GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

10 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Seara Alami, Wajib Coba!

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-11 Jan 2023
Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Diricare

Apakah Anda kerap mendapatkan kerutan di bawah mata Anda? Banyak orang berpendapat bahwa hal tersebut terjadi karena sebelumnya Anda melakukan aktivitas begadang. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan kerutan dan warna gelap di bawah mata terjadi. Gaya hidup turut berkontribusi sebagai penyebab kantung di bawah mata tersebut. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara alami menghilangkan kerutan di bawah mata berikut dibawah ini, ketahui sejumlah faktornya.


Penyebab kerutan di bawah mata

Keluhan pada kulit bisa diatasi ketika kamu tahu betul apa yang memicunya. Ini perlu dilakukan supaya mendapatkan langkah paling efektif untuk menghilangkan keluhanmu. Apakah kamu mengalami hal-hal di bawah ini yang menyebabkan kerutan di bawah mata?


1. Pertambahan usia

Kerutan di wajah, merupakan tanda-tanda bertambahnya usia. Menurut Courtney Rubin, dokter kulit bersertifikat, di bawah mata terdapat bantal khusus dari jaringan lunak yang disebut lemak suborbicularis oculi. Bantal jaringan ini, semakin bertambahnya usia, semakin menyusut dan turun. Karena hal tersebut, menciptakan ‘bayangan’ di bawah mata.


2. Mengalami dehidrasi

Penyebab lain bagian bawah mata tak terlihat kencang adalah kurangnya cairan pada tubuh. Dalam tubuh manusia, setidaknya terdapat 60 persen air. Nah, kalau kamu mengalami dehidrasi parah, jaringan tubuh mulai menyusut, termasuk pada kulit serta jaringan halus di bawah mata.


3. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan penyebab paling umum dari munculnya kerutan di bawah mata. Ini bisa dialami oleh banyak orang pada segala usia. Meski masih muda, tetapi tidak mendapatkan tidur cukup dan berkualitas, maka bisa memicu kerutan tak hanya di bawah mata tetapi membuat kulitmu tak terlihat fresh.


4. Mata bekerja dengan keras

Mata tegang, misalnya karena lama menatap layar laptop atau gadget, juga mempengaruhi penampilan kulit sekitar mata. Dilansir Byrdie, Alan Parks, MD., dokter kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa mata tegang membuat pembuluh darah membesar dan terlihat ada bagian yang lebih gelap pada bawah mata. Sarannya, ambil waktu istirahat dan memeriksakan mata untuk menghindari ketegangan lebih lanjut.


5. Sering menggosok mata

Aktivitas di luar ruangan dan udara dengan polusi akan membuat mata gatal serta perih. Ketika mengalaminya, hindari menggosok mata karena memicu peradangan konjungtivis sehingga menyebabkan pembuluh darah memar. Saat memar sembuh pun, komponen hemoglobin yang tertinggal dapat menyebabkan warna gelap pada bawah mata.


6. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan istilah medis untuk menyebut respons kulit pada bahan-bahan yang dianggap berbahaya. Apabila kamu nggak cocok dengan skincare yang dipakai, akan mengalami dermatitis kontak atau iritasi. Pasca peradangan karena respons kulit, dermatitis berkontribusi memicu perubahan di bawah mata. Seperti akan tampak kerutan dan warna kulit lebih gelap.


7. Pengaruh genetik

Faktor yang tak bisa dihindari namun bisa diatasi, yaitu dipengaruhi oleh kondisi genetik. Kondisi genetik yang menyebabkan kerutan dan lingkaran di bawah mata disebut dengan hiperpigmentasi periorbital. Jika mengalami penyebab ini, menjalani gaya hidup sehat dan memberikan perawatan tepat pada kulit merupakan cara untuk mengatasinya.


8. Kondisi medis tertentu

Selain berkaitan dengan cara merawat kulit, penyebab kerutan dibawah mata adalah kondisi medis tertentu. Seperti anemia, sindrom malabsorpsi, gizi buruk, kekurangan vitamin, hipotiroidisme, dan sindrom metabolik juga memengaruhi kulit di bawah mata.


Itulah hal-hal yang menyebabkan di bawah mata terdapat kerutan. Apabila mengalami salah satunya, sesuaikan cara alami menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cara berikut ini.


Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Mengatasi bawah mata berkantung dan tampak garis-garis halus bisa dengan berbagai langkah. Banyak pula produk skincare yang mengklaim dapat membantu mengatasinya. Tetapi untuk menghilangkan keluhan tersebut dalam jangka panjang, bisa melakukan cara alami di bawah ini.


1. Kompres kantong teh

Kerutan dan warna gelap di bawah mata kerap dikenal sebagai mata panda. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengompresnya dengan kantong teh, khususnya teh hijau. Peneliti membuktikan bahwa dalam teh hijau mengandung zat anti-inflamasi. Teh juga dapat membantu mengurangi efek dari terpapar sinar ultraviolet.


Caranya, seduh dua kantong teh selama 3-5 menit kemudian dinginkan. Masukkan dalam lemari pendingin dan peras airnya. Lalu kompreskan ke area bawah mata selama 15-30 menit.


2. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu pembuluh darah di bawah mata menyempit untuk sementara waktu. Mengompres area bawah mata bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang banyak mengandung air, seperti mentimun atau sayuran beku. Tetapi kamu bisa memakai alat kompres khusus.


3. Cukup minum air mineral

Seperti yang dijelaskan di atas, kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan masalah untuk penampilanmu. Selain mengatasi kerutan di bawah mata, minum cukup air mineral juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Mengutip dari Healthline, para ahli merekomendasikan sehari minum 9 gelas sehari pada perempuan dan 13 gelas untuk pria.


4. Pakai tabir surya setiap hari

Terpapar sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Bahkan lebih signifikan bisa mengubah warna kulit wajah jadi lebih gelap. Maka pakailah tabir surya yang efektif melindungi kulit wajahmu. Selain itu, pakai pelindung wajah seperti topi bertepi lebar.


5. Rutin membersihkan wajah

Berdasarkan rekomendasi dermatologis, setelah beraktivitas dan sebelum memulai aktivitas, kamu perlu membersihkan wajah. Baik dengan cleanser, makeup remover, facial wash, dan toner. Alasan kamu perlu mengangkat habis sisa makeup ialah untuk mencegah penuaan dini pada kulit, alergi, bengkak, hingga infeksi.


Dalam memilih pembersih wajah, kamu perlu menyesuaikan dengan tipe kulitmu. Nah, agar tak salah pilih, kamu bisa berkonsultasi ke DiriCare. Dengan didukung oleh dokter ahli secara langsung, kamu akan mendapatkan rekomendasi perawatan kulit secara tepat sesuai dengan kondisi Anda.


6. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Memakai dua bantal atau memastikan kepala lebih tinggi dari dada, dapat mencegah pengumpulan cairan di kelopak mata bawah. Cara ini juga bisa mengurangi memperburuk kerutan pada bawah mata.


7. Tidur cukup

Banyak ahli merekomendasikan tidur ideal setidaknya delapan jam setiap malam. Pada saat tertidur, tubuh akan beristirahat dan membantu kulit berkesempatan regenerasi sel. Apabila kamu mengalami sulit tidur, bisa dengan menjalani pola hidup sehat untuk mengatasinya. Seperti tidak minum minuman berkafein sebelum tidur, olahraga rutin, serta matikan televisi dan gadget.


8. Makan makanan tinggi vitamin C

Semakin bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata melemah. Ini yang menyebabkan kulit bawah mata lebih kendur daripada usia belia. Lemak di sekitar mata juga lebih banyak berkurang. Oleh karena itu penting untukmu menjaga asupan vitamin dan nutrisi untuk menjaga kulit tetap sehat.


Paling dibutuhkan kulit ialah vitamin C yang bermanfaat membantu menyerap asam esensial alami tubuh dan membantu produksi kolagen. Makanan yang tinggi akan vitamin C antara lain jeruk, pepaya, stroberi, dan brokoli.


9. Tingkatkan asupan makanan kaya akan zat besi

Anemia merupakan suatu kondisi di mana darah kekurangan sel darah merah. Ini membuat kerutan lebih berkantong dan kulit terlihat pucat. Bahkan kekurangan zat besi menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Artinya, kamu bisa meningkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi seperti makanan laut, kacang polong, sayuran berdaun hijau, aprikot, dan daging merah.


10. Kurangi makanan asin

Terlalu banyak konsumsi makanan asin berkontribusi pada retensi cairan tubuh. Efeknya tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga membuat inflamasi sekitar kulit. Menurut The American Heart Association, disarankan untuk membatasi asupan garam tak lebih dari 2.300 miligram setiap hari.


Kerutan pada bawah mata yang kamu alami, bisa diatasi dengan cara di atas. Meskipun cara alami menghilangkan kerutan di bawah mata perlu diimbangi dengan pola hidup sehat, tetapi rekomendasi di atas patut kamu coba.


Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-remove-dark-circles-under-eyes-permanently

https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/a39846770/how-to-get-rid-of-dark-circles/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-bags-under-eyes

banner-artikel
Tag:
anti aging
skincare
kerutan
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.