GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
dermatologi umum

Inilah Cara Menghilangkan Gatal dengan Alami & Cepat Menurut Penyebabnya

dr. Flora F-31 Mei 2022
hilangkan gatal dengan cepat diricare

Rasa gatal dapat menurunkan kualitas hidup seseorang karena dapat mengganggu tidur, mengganggu konsentrasi, dan berpotensi menyebabkan infeksi pada kulit karena luka garukan. Gatal dapat disertai dengan bentol-bentol pada kulit, namun tidak jarang kita menemui gatal tanpa ada ruam yang terlihat.

Untuk menghilangkan gatal secara alami dan cepat tentu kita harus mengetahui penyebabnya dahulu. Mari lihat apa saja penyebab rasa gatal dan cara menanganinya.


1. Kulit kering

Pada kondisi kulit kering, kulit mudah retak dan bersisik sehingga mudah gatal. Kondisi ini paling sering ditemukan pada kaki, lengan, dan perut. Untuk mengatasi gatal akibat kulit kering, kamu dapat menggunakan pelembap secara rutin serta minum air yang cukup untuk mencegah kulit dehidrasi. Gatal akibat kulit kering paling banyak terjadi pada orang berusia lebih dari 65 tahun di mana kulitnya sudah kesulitan mengikat air sehingga menjadi kering.


2. Gigitan serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk, tungau, kutu rambut, kutu kasur, dan lain-lain dapat menimbulkan peradangan pada kulit. Sebagai hasilnya, muncul bentol yang gatal dan berwarna kemerahan pada kulit. Gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga dapat ditangani dengan salep anti-radang. Apabila area gigitan luas, kamu mungkin membutuhkan obat minum untuk mengatasi rasa gatal yang mengganggu.


3. Reaksi alergi

Alergi terhadap zat tertentu dapat menyebabkan reaksi gatal dan bentol pada kulit. Zat penyebab alergi (allergen) mungkin berasal dari makanan atau benda yang kita pakai, misalnya skincare, cat kuku, cat rambut, perhiasan, tali pinggang, resleting, dan lain-lain. Reaksi alergi mungkin timbul dalam beberapa menit pertama hingga berjam-jam setelah paparan allergen. Untuk mengatasi gatal akibat alergi tentu kita harus menghentikan paparan terhadap allergen. Namun bila sudah terlanjur terjadi, kamu dapat mencari bantuan ke dokter untuk mendapatkan resep salep atau obat minum.


4. Obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat seperti opioid, aspirin, dan obat hipertensi dapat memicu gatal, begitu pula dengan pengobatan kanker. Jangan langsung hentikan pengobatan tersebut. Sebaiknya diskusikan dengan dokter yang meresepkan untuk mendapatkan solusinya, misalnya apakah obat dapat diganti dengan jenis lainnya.


5. Gangguan persarafan

Ketika ada kerusakan pada saraf akibat cedera atau penyakit tertentu, kulit mungkin menjadi gatal-gatal. Biasanya tanpa terlihat bercak atau lesi. Beberapa penyakit dengan gangguan saraf yang dapat menyebabkan gatal di antaranya: herpes zoster, stroke, neuropati, dan multiple sclerosis. Pada herpes zoster, meskipun lentingan sudah tidak ada, rasa nyeri, gatal, dan baal dapat bertahan hingga bertahun-tahun.


6. Kehamilan

Beberapa wanita mengalami gatal-gatal pada dada, kaki, perut, dan lengan pada saat hamil, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat eksim. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi gatal selama masa kehamilan agar diresepkan obat maupun salep yang aman digunakan oleh ibu hamil.


7. Kanker kulit

Selain bercak atau lesi yang berubah-ubah dan cepat meluas, kanker kulit juga dapat menimbulkan rasa gatal. Menangani kanker kulit akan mengurangi gejala gatal yang dirasakan.


8. Beberapa penyakit kronis

Penyakit kronis dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit, antara lain: penyakit darah (leukemia, anemia), diabetes, penyakit ginjal, hati, kelenjar tiroid, sirosis hati, dan HIV. Untuk tangani gatal yang disebabkan oleh kondisi-kondisi ini, maka penyakit kronis tersebut perlu diobati.


9. Penyakit kulit tertentu seperti:

  • Dermatitis atopik (peradangan pada kulit yang disertai gatal dan ruam)
  • Cacar air
  • Eksim (penyakit kulit kronis yang menyebabkan kulit menjadi bersisik dan gatal)
  • Psoriasis (penyakit autoimun yang menyebabkan munculnya bercak merah dan iritasi)
  • Dermatitis seboroik
  • Folikulitis (peradangan akibat infeksi pada folikel rambut)
  • Infeksi jamur
  • Dermatografia (kondisi di mana garukan, goresan, dan tekanan merangsang reaksi gatal dan bentol yang berlebihan di kulit)

Penanganan gatal menurut penyebabnya ini berbeda-beda. Konsultasikan dengan dokter apabila kamu mengalami gatal yang sangat berat dan mengganggu, gatal tidak kunjung sembuh, tidak mengetahui penyebabnya, atau ada gejala lain yang dirasakan selain gatal.

Tag:
gatal
bentol
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.