GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Saatnya Kembalikan Wajah Mulusmu!

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-02 Jul 2022
Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Diricare

Masalah pada kulit seringkali datang bertubi-tubi. Bagaimana tidak, setelah jerawat sembuh muncullah bekas jerawat yang membuat tekstur kulit muka tak lagi mulus. Bekas jerawat yang menyisakan lubang pada kulit kerap dikenal dengan sebutan bopeng. Penyebab bopeng dipicu oleh hilangnya kolagen secara tiba-tiba akibat peradangan pada jerawat. Jika mengalaminya, kamu tak perlu risau karena ada banyak sekali tawaran cara menghilangkan bopeng bekas jerawat.


Sebelum kamu mengambil langkah cerdas untuk menghilangkan bopeng yang diakibatkan bekas jerawat, kamu perlu mengenali jenis bopeng pada kulit. Jenis pertama, bopeng yang berukuran kecil, sempit, dan dalam yang sering disebut dengan ice pick scars atau bopeng tusuk gigi. Bopeng yang lebar dengan cekungan yang jelas, disebut dengan bopeng boxcar. Jenis bopeng ketiga disebut rolling scars karena permukaan kulit terlihat tidak rata dan lubangnya dangkal.


Menurut dokter kulit kosmetik dan umum, Rachel Maiman, MD., kamu perlu mengambil tindakan pencegahan untuk mengobati jerawat. Selain itu, hindari terlalu sering memegang jerawat. Bahkan memencetnya pun harus dihindari agar tak membuat tekstur kulit berlubang setelah jerawat sembuh. Terang Maiman lebih lanjut, keterlambatan pengobatan bisa berkontribusi dalam perkembangan bekas luka. Jadi, kamu perlu segera mengobatinya, baik dengan cara sederhana di rumah ataupun berkonsultasi pada dermatologis.


Kamu juga perlu tahu bahwa bopeng bisa bersifat permanen jika tak segera ditangani. Oleh karena itu, perhatikan cara menghilangkan bopeng bekas luka jerawat dalam penjelasan berikut ini.


Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat

Untuk menghilangkan bopeng, kamu perlu melakukan langkah tertentu. Selain bisa dilakukan di rumah, terdapat tindakan klinis yang umumnya dilakukan ahli untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Ini yang bisa kamu lakukan, baik perawatan di rumah maupun atas rekomendasi dan tindakan klinis dari ahli.


1. Menggenapi kekurangan kolagen dengan skincare

Retinol merupakan bahan aktif yang dapat merangsang produksi kolagen. Untuk menggenapkan kekurangan kolagen yang disebabkan peradangan setelah jerawat, kamu bisa memakai skincare yang mengandung retinol. Rekomendasi terbaik buat kamu, konsultasikan skincare yang pas buat kondisi kulitmu di Diri Care


Produk skincare yang telah teruji secara klinis, tentu lebih direkomendasikan buat menghilangkan bopeng. Satu produk yang bisa membantu menstimulasi kolagen sehingga mengurangi dan memperbaiki tekstur kulit tak halus yaitu Custom Dark Spot Serum. Serum ini mengandung vitamin C yang telah diformulasikan khusus oleh tim dokter berpengalaman.


Bahan aktif lain untuk membantu produksi kolagen secara alami ialah alpha-hydroxy acid (AHA). Bahan aktif yang satu ini bekerja seperti asam glikolat yang membantu pengelupasan kulit sehingga menghasilkan kulit yang lebih segar, cerah, dan kencang. 


2. Eksfoliasi

Pengelupasan kimia atau chemical peeling, dikenal populer dengan eksfoliasi digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah pada kulit wajah, termasuk memberbaiki kerutan dan bekas luka. Pengelupasan ini bekerja untuk mengangkat lapisan kulit paling atas (epidermis) untuk membantu regenerasi sel kulit baru.


Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa memakai skincare atas rekomendasi dermatologis. Biasanya, dokter kulit akan memberikan resep khusus mengandung bahan aktif seperti asam glikolat, asam salisilat, asam piruvat, dan asam retinoat. Namun, eksfoliasi hanya menghilangkan bekas luka pada bagian luar kulit. Artinya, jika kamu memiliki jenis bopeng yang lubangnya tak terlalu dalam, tetap membutuhkan rutin eksfoliasi selama dua hingga empat minggu.


3. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan jenis perawatan untuk mengangkat sel kulit mati dengan menghilangkan lapisan paling atas kulit yaitu epidermis. Berbeda dengan chemical peeling, mikrodermabrasi menggunakan kristal-kristal mikro yang bersifat abrasif untuk mengangkat sel kulit mati.


Meskipun chemical peel dan mikrodermabrasi sama-sama untuk eksfoliasi, namun perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan dari keduanya. Chemical peeling dibuat dengan menggunakan bahan aktif kimia yang kemudian dioleskan pada kulit. Sementara itu, mikrodermabrasi secara fisikal karena menggunakan alat yang ujungnya kristal atau diamond kasar. Namun agar tidak menimbulkan efek samping dalam menghilangkan bopeng bekas jerawat ini, kamu tetap harus melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli.


4. Dermabrasi

Buat beberapa jenis bopeng, dermabrasi mungkin jadi salah satu solusi. Dermabrasi sedikit berbeda dengan mikrodermabrasi. Cara ini tak hanya mengangkat epidermis tetapi juga lapisan tengah kulit atau dermis.


Dokter umumnya akan melakukan anestesi topikal kemudian menggunakan mesin pengamplasan kulit untuk menghilangkan epidermis dan dermis. Hasilnya memang membantu kulit tampak halus dan kencang. Tetapi untuk bekas luka lebih dalam, dermabrasi tak efektif jika dilakukan. Dan lagi, dermabrasi juga memiliki risiko, yaitu menimbulkan bekas luka baru, pori-pori membesar, meninggalkan bekas, hingga bisa memicu infeksi.


5. Memakai filler

Filler merupakan ‘pengisi’ kulit berlubang dengan kolagen atau zat berbasis lemak yang disuntikkan. Cara ini tak menghilangkan bopeng bekas jerawat maupun bekas luka lainnya, tetapi hanya mengisi kulit untuk memperbaiki penampilan. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), filler akan bekerja optimal bisa dalam waktu enam bulan atau lebih, tergantung jenis filler yang digunakan. Sama seperti dermabrasi, filler juga memiliki risiko seperti iritasi kulit, infeksi, hingga alergi.


6. Penggunaan laser ablatif

Bopeng bisa diatasi salah satunya dengan menggunakan laser ablatif. Cara kerjanya dengan menghilangkan seluruh lapisan kulit di epidermis dan di dermis atas. Meski membutuhkan waktu pemulihan selama satu hingga dua minggu, tetapi hasil laser ablatif cenderung lebih efektif. Tetapi bukankah setiap cara akan memiliki efek? Selain dampak positif yang dapat memperbaiki penampilan, penggunaan laser ablatif juga berisiko meninggalkan jaringan parut, perubahan pigmentasi, jerawat, hingga infeksi.


7. Microneedling

Untuk merangsang respons perbaikan, microneedling dilakukan dengan memberi perlukaan kecil pada permukaan kulit. Efek dari membuat cedera mekanis tersebut ialah meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki bekas luka karena jerawat. Beberapa ahli melakukan microneedling diikuti dengan frekuensi radio. Tujuannya untuk melepaskan energi dalam kulit sehingga memicu respons inflamasi dan kolagen yang lebih kuat.


Nah, demikian cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang membuat kulitmu bertekstur. Agar kamu mendapatkan perawatan yang aman, baiknya konsultasikan segala keluhanmu pada dokter. Jangan sampai kamu tergoda mendapatkan solusi yang instan tetapi alih-alih memperbaiki penampilan, malah berdampak buruk pada kulit wajahmu. Yuk saatnya rawat diri dimanapun Anda berada!


Referensi:

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a36340729/how-to-get-rid-of-pockmarks/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/pockmarks#see-your-skin-care-specialist

https://www.byrdie.com/how-to-get-rid-of-pitted-acne-scars-4843716

Tag:
bopeng
acne scar
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.