GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Metode Double Cleansing dalam Perawatan Wajah, Cek Faktanya!

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-07 Jul 2022
Metode Double Cleansing dalam Perawatan Wajah Diricare

Artikel ini ditulis oleh: tim penulis klinis diricare.com


Kulit wajah yang sehat, mulus, dan bisa terbebas dari jerawat merupakan impian semua orang. Salah satu cara agar bisa mendapatkan kulit yang sehat dan terawat adalah dengan rutin melakukan double cleansing.


Sebetulnya apa arti dari double cleansing? Dari mana asal-usulnya? Dan apa saja manfaat double cleansing pada kulit terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat? Simak artikel berikut ini sampai selesai.


Pengertian Double Cleansing

Double cleansing ialah metode membersihkan wajah sebanyak dua tahap dengan menggunakan dua jenis pembersih wajah yang berbeda.


Pada tahap pertama membersihkan wajah, umumnya menggunakan pembersih berbahan dasar minyak yang berupa cleansing balm atau oil cleanser.


Namun bila kulit kamu tidak cocok menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, bisa menggantinya dengan produk pembersih berbahan dasar air seperti micellar water.


Setelah selesai melakukan pembersihan tahap pertama, wajah dibersihkan kembali menggunakan sabun muka berbahan dasar air agar bisa menyapu sisa kotoran yang masih tertinggal secara maksimal.


Asal-Usul Metode Double Cleansing

Metode perawatan wajah ini ternyata berasal dari negara-negara Asia Timur, tepatnya Jepang. Wanita Jepang zaman dulu, terutama para geisha memerlukan pembersih berbahan dasar minyak untuk menyingkirkan riasan bedak putih pada wajahnya. Lalu agar bisa menghilangkan sisa minyak dan kotoran sekaligus menyegarkan wajah, mereka membersihkan wajah kembali dengan sabun.


Kemudian metode ini semakin populer ketika wanita-wanita di Korea Selatan menerapkan metode 10 tahap merawat kulit di malam hari. Dua tahap awal dari metode tersebut adalah pembersihan wajah menggunakan dua produk berlainan. Dari situlah istilah double cleansing mulai terkenal.


Manfaat Melakukan Double Cleansing

Bagi segelintir orang yang belum terbiasa, mungkin metode ini terdengar cukup merepotkan karena harus membersihkan wajah dua kali. Meski begitu, metode double cleansing memiliki manfaat besar pada kulit.


Terutama untuk orang yang memiliki jenis kulit cenderung berminyak ataupun memiliki keluhan kulit berjerawat, sangat disarankan untuk mencoba metode double cleansing supaya mengurangi permasalahan pada kulit mereda.


Mengapa begitu? Dengan rutin melakukan double cleansing, bisa memaksimalkan pembersihan wajah dan hasilnya jadi lebih optimal.


Micellar water, cleansing oil, dan cleansing balm pada tahap pembersihan pertama, mengandung bahan-bahan yang memiliki fungsi khusus untuk menyingkirkan minyak, bakteri, kotoran, make-up, sunscreen, dan polusi yang melekat di permukaan kulit wajah.


Kemudian, kotoran yang belum benar-benar bisa terangkat oleh pembersih sebelumnya baru bisa hilang setelah menggunakan sabun wajah berbahan dasar air di tahap kedua pembersihan wajah.


Dengan melakukan double cleansing, pori-pori kulit jadi lebih bersih. Bisa mengurangi kemungkinan pori tersumbat yang merupakan cikal bakal jerawat. Selain itu, karena sudah membersihkan sampai ke dalam pori-pori, tampilan kulit jadi lebih mulus dan sehat karena bakteri penyebab jerawat juga ikut terangkat.


Apakah Double Cleansing itu Penting?

Meskipun tidak mendesak, tetapi menerapkan metode double cleansing saat membersihkan wajah di malam hari sangat dianjurkan untuk jenis kulit mana pun, baik jenis kulit normal, kering, atau bahkan jenis kulit sensitif sekalipun.

Terlebih jika kamu sehari-hari menggunakan make-up tebal atau memiliki tipe kulit berminyak. Membersihkan wajah dengan cara double cleansing bisa menjaga kulit tetap sehat serta meminimalisir permasalahan kulit yang seringnya muncul akibat sebum dan kotoran yang tertinggal di pori-pori.


Lalu apakah orang yang sehari-hari hanya menggunakan sunscreen tetap harus double cleansing di malam hari? Jawabannya adalah iya. Sebab, bila tidak membersihkan sunscreen dengan benar, beberapa komposisi sunscreen bisa menyumbat pori-pori yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat.


Di samping itu, dengan melakukan double cleansing, bisa mempersiapkan kulit untuk menyerap produk-produk skincare di tahap selanjutnya, seperti toner, serum, dan pelembab. Penyerapan skincare jadi lebih maksimal, wajah pun jadi sehat, lembut, dan cerah.


Cara Melakukan Double Cleansing yang Benar

Lakukanlah double cleansing secara rutin di malam hari setelah beraktivitas atau bisa juga menjelang tidur.

Di tahap pembersihan pertama, gunakan pembersih berbahan dasar minyak atau air yang tidak mengiritasi kulit. Setelah itu, lanjutkan pembersihan wajah menggunakan sabun dengan pH rendah agar tidak merusak skin barrier kulit. Lalu keringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih.


Jangan lupa untuk sesuaikan produk perawatan berdasarkan kondisi dan juga jenis kulit. Terutama bagi pemilik kulit yang rawan berjerawat dan kulit sensitif, hindari skincare yang memiliki kandungan bersifat iritan pada kulit seperti alkohol dan parfum.


Diricare menyediakan produk skincare yang efektif, terjangkau, dan aman karena didampingi oleh dokter kulit berpengalaman. Kamu juga tidak perlu lagi coba-coba skincare, karena di Diricare kamu bisa konsultasi dan pesan skincare personal yang menyesuaikan kondisi kulitmu.


Itu dia artikel ulasan pengertian, asal-usul, dan manfaat double cleansing. Mulailah melakukan metode ini dalam rutinitas perawatan wajahmu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Nantinya keluhan-keluhan di kulit wajah akan hilang dan kamu bisa mendapatkan kulit flawless tanpa polesan make-up.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing#benefits

https://www.allure.com/story/what-is-double-cleansing

https://www.vogue.com/article/double-cleansing-japanese-skin-care-acne

Tag:
double cleansing
jerawat
skincare
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.