GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Agar Kulit Kembali Mulus, Ikuti 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-23 Mei 2023
Menghilangkan Bekas Luka Bakar Diricare

Menyentuh benda panas dapat meninggalkan bekas pada kulit. Meski tak selalu berbahaya, tetapi kejadian tersebut perlu ditanggapi secara serius. Ketika permukaan kulit paling luar atau epidermis tersentuh benda panas, misalnya wajan, setrika, bahkan knalpot, bisa menimbulkan rasa perih menyengat dan menyisakan efek terbakar. Tak hanya benda yang menyebabkan efek terbakar pada kulit, bahan kimia, radiasi, listrik, sengatan serangga, dan paparan sinar matahari pun juga berefek buruk pada kulit. Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa macam cara untuk menghilangkan bekas luka bakar.


Perlu diketahui, bekas luka bakar terbentuk dari serat kolagen yang dihasilkan tubuh untuk menutup luka. Serat kolagen berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada saat terluka sehingga menyisakan bekasnya pada lapisan dermis dan epidermis. Dilansir Medical News Today, semakin cepat lukanya sembuh, maka semakin sedikit serat kolagen yang menutup bekas luka. Tingkat keparahan juga bergantung pada tingkat kerusakan kulit setelah terbakar. Untuk menghilangkan bekas luka bakar atau kerap juga disebut sebagai keloid, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.


Cara menghilangkan bekas luka bakar secara medis

Untuk menghilangkan bekas luka bakar dibutuhkan waktu yang tak singkat dan dapat dilakukan berbagai cara, baik secara medis maupun alami. Menghilangkan bekas luka bakar secara medis, begini cara paling umum dilakukan.


1. Memakai gel atau lembaran silikon

Bekas luka bakar, umumnya lebih menonjol. Cara pertama untuk menyembuhkan kulit setelah sembuh dari luka bakar ialah dibalut dengan gel dan lembaran silikon. Langkah ini dilakukan untuk membantu melembutkan kulit dan meratakan bekas luka.


Gel lembaran silikon ini bisa dipakai berkali-kali. Setelah dicuci, lembaran ini bisa dipakai kembali hingga waktu 3 bulan. Untuk mendapatkannya bisa dibeli di apotik atau toko obat dengan tanpa resep.


2. Terapi laser

Warna bagian kulit setelah mengalami luka bakar akan berbeda. Cara menghilangkan luka bakar yang menghitam, umumnya perlu ditempuh dengan tindakan medis. Seperti terapi laser oleh dokter atau ahli kecantikan yang bisa membuat warna kulit lebih merata serta mengurangi rasa sakit dan gatal.


3. Chemical peels

Selain dengan terapi laser, cara menghilangkan luka bakar yang menghitam ialah dengan chemical peels. Umumnya ahli kecantikan dan dokter akan mengambil tindakan pengelupasan kimia untuk menghilangkan jaringan parut yang bersifat ringan. Larutan kimia yang telah diformulasi secara aman oleh ahli, membantu meningkatkan pergantian sel baru dan kulit lebih mulus.


4. Microneedling

Metode microneedling dipakai untuk mengatasi berbagai jenis bekas luka, termasuk bekas luka bakar. Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan tusukan jarum mikro pada kulit, maka saluran mikro untuk merangsang produksi kolagen dibentuk. Dengan begitu, kolagen bisa lebih efektif membantu merestrukturasi kulit dan berangsur-angsur bekas luka hilang.


5. Memakai krim

Dengan berkonsultasi ke dokter ahli, kamu bisa mendapatkan rekomendasi krim yang diformulasi efektif menghilangkan bekas luka bakar. Disamping itu krim dari dokter dapat mengurangi rasa gatal dan perih, kemerahan pada kulit, bengkak, dan juga mencegah terjadinya infeksi yang dapat muncul setelah terjadinya luka bakar.


Itulah kelima cara menghilangkan bekas luka bakar, baik yang menghitam atau membuat tekstur kulit tak merata. Sebelum menjalani cara medis untuk mengatasi warna dan tekstur kulit tak merata pada bekas luka bakar, konsultasikan keluhanmu ke DiriCare supaya mendapatkan rekomendasi paling tepat untuk mengatasinya.


Apabila kamu tertarik menghilangkan bekas luka bakar dengan cepat dan alami, cara di bawah ini bisa jadi alternatif.


Cara menghilangkan bekas luka bakar secara cepat dan alami

Bekas luka bakar jarang hilang tanpa melalui perawatan khusus. Menurut American Academy of Dermatology Association, bekas luka membutuhkan tantangan untuk mengobatinya. Makanya perlu memilih banyak alternatif untuk menghilangkan keluhan tersebut. Untuk kamu yang telaten dan suka meracik bahan-bahan alain, berikut cara yang bisa kamu tempuh mengatasi bekas luka bakar.


1. Lidah buaya

Menurut studi yang dilakukan tahun 2019 menemukan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan membantu bekas luka. Untuk memakainya, kupas bagian kulitnya dan ambil gel di dalamnya. Oleskan gel tersebut ke bekas luka dengan gerakan melingkar. Biarkan hingga 30 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.


2. Madu

Meskipun tak ditemukan studi yang membuktikan bahwa madu dapat menghilangkan bekas luka bakar. Tetapi madu berdasarkan bukti ilmiah mengandung anti-inflamasi dan antibakteri. Jadi jika bertujuan untuk mengempiskan bekas luka bakar, oleskan bagian kulit yang meradang setelah luka sembuh. Oleskan sebelum tidur dan perban dengan kain. Setelah bangun tidur, lepas perban dan seka dengan air hangat hingga bersih. Cara ini perlu dilakukan rutin setiap malam agar tekstur kulit kembali normal.


3. Minyak kelapa

Dilansir Healthline, terdapat bukti ilmiah meski dilakukan secara terbatas bahwa minyak kelapa dapat memudarkan bekas lupa. Studi ilmiah tersebut dilakukan tahun 2018, mencatat bahwa minyak kelapa bisa mengatasi bekas luka bakar dengan mendorong efek kolagen lebih efektif bekerja, mengurangi peradangan, memperbaiki kulit, dan antibakteri serta antioksidan.


Caranya, aplikasikan beberapa sendok minyak kelapa pada bekas luka. Pijatkan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 60 menit. Mengoleskan minyak kelapa bisa dilakukan empat kali sehari agar efeknya bekerja optimal.


4. Cuka sari apel

Cuka sari apel, berdasarkan studi tahun 2014 mengandung asam suksinat yang dapat mengontrol peradangan ketika berjerawat dan mencegah pembentukan bekas luka. Karena sama-sama menyisakan luka pada kulit, luka bekas tersengat benda panas juga dapat diatasi dengan cara alami ini.


Ketika memakai cuka sari apel, kamu perlu mencairkannya dengan mencampurkan air mineral. Dalam 4 sendok air mineral, campurkan dengan 2 sendok makan cuka sari apel. Kemudian celupkan bola kapas pada campuran tersebut, lalu aplikasikan pada bekas luka. Pakai cara ini sebelum tidur dan biarkan hingga kering. Saat akan memulai aktivitas, cuci hingga bersih.


5. Lemon

Luka tersengat benda panas bisa diatasi secara alami menggunakan lemon. Lemon bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan kerusakan pada kulit. Caranya, potong irisan lemon segar kemudian gosok secara lembut pada bekas luka. Agar air lemon tak berceceran, kamu bisa memerasnya lebih dulu. Kemudian kenakan bagian yang basah untuk diaplikasikan pada bekas luka.


Di atas merupakan ragam cara menghilangkan bekas luka bakar, baik secara cepat dan alami maupun secara medis. Diantara cara tersebut, mana yang pernah kamu coba? Kamu bisa memilih cara yang paling cocok untuk mengembalikan warna serta tekstur kulit setelah terbakar kembali merata.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/pockmarks#dermabrasion

https://www.everydayhealth.com/keloids/guide/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319768#outlook

banner-artikel
Tag:
bekas luka
bekas luka bakar
flek hitam
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.