GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Jangan Salah, Begini 5 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-25 Jul 2022
Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami Diricare

Merawat wajah perlu dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang diimpikan. Seperti untuk mendapatkan warna kulit merata dan glowing, paling tidak perlu membersihkan wajah dua kali setiap harinya. Di samping itu, kamu bisa melakukan perawatan tambahan, salah satunya dengan eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi wajah? Bagaimana eksfoliasi wajah dengan bahan alami dan manfaatnya untuk kulit? Simak penjelasan berikut ini ya.


Apa itu eksfoliasi wajah?

Eksfoliasi adalah pengelupasan kulit yang efektif mengangkat sel kulit mati sehingga tampak lebih cerah dan bercahaya. Pengelupasan sel kulit mati, bisa ditempuh dengan banyak cara. Selain menggunakan serum dan pelembap, eksfoliasi bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami.


Sel-sel kulit, setiap harinya beregenerasi. Lapisan sel paling luar yang mati akan digantikan dengan sel-sel baru. Ini manfaat eksfoliasi wajah, yaitu memastikan bahwa sel-sel mati benar-benar terangkat. Karena bila tak diangkat secara sempurna, kulit akan tampak kusam dan membuat pori-pori tersumbat. Efek buruk lain ketika sel kulit mati tak diangkat, bisa menyebabkan jerawat atau produksi sebum meningkat.


Manfaat eksfoliasi wajah

Eksfoliasi atau pengelupasan, seperti yang telah dijelaskan di atas, dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat lainnya, antara lain membantu mencegah penyumbatan pori-pori, mengangkat bintik-bintik bekas jerawat, komedo, dan whitehead atau komedo putih. Tak hanya itu, eksfoliasi dengan cara yang tepat bisa membantu merangsang sintesis kolagen sehingga memperbaiki tekstur kulit. Hasilnya, kulit kencang, kenyal, dan tampak lebih muda.


Untuk mendapatkan manfaat dari pengelupasan kulit, terdapat tiga jenis dan cara eksfoliasi wajah. Di antaranya dengan eksfoliator mekanik termasuk mikrodermabrasi dan dermaplaning, dengan partikel atau butiran abrasif seperti gula dan garam, dan pengelupasan kimia dalam skincare yang mengandung asam seperti asam glikolat, AHA, asam laktat, maupun BHA. Selama cara-cara tersebut dilakukan secara tepat dan menggunakan produk yang diformulasi sesuai kondisi kulit, maka hampir tidak ada risiko dari melakukan eksfoliasi, terang spesialis kecantikan bersertifikat, Christine McMackin.


Nah, kalau kamu enggak melakukan secara tepat, risiko dari eksfoliasi antara lain mengalami peradangan, pori-pori tersumbat, kapiler pecah, dan jaringan parut. Maka, buat kamu yang baru memulai rutinitas eksfoliasi, sebaiknya gunakan bahan yang lembut dengan frekuensi sekali atau dua kali seminggu.  


Cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami

Pengelupasan atau eksfoliasi yang efektif tidak harus merogoh dompet terlalu dalam. Sejumlah fakta menunjukkan terdapat bahan-bahan alami yang mungkin tersimpan di dapur dan bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi secara aman. Pada prinsipnya, eksfolian alami yang bisa digunakan harus berbutir sangat halus dengan partikel kecil dan ukurannya rata. Berikut, bahan alami untuk eksfoliasi wajah dan cara mengangkat sel mati yang menutupi pori-pori kulit.


1. Gula

Tak banyak yang tahu bahwa gula mengandung asam glikolat yang bermanfaat untuk pengelupasan sel kulit mati. Kandungan tersebut juga kerap diformulasikan dalam produk skincare. Eksfoliasi wajah dengan gula, pertama campurkan butiran gula dengan minyak zaitun atau grapeseed. Manfaat dari bahan alami ini, bisa membantu mengelupas sel kulit mati dan mengurangi garis-garis halus pada kulit wajah.


2. Oatmeal

Salah satu eksfolian alami yang lembut, ialah oatmeal. Buat kamu yang punya kulit sensitif, bahan alami ini bagus membantu pengelupasan sel kulit mati. Untuk membuat racikan eksfolian alami dari oatmeal, giling dahulu gandum utuh dengan food processor. Lalu tambahkan air dan bahan lain untuk sebelum diaplikasikan ke kulit wajah dengan ujung jari.


3. Garam laut

Garam laut memiliki butiran yang berbeda dengan garam meja. Butirannya lebih besar, kasar, dan tidak mudah larut. Tetapi sayangnya, bahan alami ini tidak direkomendasikan sebagai eksfoliator kulit wajah karena partikelnya terlalu kasar. Tetapi kamu bisa memanfaatkan eksfolian berupa garam laut untuk mengangkat sel kulit mati pada siku dan kaki.


4. Kopi

Dalam satu dekade terakhir, produk skincare memanfaatkan kopi yang diformulasi secara klinis. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan berkafein ini di rumah untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Kafein, pada prinsipnya dapat mengurangi bengkak sekitar mata. Bubuk kopi bisa juga jadi eksfoliator alami ketika dicampukan dengan tea tree oil atau olive oil, kemudian aplikasikan pada kulit.


5. Bubuk almond

Sama seperti bubuk kopi, ketika kacang almond digiling menjadi sangat halus, bisa menjadi bahan pengelupas alami yang bagus. Bubuk almond kaya akan nutrisi, itu artinya baik membantu mengelupas kulit mati sekaligus menutrisi kulit. Kamu cukup mencampurkan lima sendok makan bubuk almond dengan air, dan aplikasikan pada kulit sehingga tak meninggalkan residu apapun.


Itulah kelima bahan alami yang bermanfaat sebagai pengelupas kulit wajah. Agar lebih terstruktur dan enggak salah tahapan, begini urutan eksfoliasi wajah.

  • Pilih bahan eksfolian paling tepat untuk tipe kulitmu. Siapkan skincare atau racikan bahan alami tersebut, dan kalau kamu tak yakin dengan bahan yang dipakai, kamu bisa konsultasi ke klinik Diri. Di klinik Diri, kamu akan ditangani oleh tim dokter ahli yang berpengalaman. Dengan begitu, akan mendapatkan rekomendasi terpercaya serta terbaik untuk kondisi kulitmu.
  • Cuci bersih wajahmu dengan menggunakan pembersih rutin yang cocok dengan tipe kulitmu. Keringkan dengan handuk berbahan halus secara lembut.
  • Aplikasikan eksfolian pada kulit dengan gerakan melingkar. Beri sedikit tekanan lembut saat mengaplikasikan agar mencegah iritasi dan robekan mikro pada kulit.
  • Saat mengaplikasikan, hindari area mata agar tak mengiritasi.
  • Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas eksfolian dari wajah.
  • Keringkan kulit dengan handuk yang halus dengan gerakan lembut.


Tahapan di atas termasuk cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami. Mana yang paling cocok dengan kondisi kulitmu? Untuk menentukan mana yang tepat, kamu wajib mendapatkan rekomendasi dari ahli. Apalagi jika melakukan sendiri di rumah, waspadai hal-hal yang tidak diinginkan ya. Artinya, kamu perlu memastikan betul cara mengeksfoliasi wajah dan bahan yang pas untuk kulitmu.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/natural-exfoliant

https://www.byrdie.com/how-to-exfoliate-best-exfoliating-tips-for-the-face-and-body-345926

https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a38037984/how-to-exfoliate-face/

https://www.diynatural.com/best-exfoliator-natural/

Tag:
eksfoliasi
skincare
jerawat
bekas jerawat
alami
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.