GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Berapa Hari Menetralkan Wajah untuk Mengganti Skincare? Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Flora F-02 Agt 2022
Menetralkan Wajah Ganti Skincare Diricare

Mengganti skincare tidak seperti mengubah pesanan makananmu yang bisa dilakukan selama beberapa menit saja. Penggunaan skincare memiliki tujuan tertentu. Pilihan perawatan kulit wajah juga berkaitan dengan kandungan aktif dalam produk tersebut. Perlu diketahui, jika Anda berencana untuk mengganti produk skincare, maka diperlukan konsistensi saat mengaplikasikannya ke kulit agar manfaat dari produk tersebut dapat bekerja secara efektif.


Namun, jika hendak memasukkan tujuan tertentu dalam penggunaan skincare, misalnya dari mengatasi jerawat kemudian beralih ke menghilangkan bekas jerawat Anda perlu melakukan proses penetralan terlebih dahulu. Lantas, berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare?


Para ahli mengatakan bahwa jika kamu sering gonta-ganti skincare dapat membuat kulitmu kewalahan. Seorang dokter kulit di Washington DC, Elizabeth Tanzi, berpendapat bahwa bahan-bahan aktif dalam produk perawatan kulit dapat mengiritasi, meskipun juga dapat bekerja secara efektif pada kulitmu. Terlebih lagi jika kamu memakainya secara berlebihan atau mengkombinasikan satu produk dengan produk lain tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Belum lagi kamu harus tahu pula cara tepat menetralkan wajah untuk mengganti skincare. Nah, biar nggak berisiko buruk pada kulitmu, ketahui langkah-langkah tepat yang perlu kamu lakukan ketika akan mengganti skincare seperti penjelasan berikut di bawah ini.


Cara menetralkan wajah untuk mengganti skincare

Sejumlah faktor perlu dipertimbangkan sebelum kamu mengganti skincare. Menurut Kendra Bergstrom, MD., asisten profesor dermatologi klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, pertimbangan perlu dilakukan agar kamu bisa menemukan produk yang bekerja lebih baik. Pertimbangan tersebut antara lain kepekaan kulit terhadap produk, usia yang berkaitan dengan produksi kolagen alami, perubahan hormonal, sensitivitas kulit, dan rutinitas sehari-hari.


Lantas berapa lama dan bagaimana cara tepat menetralkan wajah untuk mengganti skincare? Ini daftar yang perlu dilakukan.


1. Rutin membersihkan wajah

Pembersih wajah membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan membersihkan wajah secara rutin, kamu juga perlahan membuat kulitmu menjadi netral kembali setelah berhenti memakai skincare lama. Yang perlu kamu perhatikan, pilih pembersih wajah yang cocok dengan tipe kulitmu. Jika kulit terlalu kering, bantu tingkatkan kelembapan dengan kandungan pelembap pada pembersih kulitmu. Membersihkan wajah bisa rutin kamu lakukan dua kali sehari, pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sebelum istirahat.


2. Gunakan pelindung kulit dari paparan matahari

Sinar ultraviolet berbahaya bagi kehalusan, kelembapan, dan kekenyalan kulitmu. Agar tak bertambah masalah sebelum mengganti skincare baru, tetap kenakan tabir surya pada kulitmu. Saran dermatologis, dokter Ajay Rana, gunakan tabir surya yang berbasis air agar terasa ringan, kulit bisa bernapas leluasa, dan mudah diaplikasikan.


3. Jaga pola makan sehat

Menjaga kesehatan kulit tak hanya mengaplikasikan produk skincare. Tetapi juga memberinya nutrisi dari dalam, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat yang nutrisinya baik untuk kulit. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten. Kandungan sehat ini dapat membantu pembaruan sel, mengatur fungsi kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.


4. Beri waktu istirahat dari skincare lama ke yang baru

Pengkondisian perlu dilakukan, yaitu dengan memberi jeda waktu untuk kulit menetralisir efek dari skincare lama. Untuk mengeceknya, coba kurangi intensitas pemakaian dahulu sebelum berhenti sama sekali. Misalnya jika dalam panduan skincare-mu diaplikasikan sehari dua kali, coba kurangi menjadi sehari sekali. Setelah itu secara bertahap pakai dua hari sekali. Jika berefek buruk, seperti mengalami breakout atau warna kulit wajah berubah drastis, baiknya segera konsultasikan pada dermatologis.


Kemudian berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare juga perlu kamu perhatikan atau konsultasikan pada doktermu. Umumnya, setelah tak berefek ketika berhenti memakai skincare lama, kamu bisa menetralkan kulit wajahmu selama tiga hari sebelum memakai produk skincare baru.


Saran dokter Niketa Sonavane, ketika mengambil waktu istirahat dari rutinitas memakai skincare, fokus pada hidrasi dan perbaikan. Ketika melakukan perbaikan kulit, hindari kandungan skincare yang aktif, seperti ceramide dan asam hialuronat selama 1-2 minggu. Ditambah lagi, lindungi kulit dari sinar matahari, produk yang mengandung whitening, dan kandungan asam.


5. Tes kecocokan skincare sebelum ganti produk baru pada kulit wajah

Sebelum mengaplikasikan skincare baru pada kulit wajahmu, kamu perlu mengetes efek dari produk tersebut. Cobalah produk pada kulit di belakang telinga atau di dalam siku. Kulit pada bagian tersebut hampir sama jaringannya dengan kulit wajah. Pakailah sampel dahulu sebelum membeli produk tersebut.


Jika produk memberi efek buruk pada kulitmu, tahan dulu. Ketika kulit jadi gatal, bersisik, ataupun mengalami iritasi, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulitmu.


6. Melindungi kulitmu

Memberikan perhatian sepenuhnya pada kulit wajah, wajib kamu lakukan. Dalam masa istirahat dari skincare, kamu bisa menambahkan serum yang menenangkan untuk membantu perbaikan kulit. Serum yang lembut berfungsi melindungi kulit dari polusi dan kerusakan akibat sinar matahari. Selama masa jeda ini, hindari menggunakan eksfoliasi yang keras.


7. Atur ulang rutinitas merawat kulit

Para ahli menyarankan untuk mengganti beberapa produk untuk jangka waktu tertentu. Dengan begitu kamu dapat mengatur ulang rutinitas untuk membantu mengetahui yang benar-benar dibutuhkan. Direktur medis dan dokter kulit, Batul Patel, memberikan saran untuk memilih bahan skincare selembut mungkin. Hindari yang mengandung pewangi dan berfokus pada perbaikan kondisi kulit.


8. Konsisten dalam menggunakan produk

Setelah lulus uji kecocokan, dan ingin beralih menggunakan produk baru dalam perawatan kulit rutinmu, pastikan menggunakan produk setidaknya selama sebulan sebelum menilai ulang. Menurut dokter kulit Melanie Palm, biasanya diperlukan waktu 3-4 bulan untuk mengevaluasi apakah perubahan perawatan kulit berhasil memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.


Konsisten dalam memakai satu produk skincare perlu dilakukan. Sebab menurut Palm, dibutuhkan waktu satu bulan penuh untuk lapisan kulit epidermis menerima efek dari produk yang kamu pakai.


Itulah penjelasan tentang cara tepat dan membutuhkan berapa hari menetralkan wajah untuk mengganti skincare. Paling penting untuk dipertimbangkan, gonta-ganti skincare membuat kulit pada wajah semakin sensitif. Untuk mendapatkan rekomendasi mengenai cara menetralkan kulit wajah untuk mengganti skincare, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kulit.


Diri Care, dapat menjadi solusi tepat bagi Anda untuk melakukan perawatan kulit wajah yang tepat. Bersama Diri Care. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi skincare yang sesuai dengan kondisi kesehatan kulit Anda. Mulai Rawat Kulit sekarang!


Maka memberi waktu istirahat bagi kulitmu wajib kamu lakukan. Disamping itu, catat setiap perubahan pada kulit setelah mengganti skincare baru. Dengan begitu kamu akan mengenali betul apa yang disukai dan tidak berefek buruk pada kulit wajahmu.


Referensi:

https://www.healthshots.com/beauty/skin-care/10-tips-to-change-your-skincare-routine-for-winter-season/

https://www.insider.com/dermatologists-how-to-introduce-a-skincare-product-to-your-routine-2020-9

https://www.self.com/story/how-bad-is-it-to-switch-skin-care-products

https://www.vogue.in/beauty/content/5-steps-to-reset-your-skin-if-its-irritated-red-or-stressed-how-to-get-glowing-skin

banner-artikel
Tag:
skincare
tips
solusi
tidak cocok
jerawat
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.