‘demam’ yang cantik, sehingga banyak wanita menggemarinya.


Bronzer

Rona pada wajah tidak hanya didapat dari blush-on, tapi juga bisa dari bronzer. Walaupun bronzer hanya opsional, tetapi pemakaian bronzer bisa menambah kecantikanmu karena dapat mempertegas fitur wajah.


Kamu dapat menciptakan ilusi wajah yang tirus jika memulas bronzer di bagian tulang pipi dan jawline. Di samping itu, bronzer juga dapat menambah warna hangat di wajah. Jadinya wajahmu lebih hidup dan mempesona.


Highlighter

Make-up pasti akan terlihat kosong tanpa kehadiran highlighter. Sebab highlighter dapat memberikan kesan make-up yang lebih glamor dan dramatis. Aplikasikan highlighter di area-area yang ingin kamu tonjolkan. Biasanya di bagian tulang hidung, tulang pipi, cupid’s bow, dagu, dan di bagian bawah alis.


Ada sedikit tips bagi kamu yang takut make-up akan terlihat berlebihan jika memakai highlighter. Pilihlah highlighter yang butirannya tidak terlalu tebal dan padat. Lalu, pulaskan highlighter dengan bantuan kuas daripada jari, supaya highlighter tidak menggumpal di area tertentu yang bisa membuat tampilannya terlalu mencolok.


Pensil Alis

Setelah selesai dengan make-up wajah, saatnya beralih ke riasan mata. Tahap pertama untuk riasan mata adalah pensil alis. Alis adalah bingkai dari keseluruhan wajah. Oleh karenanya bentuk alis haruslah bagus dan rapi agar make-up tampak sempurna.


Pilih warna pensil alis sesuai dengan warna rambutmu. Bagi pemula, cara mudah membuat alis dengan membuat bingkai di area pinggir bulu alis. Kemudian, arsir bagian dalamnya tipis-tipis saja secara perlahan.


Setelah semua bagian alis terisi, sikatlah alis dengan brush bawaan dari produk pensil alis yang kamu gunakan agar alis tampak natural dan rapi. Lakukanlah tahap-tahap itu sampai kamu lancar karena membuat alis yang rapi memang membutuhkan kebiasaan.


Eyeshadow

Ada banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan mood-mu. Kalau kamu masih baru belajar make-up dan sering kesulitan mengaplikasikan eyeshadow, seorang make-up artist bernama Mulawizada punya beberapa tips.


Pertama, aplikasikan warna eyeshadow paling pucat yang mirip dengan warna kulitmu sebagai dasar. Selanjutnya, supaya mata lebih ‘menyala’, buatlah kontur di bagian ujung mata menggunakan warna palet yang gelap. Ketiga, di tahap terakhir kamu bisa pilih warna palet yang mengandung glitter dan memolesnya di bagian tengah mata untuk memberi ilusi mata yang lebih besar dan berbinar-binar.


Eyeliner

Agar mata terlihat lebih menawan, tegas, dan terdefinisi, kamu bisa aplikasikan eyeliner. Ada banyak kreasi eyeliner yang dapat kamu sesuaikan dengan acara. Jika kamu sedang menghadiri acara formal seperti rapat atau konferensi, disarankan memakai eyeliner yang sedikit lebih tegas supaya lawan bicara fokus menatap matamu.


Tetapi, bila kamu hanya menghadiri acara santai, kamu cukup memakaikan eyeliner tipis. Dengan begitu riasanmu tidak terlihat berlebihan tapi kamu tetap bisa tampil cantik dan mempesona. Orang yang masih pemula sering kesusahan saat mengaplikasikan eyeliner. Untuk mengatasinya, bisa dengan memilih eyeliner berjenis pen dengan ujung yang lancip. Lalu jika gagal membuat garis mata yang bagus, ambillah cotton bud dan tumpahkan sedikit micellar water. Setelah itu kamu bisa kembali berkreasi dengan pen eyeliner milikmu.


Maskara

Make-up mata tak berhenti sampai di eyeliner saja. Kamu juga perlu mempercantik bulu mata menggunakan maskara. Untuk dapatkan bulu mata yang cantik maksimal, tentunya eyelash curler tidak boleh ketinggalan.


Sebelum mengaplikasikan maskara, kamu perlu memperlentik bulu matamu dengan eyelash curler. Selanjutnya aplikasikan maskara perlahan-lahan ke bulu mata atas dan bawah.

Maskara yang kamu gunakan ini berfungsi agar mata tampak lebih besar dan memberikan ilusi bulu mata yang lebih panjang mempesona. Namun, kalau kamu belum puas dengan performa maskara, kamu bisa menambahkan fake eyelashes agar bulu mata bisa lebih cantik lagi.


Lipstick

Bagian terakhir yang perlu kamu poles adalah bagian bibir. Kamu bisa memilih berbagai warna lipstick kesukaanmu atau bisa juga sesuaikan dengan warna baju yang sedang kamu kenakan. Sayangnya beberapa formula lipstick tidak bisa tahan lama.


Ada tips agar lipstick lebih awet, yaitu pertama-tama kamu perlu mengaplikasikan lip liner di bagian pinggir bibir. Kemudian di tahap kedua, kamu mulai aplikasikan lipstick sesuai warna favoritmu. Terakhir, pulaskan lipgloss sebagai penutup yang memberikan efek bibir sehat.


Setting Spray

Di bagian penutup rangkaian make-up, jangan pernah lupa semprotkan setting spray ke seluruh wajah begitu kamu sudah selesai merias diri. Fungsi setting spray adalah mempertahankan semua make-up yang sudah kamu rias agar tidak mudah geser dan bertahan seharian.


Setting spray juga membuat make-up kelihatan lebih natural. Kamu pun bisa tampil lebih percaya diri lagi tanpa takut make-up terlalu menor atau menyerupai topeng. Itulah dua belas urutan make-up yang benar dan bisa membuat riasanmu lebih tahan lama. Meski dosa-dosa di wajah bisa tertutupi oleh make-up, tapi menjaga kulit tetap sehat jauh lebih penting. Rawatlah kulit sepenuh hati dengan memakai skincare berkualitas dan tentunya menyesuaikan kondisi kulitmu. Dapatkan skincare custom dari Diricare dengan melakukan konsultasi online gratis. Yuk, mulai konsultasi sekarang!


Sumber:

https://gabrielcosmeticsinc.com/blogs/news/the-correct-order-to-apply-makeup-products

https://www.ipsy.com/blog/how-to-apply-makeup

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.